Gudang Burung – Perilaku hewan terkadang memang aneh. Namun banyak sekali pengalaman lucu yang dapat diperoleh. Seperti pengalaman seorang pria yang memiliki akun Youtube bernama Steigmeier53. Pria ini mengabadikan momen saat meliha…

Gudang Burung – Bagi sebagian orang, makanan selezat apapun akan terasa hambar jika hanya dinikmati sendiri. Namun di Jepang, duduk sendiri di kafe bukan masalah. Ada hewan-hewan yang bisa mengusir sepi.Beberapa waktu lalu, Jepang memperkenalkan k…

Gudang Burung – Seorang pembuat film sedang mencari lokasi tempat emu bersarang di pedalaman Queensland untuk membuat sebuah film dokumenter mengenai burung besar yang tidak bisa terbang ini. Mike Birkhead berpengalaman membuat film selama pu…

Gudang Burung – Laut Gallilee merupakan rumah bagi ratusan juta burung setiap tahunnya. Laut ini menjadi wilayah migrasi bagi 540 spesies burung. Wilayah yang terdapat di Israel ini, merupakan surga bagi pengamat dan pecinta burung. Terletak …

Gudang Burung – Jika di Indonesia burung dara banyak dipelihara orang dan diperjualbelikan. Di Brasil, khususnya Sao Paulo, burung dara bebas berkeliaran di taman-taman.Tidak ada yang berani menangkap burung-burung tersebut, bahkan gelandangan sek…


Gudang Burung – Ada beragam cara dilakukan para penyelundup untuk membawa hewan liar ke sebuah negara. Salah satunya dilakukan oleh seorang pria asal Cek.
Ia membawa 16 butir telur burung liar di selangkangannya guna menghindari petugas keamanan di Bandara Sydney, Australia.



Dilaporkan ABC News, Rabu 21 Mei 2014, pria yang tidak disebutkan namanya ini, tiba pada hari Selasa, 20 Mei 2014 di Bandara Internasional Sydney. Ia baru saja melakukan penerbangan dari Dubai. Namun, saat melakukan pemeriksaan, pihak bea cukai bandara menemukan benda yang tak lazim di selangkangannya.


“Petugas lantas menggeledah tubuhnya dan menemukan 16 butir telur berukuran kecil,” demikian pernyataan dari Australian Customs and Border Protection Service.
Belum diketahui pasti spesies dari telur itu. Namun, diduga kuat itu merupakan telur dari burung budgie, sejenis beo kecil yang sangat langka.


Pria ini akan menghadapi pengadilan pada Rabu waktu setempat atas pelanggaran undang-undang perlindungan hewan lantaran mencoba mengimpor spesimen hidup tanpa izin. Pria berusia 39 tahun ini menghadapi tuduhan penjara maksimal 10 tahun atau denda sebesar 170 ribu dolar Australia atau setara dengan Rp 1,8 miliar.
Perdagangan satwa liar antar negara juga marak di Indonesia 

Gudang Burung – Burung-burung dan unggas tanpa kepala berserakan di jalan-jalan kota Las Vegas, Amerika Serikat. Warga menduga, ini adalah ulah para penganut aliran kepercayaan atau sebagai medium ritual voodoo.Diberitakan News.com.au, Minggu 11 M…

Gudang Burung – Berkali-kali warga Tokyo, Jepang kehilangan gantungan baju alias hanger yang ditaruh di belakang rumah. Selidik punya selidik, hanger-hanger itu ternyata dijadikan bahan membangun sarang oleh burung yang hidup d…


Gudang Burung – Indonesia, Australia dan Selandia Baru adalah wilayah-wilayah dimana paling banyak terdapat spesies burung yang memiliki keunikan dalam evolusi mereka karena tidak berbagi kesamaan DNA dengan spesies-spesies burung lainnya. 



Hal ini terungkap dalam penelitian yang dipmpin oleh Arne Mooers dari Simon Fraser University, dan Wakter Jetz dari Yale University. Penelitian ini untuk pertamakalinya menyusun sebuah urutan (ranking) berdasarkan keunikan evolusi (evolutionary distinctiveness) setiap spesies burung di dunia. 

Para peneliti ini menyusun 9.993 spesies burung di seluruh dunia, dan berhasil mengidentifikasi 100 kawasan di dunia dimana perlindungan dan konservasi ekstra diperlukan untuk menyelamatkan keragaman hayati burung dunia.

“Spesies-spesies yang memiliki keunikan evolusi  ini membutuhkan perhatian konservasi yang khusus, karena mereka sangat tidak tergantikan -mereka tidak saling memiliki keterkaitan DNA satu sama lain,” ungkap Arne Mooers dari Simon Fraser University.

Salah satu burung yang paling tinggi skornya dalam keunikan DNA ini adalah Oilbird (Steatornis caripensis). “Kami menggunakan data genetis untuk mengidentifikasi spesies-spesies burung yang memiliki hubungan paling sedikit dalam 

“Pohon Kehidupan”, dimana spesies-spesies yang berada di puncak memiliki keunikan paling tinggi dan skor tertinggi dalam Indeks Keunikan Evolusi”,” jelas Mooers lebih lanjut.

Indeks ini sendiri akan melengkapi dan memperbarui struktur ‘Pohon Kehidupan” burung dunia yang pernah diterbitkan di jurnal Nature tahun 2012 silam. 

Para ahli mengabungkan indeks ini dengan resiko kepunahan dan mmetakan dimana burung-burung ini hidup. Hasilnya adalah sebuah peta burung dunia yang menyebar di berbagai belahan dunia, dan lokasi-lokasi utama dimana burung-burung dunia paling terancam punah.

Memetakan lokasi burung-burung dengan keunikan evolusi di planet ini memberikan pemahaman dimana area-area dan negara-negara tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap burung. 

“Kami juga menemukan bahwa jika kita memprioritaskan burung-burung yang terancam sesuai urutan keunikan mereka, kita sebenarnya sudah mendekati kemungkinan terbesar untuk menyelamatkan proses evolusi burung dunia,” jelas Mooers lebih jauh. 

“Artinya metode kami bisa mengidentifikasi sejumlah spesies yang tidak boleh hilang dan hal ini bisa juga digunakan untuk menyimpan informasi berisi sejumlah spesies yang bisa diselamatkan di masa mendatang. Hal ini merupakan tujuan utama dari biologi konservasi.”

Gudang Burung – Pesawat JetBlue penerbangan 671 menuju West Palm Beach, Florida, tiba-tiba mendarat darurat setelah mengudara selama 25 menit. Apa sebab?Ternyata sang pilot memutuskan untuk mendarat darurat setelah lepas landas dari Westchester Co…

Gudang Burung – Para perusahaan teknologi menghadirkan bermacam lelucon 1 April atau yang biasa disebut April Mop. Mereka menyajikan beragam teknologi dan produk baru, yang akhirnya ketahuan hanya keisengan saja. Simak beberapa lelucon mereka beri…

Gudang Burung – Seorang pria tua berusia 80 tahun kini harus menghadapi tuntutan hukum gara-gara menembaki burung-burung yang bertengger di kabel-kabel listrik di kawasan tempat tinggalnya di Cabramatta, di luar kota Sydney, Australia.Pria yang ya…


Gudang Burung – Pembangkit listrik tenaga surya Ivanpah yang terbesar di dunia, baru-baru ini mulai beroperasi di Gurun Mojave (Mojave Desert), Kalifornia, AS.

Namun, kelompok lingkungan mengkritik suhu tinggi 538 derajat Celcius yang dihasilkan hampir sebanyak 350,000 keping lensa raksasa.
Suhu tinggi itu menyebabkan species burung yang terbang di angkasa bernasib malang. Ada yang bulunya gosong terbakar, bahkan ada yang mati terbakar seketika.
Menurut laporan terkait, “Ivanpah Solar Electric Generating System” secara resmi dioperasikan pada 14 Februari 2014 lalu, menduduki area seluas 12.9 kilometer persegi dengan biaya 2.2 miliar dolar AS (±Rp.24 triliun), yang dioperasikan bersama perusahaan energi NRG, Google dan BrightSource Energy.
Terbetik berita, bahwa sebanyak 350,000 keping lensa raksasa berukuran 2.1 meter x 3 meter itu dikendalikan oleh komputer, yang dapat mengubah sudut bias setiap saat. Setelah cermin itu mengumpulkan energi panas, kemudian direfleksikan ke 3 menara penghimpun energi panas setinggi 139 meter, mengubah energi surya menjadi listrik kemudian dipasok ke 140,000 rumah tangga setempat.
Namun, oleh sejumlah kelompok pecinta lingkungan, pembangkit listrik itu disebut “proyek energi surya pemanggang burung seharga 2.2 miliar dolar AS”, karena energi surya yang direfleksikan kepingan lensa raksasa, membuat suhu di sekitar pembangkit listrik itu mencapai 538 derajat celcius. Suhu itu menyebabkan burung-burung yang terbang melintas mati terbakar.
energi-surya
Pembangkit listrik Ivanpah terletak di 45 kilometer barat daya Las Vegas, wilayah yang banyak memiliki sinar matahari sepanjang tahun, dekat dengan jalur transmisi listrik. 
Menurut data 2013 dari perusahaan energi setempat, bahwa dalam beberapa bulan selama percobaan terkait, terdapat bangkai beberapa species burung di sekitar pembangkit listrik itu. Ahli biologi federal menemukan bangkai-bangkai itu ada yang bulunya hangus terbakar, termasuk dua ekor burung elang, empat ekor Grey Nightjar (burung segan), 1 ekor Alaotra Grebe (sebangsa belibis), 1 ekor Falco peregrinus (Elang pemburu) dan beberapa ekor burung gereja.
Pihak pembangkit listrik mengatakan sudah memprediksi bahwa begitu pembangkit itu dioperasikan pasti akan menewaskan beberapa species burung. Namun, di luar dugaan, akan menewaskan beberapa ekor burung selama percobaan tersebut.
Kelompok pecinta lingkungan mempertanyakan jika satwa liar setempat terluka atau bahkan mati karena itu, lantas dimana nilai energi bersih yang didengungkan?
Saat ini, badan pengawas federal dan negara bagian AS sedang melakukan studi dalam jangka dua tahun untuk mendalami dampak pembangkit listrik Ivanpah terhadap spesies burung setempat.

Gudang Burung – Sebuah famili burung yang hanya terdiri dari satu spesies telah ditemukan oleh para peneliti.Para ilmuwan yang sedang meneliti famili burung kelompok Passerida yang memiliki kebiasaan hinggap berhasil mengidentifikasi 10 cabang ter…

 Gudang Burung – Sebelum adanya perjanjian Mutual Recognition Agreement (MRA) antara Indonesia-Tiongkok terkait ekspor langsung sarang burung walet ke Tiongkok, eskpor dilakukan melalui pihak negara ketiga yaitu negara Malaysia. Namun ek…

 
Gudang BurungSuara kicauan burung begitu menenangkan dan mampu meredakan stres. Tak heran jika unggas ini dijadikan hewan peliharaan di rumah-rumah. Nilai jualnya semakin membumbung jika nyanyian burung semakin indah.


Beberapa negara punya tradisi menyelenggarakan kontes burung. Di Thailand salah satunya. Burung beserta sangkarnya ditenggerkan melalui tiang besi setinggi tiga meter di tengah lapangan luas. Mereka berkicau bersaut-sautan.

Acara tradisional ini sangat ramai dikunjungi masyarakat, bahkan jadi salah satu daya tarik wisata. Para pengunjung akan mendengarkan alunan suara burung sambil melihat sangkar-sangkar yang indah

Kontes itu disebut Rueso. Wisatawan dapat menyaksikanya di daerah Narathiwat. Ratusan pemilik burung dari Thailand, Malaysia dan Singapura ambil bagian dalam kompetisi yang digelar pekan lalu tersebut.

Para juri akan berkeliling menilai kicauan burung satu demi satu. Kriteria penilaian berdasarkan pitch, melodi dan volume suara yang dikeluarkan.

Burung yang unggul berhak memenangkan uang jutaan £18.000 atau senilai Rp338 juta. Tapi kemenangan tak hanya sebatas uang. Yang pasti, pemilik akan mendapatkan kebanggaan yang luar biasa akan hewan peliharaannya.  

 Gudang Burung – Penjaga Kebun Binatang Frankfurt menemukan sembilan burung flamingo mati di dalam kandang pada Jumat pagi, 21 Maret 2014. Dan keesokan harinya, petugas kembali menemukan enam burung itu tanpa nyawa. Dilansir Associated Pres…

 Gudang Burung – Selama 10 tahun, hubungan Chris Martin dan Gwyneth Paltrow memang seolah tanpa cacat. Namun siapa sangka kalau pasangan ini akhirnya memutuskan untuk berpisah.Namun seperti dilaporkan oleh Daily Mail, sepertinya pasangan ini meman…

  • 1
  • 2