Home / Liputan / Unik, Burung Ini Bisa Menyamar Jadi Ulat Beracun saat Terancam

Unik, Burung Ini Bisa Menyamar Jadi Ulat Beracun saat Terancam

Majalahkicau.com – Semua makhluk ciptaan Allah terlahir dengan kelebihan masing-masing. Burung pun juga diberikan kelebihan, seperti sayap, paruh, cakar, bulu yang indah dan lain-lain. Namun, itu belum seberapa karena ada burung yang memiliki kelebihan menyamar sebagai hewan lain.

Burung yang mempunyai kelebihan seperti itu bernama Cinereous mourner (Laniocera hypopyrra). Burung ini dapat menyamar sebagai ulat beracun ketika dirinya merasa terancam. Inilah salah satu kemampuan istimewa yang dimiliki burung untuk bertahan hidup di alam liar.

Baca juga: 8 Jenis Burung Paling Beracun di Dunia terdapat di Papua

Burung Cinereous mourner dewasa (hbw.com)

” data-image-title=”Burung Cinereous mourner (elementy.ru)” data-image-meta='{“aperture”:”0″,”credit”:””,”camera”:””,”caption”:””,”created_timestamp”:”0″,”copyright”:””,”focal_length”:”0″,”iso”:”0″,”shutter_speed”:”0″,”title”:””,”orientation”:”0″}’ data-comments-opened=”1″ data-orig-size=”600,681″ data-orig-file=”https://i2.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/03/Burung-Cinereous-mourner-elementy.ru_.jpg?fit=600%2C681″ data-permalink=”http://burungnya.com/unik-burung-ini-bisa-menyamar-jadi-ulat-beracun-saat-terancam/burung-cinereous-mourner-elementy-ru/” data-attachment-id=”1505″ sizes=”(max-width: 600px) 100vw, 600px” srcset=”https://i2.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/03/Burung-Cinereous-mourner-elementy.ru_.jpg?w=600 600w, https://i2.wp.com/burungnya.com/wp-content/uploads/2017/03/Burung-Cinereous-mourner-elementy.ru_.jpg?resize=264%2C300 264w” data-recalc-dims=”1″>Burung Cinereous mourner (elementy.ru)

Uniknya lagi, yang bisa melakukan penyamaran sebagai ulat beracun adalah anakan burung Cinereous mourner. Ketika anakan burung ini berumur 9 hari atau lebih, dia akan memiliki bulu-bulu berwarna orange cerah yang menakutkan untuk para predator.

Bulu-bulu tersebut cukup panjang, sehingga sekilas seperti bulu ulat beracun yang memang sering ditemukan di habitatnya. Tak hanya itu, anakan burung juga bisa menirukan gerakan yang membuatnya terlihat semakin mirip dengan ulat beracun.

Baca juga: 10 Jenis Burung Unik dengan Sistem Pertahanan Terbaik

Sayangnya, kemampuan ini tidak berlangsung lama. Begitu, anakan burung Cinereous mourner memasuki usia 20 hari atau lebih, bulunya akan berganti menjadi bulu dewasa dan siap berpisah dengan indukan.

Perlu Anda ketahui, burung Cinereous mourner termasuk dalam keluarga Tityridae. Spesies ini umum ditemukan di hutan-hutan tropis dan subtropis yang ada di Bolivia, Brazil, Kolombia, Ekuador, Guyana, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Dulu burung ini dimasukkan dalam keluarga Cotinga. Namun beberapa fakta dan temuan baru menempatkan spesies yang memiliki panjang tubuh 20-21 cm ini ke dalam keluarga Tityridae.

Berikut video anakan burung Cinereous mourner ketika menyamar jadi ulat beracun:

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888