Burung cipo atau sirdung/sirtu dikenal karena memiliki suara kicauan yang tak kalah merdunya dengan burung peliharaan jenis lainnya. Untuk merawat […]

Burung cipo atau sirdung/sirtu dikenal karena memiliki suara kicauan yang tak kalah merdunya dengan burung peliharaan jenis lainnya. Untuk merawat cipo memang perlu ketelatenan dan kesabaran dibanding merawat burung lainnya, karena tak jarang burung yang sudah lama dirawat ternyata tak juga mau mengeluarkan suara kicauannya. Berikut tips singkat rawatan cipo bakalan agar rajin bunyi


Read more »

Burung-madu atau banyak disebut sebagai burung kolibri kini menjadi burung peliharaan favorit banyak penggemar burung di Indonesia.  

Populernya burung madu sebagai peliharaan tidak terlepas dari penampilan dan gaya berkicau dari spesies burung yang memiliki nama lain sunbird ini. 

Selain itu, suara kicauan burung madu pun dikenal cukup bervariasi terlebih dengan suara cerecetannya yang mampu menggoda burung peliharaan lainnya untuk ikut-ikutan berbunyi. 

Read more »

Tidak bisa dipungkiri fungsi kroto sangat vital bagi semua jenis burung peliharaan pemakan serangga. Kroto bisa berguna sebagai sumber protein dan sumber energi yang membuat burung menjadi lebih aktif dan rajin berbunyi. Namun semakin popularnya kroto …

Kebiasaan buruk menyimpan karamba mandi di luar ruangan atau halaman ternyata bisa membuat bak mandi mudah kotor, berjamur bahkan berkarat. Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa memanfaatkan citric acid atau sitrun agar bak mandinya kembali menjad…

Burung-madu banyak dipelihara bukan sebagai klangenan saja, tapi juga banyak dicari untuk masteran atau dilombakan. Hal itu yang kemudian mendorong banyak orang untuk memeliharanya meski didapatkan dalam kondisi bakalan. Namun karena kurangnya penge…

Bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina? bagi yang awam mungkin akan asal beli yang penting berbunyi, tapi jangan sampai kita salah beli burung om.Begini cara membedakan burung cucak ijo jantan dan betina.Dan berikut inilah Ciri-ciri Perb…

Hello para penggemar burung berkicau. Dalam postingan saya kali ini akan meberikan informasi mengenai cara memandikan burung cendet.Burung Cendet dan hampir semua burung membutuhkan suasana nyaman ketika mandi atau dimandikan, nah burung cendet ini pul…

Jasa Penitipan_Burung_TerpercayaJasa Penitipan BurungJasa Penitipan Burung di CikarangJasa Penitipan Burung di BekasiJasa Penitipan Burung MurahJasa Penitipan Burung KicauJasa Titip BurungPenitipan BurungTitip Burung PeliharaanTitip Burung Berkicau

Salah satu jenis burung mahal dan mempunyai suara merdu adalah burungmurai batu. Tentu dengan harga yang mahal kita tidak ingin membuat burung kita jadi bisu atau salah dalam perawatannya. Nah kali ini kita akan memberikan tips merawat burung murai bat…

Burung dalam keluarga Cucak ini dinamakan Jenggot karena memang mempunyai janggot berwarna putih dibawah paruhnya. Bagi orang awam yang tidak terbiasa mengenal burung tentu membedakan jenis kelamin burung adalah hal yang sulit, nah karena hal tersebut …

Bagi anda yang senang dengan burung, tentu mengenal anis kembang. Burung dengan suara merdu dan tidak monoton ini mempunyai harga yang tinggi ketika sudah rajin berbunyi.Tapi, bagi anda yang baru mempunyai burung jenis ini tentu harus mengenal lebih ja…

Saya salah satu penggemar parkit, selain mudah dalam pemeliharaan juga karena bulu yang bagus membuat anak saya lebih senang kepada burung jenis ini.
Parkit termasuk dalam keluarga burung paruh bengkok, biasanya pakan biji-bijian dan sayuran menjadi menu utama setiap hari, dan itu monoton kadang membuat badan parkit kesayangan kita nyilet atau kurus dada. Tapi hal tersebut bisa kita atasi dengan memberikan pakan yang Makjoss untuk parkit kita.
Dikutip dari omkicau[dot]com mengenai membuat pakan parkit racikan untuk indukan atau perjodohan.
Berikut ini salah satu resep yang bisa diberikan untuk indukan parkit dalam penangkaran.

A. Bahan baku :

  •     Telur rebus.
  •     Wortel yang masih segar.
  •     Remahan roti (roti kering yang diremas-remas).
  •     Kulit atau cangkang dari telur rebus yang telah ditumbuk.
  •     Peterseli (harus bisa membedakan mana seledri dan peterseli ).

B. Peralatan :
  •     Mangkuk / wadah untuk mencampur semua bahan.
  •     Sendok kecil.
  •     Parutan.
  •     Pisau.
  •     Wadah pakan.
C. Proses pembuatan :
  •     Siapkan semua bahan dan juga peralatan yang digunakan.
  •     Masukkan 2 sendok kecil remahan roti ke dalam mangkuk.
  •     Telur rebus diparut, lalu dimasukan ke dalam mangkuk.
  •     Wortel diparut, lalu dimasukan ke dalam mangkuk.
  •     Iris peterseli dalam bentuk kecil, dengan menggunakan pisau. Kemudian masukkan ke dalam mangkuk.
  •     Terakhir, masukkan tumbukan cangkang telur ke dalam mangkuk.
  •     Setelah semua bahan berada dalam mangkuk, campur dan aduk hingga merata, menggunakan sendok.
  •     Setelah selesai, pakan bisa diberikan kepada burung parkit, dengan meletakkannya dalam wadah pakan.
Berikan pakan racikan ini setiap hari sebagai pendamping pakan utamanya (biji-bijian). Karena pakan ini menggunakan bahan dasar telur rebus dan campuran sayuran, buatlah dengan porsi secukupnya.

Jika pakan masih tersisa hingga sore hari, sebaiknya langsung dibuang, karena berpotensi basi dan tentu sudah didatangi bakteri maupun spora jamur. Silakan buat lagi esok harinya.

Setelah mempraktikkan selama beberapa hari, Anda nanti akan bisa memperkirakan porsi pemberiannya. Dengan demikian, ketika pakan diberikan, maka sekitar pukul 15.00 – 16.00 sudah habis.

Semoga bermanfaat.

GANGGUAN REPRODUKSI: TIDAK SEGERA JODOH, TIDAK BERTELUR, TELUR GAGAL MENETAS

Gangguan reproduksi memang bukan suatu “penyakit”. Jika burung Anda terlihat sehat dan fit tetapi tidak juga segera jodoh ketika dijodohkan, tidak juga bertelur meski sudah terlihat jodoh, atau terjadi perkawinan tetapi telur kosong melulu, maka hal itu pertanda bahwa burung Anda kekurangan hormon reproduksi.
Pada burung jantan, hal itu bisa diatasi dengan pemberian hormon stimulan reproduksi berupa hormon testosteron, untuk memacu kerja testis menghasilkan testosteron dalam jumlah yang cukup untuk berlangsungnya reproduksi.
Sementara untuk burung betina perlu diberi hormon perangsang pada kerja kelenjar estrogen agar burung betina siap dibuahi dan sukses dalam pembuahan.

BURUNG KURANG GACOR DAN KURANG POWER

Burung yang kurang gacor padahal kondisi fisik terlihat bagus, dalam banyak hal memang bukan karena terserang penyakit. Namun hal itu disebabkan karena kurang maksimalnya kerja sistem metabolisme tubuh. Ada pula hal itu disebabkan karena burung kurang birahi, atau sedang dalam masa rekondisi sehabis mabung, atau bisa juga kegemukan.
Berikut ini beberapa penyebab burung kurang gacor dan cara mengatasinya:
1. Tidak gacor karena kegemukan sehabis masa mabung, bisa gunakan BirdSlim. BirdSlim adalah larutan oral yang mengandung Carnitine HCL, Sorbitol, Magnesium Sulfat dan Extract Vegetable untuk memecah lemak pada burung yang kegemukan tetapi menjagi nafsu makan tetap terjaga, memperbaiki efisiensi pakan, mengatasi stress karena temperature panas dan penyakit, penyedia energy, meningkatkan pertumbuhan dan reproduksi, memperbaiki fungsi hati dan ginjal serta menjaga kondisi fit pada burung.
2. Tidak gacor karena pada dasarnya kekurangan asupan pakan yang seimbang. Burung yang terlihat sehat, langsing, tetapi tidak gacor atau selalu nggembos di tengah jalan jika ditrek, bisa diatasi dengan pemberian BirdPower. BirdPower mengandung ATP dan vitamin lengkap serta mineral yang memang ditujukan untuk membuat burung gacor dan fit.
3. Bisa jadi karena memang “mentalnya” kurang bagus dalam artian tidak memiliki sifat dominan sehingga melempem jika ketemu lawan di lapangan atau ketika ditrek di arena latberan atau lomba.

BURUNG SERAK, KEHILANGAN SUARA KARENA INFEKSI SALURAN PERNAFASAN

A. Psittacosis

Psittacosis adalah salah satu penyebab burung serak atau bahkan kehilangan suara. Menurut dokumentasi dalam New South Wales Multicultural Health Communication Service (mhcs.health.nsw.gov.au) psittacosis adalah penyakit langka yang biasanya ditularkan burung kepada manusia dan disebabkan oleh kuman yang bernama Chlamydia psittaci.
Bagaimana penyebaran penyakit ini?

Pada umumnya infeksi terjadi kalau orang menghirup kumannya – biasanya dari kotoran kering burung yang terkena infeksi. Orang juga dapat terkena karena berciuman ‘mulut dan paruh’ dengan burung atau menangani bulu dan sel badan burung yang terkena penyakit. Tidak ada bukti bahwa Psittacosis menular di antara sesama manusia.

Semua jenis burung rentan terhadap infeksi tapi yang dipelihara (misalnya beo, betet dan kakaktua) dan unggas (kalkun dan bebek) adalah yang paling sering menularkan penyakit ini pada manusia.
Bagimana gejala psittacosis?

Selang waktu dari burung yang terkena kuman dan perkembangan gejalanya tidak menentu, yakni antara 4-15 hari.

Burung yang terkena serangan ini kadang tidak menunjukkan tanda yang signifikan karena burung hanya terlihat lesu kehilangan suara atau serak. Pada banyak kasus, burung juga bersin-bersin atau batuk bahkan sulit bernafas, beringus, dan kadang juga disertai mencret.
Menangani serak dan hilang suara pada burung

Pisahkan burung dari burung yang lain agar tidak menularkan penyakit ini lalu diobati dengan antibiotika dan kuman di sangkarnya dibasmi.

Untuk obat bagi burung yang terkena serangan psittacosis atau terkena serak dan hilang suara bisa diberikan BirdBlown secara teratur dan konsisten sesuai penjelasan dalam brosur.
Lakukan pembasmian semua parasit dan jamur serta mikroba di sekitar lingkungan burung dengan FreshAves.
B. Infeksi lain saluran pernafasan
Selain serak atau hilang suara karena psittacosis, serangan parasit dan mikroba lain di saluran pernafasan juga akan menyebabkan burung serak atau kehilangan suara.
Untuk pengobatan secara cepat, bisa digunakan BirdTwitter. BirdTwitter adalah larutan oral yang mengandung zat antiparasit baik ekstro maupun endo penyebab burung serak, sesak nafas dan macet bunyi.
  • 1
  • 2