Loading...
Pengetahuan

Tonggeret serangga untuk pakan burung

tonggeretTonggeret atau dalam bahasa daerah disebut dengan uir-uir adalah sejenis serangga yang umumnya mengeluarkan suara yang khas dan ramai, suaranya ini kini sudah semakin jarang terdengar seiring semakin langkanya keberadaan lahan hijau di wilayah perkotaan. 
Tapi tahukah anda di beberapa negara tonggeret adalah pakan tinggi protein untuk burung-burung peliharaan mereka. 

Tonggeret yang sudah kering atau dikeringkan bahkan banyak dijual di toko-toko hewan peliharaan sebagai makanan tambahan untuk burung kicauan. Tonggeret diyakini memiliki khasiat dan kandungan yang lebih tinggi dari pada jangkrik, selain itu tonggeret bisa mempercepat proses berbunyi pada burung pleci atau burung bakalan.  

Di beberapa daerah di Indonesia tonggeret sudah menjadi serangga yang sulit ditemukan, meskipun jarang diburu atau ditangkapi tapi keberadaan tonggeret seolah menghilang akibat habitat yang rusak atau alih fungsi lahan dari hutan menjadi pertanian atau perumahan. 



About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment