Home / Tag Archives: Pencurian Burung

Tag Archives: Pencurian Burung

Pencurian Burung di Boyolali (Lagi)


Gudang BurungYulius Tri Wardana, 35, warga Dukuh Ngrongah, Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, saat ini harus meringkuk di ruang tahanan Mapolsek Ngemplak, Boyolali. Gara-gara, Yulius tertangkap tangan saat mencuri burung kenari milik Yopi Tri Siswanto, 20, warga Dukuh Ngrasak, Desa Kismoyoso, Kecamatan Ngemplak, Senin (12/8/2013).
Kapolres Boyolali, AKBP Budi Haryanto, melalui Kapolsek Ngemplak, AKP Dwi Wahyuni, mengemukakan peristiwa pencurian terjadi Senin (12/8/2013), sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu, korban tengah menonton acara televisi di rumahnya.
 Tiba-tiba ada orang tak dikenal (tersangka) yang masuk ke pekarangan rumahnya. Pria itu langsung mengambil burung kenari di sangkar yang tergantung di teras samping rumah. Namun aksi tersangka itu diketahui oleh korban yang melihat peristiwa itu dari jendela kaca. 
Korban pun langsung berlari keluar rumah dan mengejar tersangka. Tak lama kemudian, tersangka yang datang ke rumah itu dengan mengendarai sepeda motor Suzuki Smash, dapat ditangkap.
”Saat ini tersangka sudah kami tahan,” ujar Kapolsek ketika ditemui wartawan di Kantor Bupati Boyolali, Rabu (14/8).
Selain menangkap tersangka untuk proses penyelidikan lebih lanjut, Kapolsek menyebutkan pihaknya juga menyita barang bukti berupa seekor burung kenari berikut sangkarnya, serta sepeda motor Suzuki Smash berpelat nomor AD 6785 JB yang dikendarai tersangka saat mencuri.

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Murai Batu Dicuri Tetangga Sendiri

Murai Batu Dicuri Tetangga Sendiri

Gudang Burung - Daryono alias Endut (23), warga Dukuh Pucuk RT 38, Desa Gebang, Masaran, Sragen, terpaksa dilaporkan tetangganya karena ketahuan mencuri burung.Awalnya, Anik Purwaningtyas (34), yang masih tinggal satu lingkungan dengan pelaku menj...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

4 Kenari Heru Hilang Digondol Maling

4 Kenari Heru Hilang Digondol Maling

Gudang Burung - FX Heru Purwanto (37), warga Warungpring RT 03, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul menderita kerugian hingga Rp 12.100.000 setelah burung kenari dan sejumlah barang berharganya dicuri.Korban baru sadar ada pencuri telah masuk ke ruma...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pencurian di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta

Gudang Burung - Pencuri burung di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty) diketahui merupakan tenaga security tempat tersebut bernama SB (Susilo Budiarto). Pelaku yang kini telah ditahan di Polsek Mantrijeron tersebut menurut keterang...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Curi Burung, Burung Malah Mati Di Saku Celana



Gudang Burung Deden Sukendar, 26, warga Kuningan, Jawa Barat yang tinggal di Desa Kepek, Kecamatan Wonosari, tertangkap mencuri burung kenari milik Budi Suswanto, 46, di Dusun Plembeman, Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Jumat.

Sayangnya burung curian itu mati karena sesak di saku celana.
Kanit Reserse Kriminal Polsek Nglipar Ajun Inspektur Polisi Satu Ngatimin menjelaskan, kasus pencurian dua ekor burung kenari seharga Rp2,5 juta itu terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Siang itu Deden masuk ke rumah Budi yang dianggapnya kosong karena terlihat sepi.
Deden berhasil masuk rumah dan mengambil burung, kemudian disembunyikan dalam saku celana. Tidak lama setelah keluar rumah, kata Ngatimin, pemilik burung muncul dari samping rumah dan menanyakan kedatangan Deden.
“Saat ditanya pemilik burung, tersangka malah lari,” kata Ngatimin, Jumat .
Melihat Deden lari, Budi curiga dan mengecek dalam rumahnya. Diketahui dua burung kenari miliknya hilang. Budi pun langsung berteriak maling hingga mengundang warga berdatangan dan mengejar Deden. Deden pun tertangkap tak jauh dari rumah Budi.

“Setelah digeledah, dua burung curian itu ditemukan di saku celana dalam keadaan mati,” papar Ngatimin. 
Usai diinterogasi warga deden kemudian diserahkan ke polisi setelah mendapat beberapa pukulan dari warga yang geram dengan aksi Deden.
Deden mengaku baru pertama kali melakukan pencurian. Deden berdalih mencuri karena kepepet butuh uang untuk mengobati penyakit amandel istrinya.
“Istri saya sedang hamil dia sakit bengkak dibagian bawah dagu dan harus dioperasi,” ucap Deden kepada penyidik Polsek Nglipar.
Deden terancam hukuam penjara paling lama lima tahun karena dijerat pasal 362 KUHP tentang Pencurian.

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pencurian 2 Kenari Sunkist, 2 Warga Boyolali Diamuk



Gudang BurungPencuri burung kenari tertangkap basah sedang beraksi di salah satu rumah di Dukuh Karangnongko, RT 020/RW 003, Desa Kadireso, Teras, milik Mujianto, 34, Selasa (1/4/2014) siang. Pencuri itu bernama Wiji Lestari, 29, warga Dukuh Babadan, Mayungan, Ngawen, Klaten.

Selain berhasil mengamankan tersangka, motor tersangka yakni Honda Vario juga ludes dibakar warga sekitar. Dari informasi yang dihimpunSolopos.com di sela-sela penyidikan di Mapolsek Teras, tersangka beraksi saat rumah Mujianto kosong. 
Warga yang melihat tersangka mondar mandir di depan rumah Mujianto pun langsung menghubungi Mujianto. “Tetangga ada yang menghubungi saya, bilang kalau ada orang di rumah saya,” kata Mujianto, saat ditemui Solopos.com, di Mapolsek Teras.
Korban kemudian pulang dan mengawasi gerak-gerik tamu yang tak diundang itu dari luar rumah. Korban melihat tersangka masuk rumah. Dan saat masih di dalam, korban mendekat. 
“Maling itu bilangnya mau cari rumahnya Daryono. Saya lihat dua burung dalam sangkar sudah tidak ada. Langsung saya tanya ke dia, kok burung saya hilang. Setelah saya desak baru dia mengaku dan dua burung kenari disembunyikan dalam saku.”
Mujianto langsung berteriak dan seketika banyak warga berdatangan menangkap pencuri itu. Tersangka berniat kabur tetapi kunci motor sudah diambil terlebih dahulu oleh korban. “Saya tidak tahu bagaimana ceritanya motor milik pencuri itu bisa terbakar. Karena setelah terpergok, dan masyarakat banyak berkerumun di rumah saya, pencuri itu langsung kami bawa ke balai desa.”
Motor milik Wiji habis hanya tersisa rangka motor saja. Salah satu saksi warga Karangnongko RT 018/RW 003, Kadireso, Wahono, 50, awalnya juga sudah curiga karena pelaku mondar-mandir di depan rumah pelaku tetapi tetap memakai helm tertutup. “Tak lama saya dengar Mujianto berteriak maling maling langsung kami tangkap saja. Maling tertangkap saat masih di dalam rumah.”
Soal motor pelaku yang habis terbakar, Wahono mengaku tidak tahu. “Warga yang datang waktu itu sangat banyak. Saya kurang tahu karena saya di dalam menangkap pelaku.”
Dalam penyidikan, petugas penyidik berusaha mencari nama lain yang diduga turut membantu tersangka mencuri burung tersebut. Tetapi tersangka mengaku menjalankan aksinya sendiri. Bahkan pria bertato ini mengaku baru kali pertama mencuri di wilayah Boyolali.
Kapolsek Teras, AKP Demmy Palulungan melalui Kanit Reskrim Aipda Irawan Wijaya, menyebutkan barang bukti yang diamankan adalah dua burung kenari sunkist yang menurut pemiliknya harganya berkisar Rp900.000, dua kandang burung dan sepeda motor yang habis dibakar massa. “Tersangka  rupanya sudah dua kali masuk untuk kasus pencurian sepeda motor, sepeda onthel.”

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Tewas Di Tangan Warga Karena Hendak Mencuri Gelatik

Gudang Burung - Marisi Aritonang (23), warga Pajak Garuda, Perumnas Mandala tewas dihajar warga yang memergokinya mencuri burung gelatik milik Roni Tobing (24), warga Jl. Taud, Kel. Sidorejo, Medan Tembung, kemarin (4/3).Info yang dihimpun POSMETR...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Babak Belur Gara-Gara Mencuri Burung

 Gudang Burung - Seorang pria beranak satu, Rinto (32), manjadi bulan-bulanan warga lantaran kepergok mencuri burung kenari milik Aris Susanto (45), di rumah susun Dakota VII Lantai V RT 07/11 Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, &...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Burung Milik Bos BRI Digondol Maling

 Gudang Burung - Burung murai batu milik Denny Arsamanggala, salah seorang pimpinan Bank BRI di Jalan Patimura, Medan, raib dicuri maling. Satu dari dua pelaku yang berhasil ditangkap sontak dibabakbelurkan massa. Namun, unggas bersuara merdu s...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Anggota Polisi Nekat Curi Burung Milik Anggota TNI

Gudang Burung - Sungguh terlalu aparat penegak hukum yang satu ini. Briptu Ilham Purba tertangkap tangan mencuri sangkar burung milik anggota TNI. Peristiwa itu terjadi Jumat 28 Februari 2014, pukul 4.15 WIB. Parahnya, anggota polisi ini neka...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pencuri LoveBird Dibekuk Polisi

Gudang Burung -  Saiful Basori (35), pelaku yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Gresik akhirnya dibekuk polisi di Jalan Raya Bungah.Semula pria asal Desa Sukowati, Kecamatan Bungah itu telah lama menjadi buruan polisi terkait kasu...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Curi Burung, 3 Warga DIY Digelandang Ke Polisi


Gudang Burung - Tiga orang warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditangkap jajaran kepolisian karena mencuri 16 ekor burung dan sebuah laptop milik seorang warga di wilayah Kecamatan Prambanan, Senin (10/2/2014) dini hari.
Mereka tertangkap kepolisian saat hendak melarikan diri ke Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Berdasarkan informasi yang diperoleh Espos dari jajaran Polsek Prambanan, tiga orang pelaku tersebut bernama Endra Kusmanto, Agus, dan Enggar. Pencurian dilakukan sekitar pukul 02.00 WIB, Senin  (10/2), di rumah Sutris, warga Dusun Gempol, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan.

Mereka melakukan aksinya dengan cara membobol rumah korban setelah para penghuni rumah terlelap tidur. Mereka berhasil mengambil sejumlah barang milik korban, diantaranya 14 ekor love bird, dua ekor burung pentet, dua buah smartphone android, dan sebuah laptop 14 inci.

Mereka lalu membawa kabur barang-barang tersebut dengan mobil Avanza rentalannya untuk melarikan diri ke wilayah Gunung Kidul. Namun, di tengah perjalanan mereka kehilangan arah, dan akhirnya bertanya kepada polisi yang sedang melakukan patroli di wilayah Gunung Kidul.

Agus yang turun dari mobil dan hendak bertanya memunculkan gelagat yang mencurigakan. Akibat ketakutan, tiba-tiba Agus berlari dan membuang ponselnya. Petugas yang merasa curiga kemudian menangkap ketiga pelaku.

“Awalnya saya tidak tahu kalau diajak mencuri. Saya hanya diajak main. Tapi, saat di lokasi, Agus dan Enggar langsung membuka laci mobil yang ternyata isinya gobang, tank, dan beberapa barang lain. Saat itu, saya hanya menunggu di mobil rentalan, mereka yang masuk. Baru kali ini saya melakukan ini,” kata Endra, warga Bimomartani, Ngemplak, Sleman, DIY saat ditanya jajaran Polsek Prambanan, Senin.

Sementara, Kapolsek Prambanan, AKP Marwanto, mengatakan Endra diproses di Polsek Prambanan karena terlibat pencurian di wilayah Kecamatan Prambanan. Sedangkan dua orang lainnya, diproses di Gunung Kidul.

“Endra kami proses disini [Polsek Prambanan], dan dua orang lainnya diproses di Gunung Kidul karena sebelumnya melakukan aksi pencurian di sana,” katanya kepada wartawan, Senin.
Ia menambahkan kerugian yang dialami korban sebesar Rp11 juta. Pelaku tersebut akan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat) dengan ancaman hukuman penjara minimal tujuh tahun. Endra selanjutnya, akan dititipkan di tahanan Mapolres Klaten.

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Polisi Buru Pencuri Burung

Gudang Burung - Jajaran kepolisian Polres Prabumulih hingga saat ini terus memburu pelaku pencuri burung yang terjadi Senin (3/2/2014) sekitar pukul 03.30 WIB. Dalam peristiwa itu satu unit sepeda motor Mio J warna biru tanpa nomor polisi yang dip...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Banjir Sempat Curi Burung, Diamuk Massa

 Gudang Burung - Herman (30) seorang warga RT 02 RW 05, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara babak belur dihajar massa, Sabtu (18/1). Pasalnya, di tengah banjir yang merendam kawasan itu Her nekad mencuri seekor Burung Murai peliharaan tetang...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pencurian Beraksi Di Rumah Kosong, 35 Burung Hilang

Gudang Burung - Pencuri satu ini tergolong nekat, pasalnya berani mengondol 35 burung sekaligus di rumah korban Joko Susilo (37) warga Dukuh Kragilan , Mojosongo, Boyolali. Korbanpun mengalami kerugian Rp 30 juta.Pelaku diduga melakukan aksinya saat ...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Ratusan Burung Dagangan Digondol Maling

Gudang Burung - Pencuri menggasak ratusan burung berbagai jenis milik pedagang Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy), Selasa (17/12) lalu. Akibatnya pedagang rugi sekitar Rp 250 juta. Mereka resah dan minta polisi segara menangkap ...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pelajar SMK Diamuk Massa Setelah Curi Burung

Gudang Burung - Is (17), pelajar SMK kelas I di kawasan Plaju, Kota Palembang, ini tak berkutik saat dikepung warga, Sabtu (7/12/2013). Is pun babak belur karena menjadi sasaran amukan warga. Pasalnya, ia tepergok warga beraksi mencuri b...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Komplotan Pencuri Burung Dilumpuhkan

Gudang Burung - Komplotan spesialis pencuri burung berhasil dilumpuhkan Jajaran Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Batu Ceper, Kota Tangerang. Satu dari empat pelaku dihadiahi timah panas setelah berusaha melarikan diri saat ditangkap.Pelaku pencur...

Baca selengkapnya dijamin seru! »
Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888