Home / Tag Archives: Murai Batu

Tag Archives: Murai Batu

Mengenal Lebih Dekat Murai Batu Aceh

Gudang Burung - Jenis Murai Batu yang ditemui di Aceh memiliki tipe yang seragam dengan tipe Murai Batu yang ditemukan di beberapa wilayah sekitarnya. Seperti Nias, Kepulauan Mentawai dan hampir semua pulau-pulau kecil yang ada di pantai barat Pul...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Merawat Murai Batu Part. 1

Gudang Burung - Mungkin suatu ketika Anda tertarik untuk memelihara Murai Batu. Mengingat, jenis burung ocehan ini memiliki suara yang merdu dan bentuk fisik yang indah.Perlu Anda ketahui, mendapatkan Murai Batu yang berkualitas memang tidak mudah...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Tips Membawa Murai Batu dalam Perjalanan Jauh Tanpa Sangkar

Gudang Burung - Jika pada suatu saat anda harus membawa Murai Batu dalam perjalanan jauh tanpa menggunakan sangkar, sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips yang akan saya bagikan kali ini.Pertama, gunakan kardus sebagai media pengganti sangkar....

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pola Perawatan Murai Batu Saat Mulai Rontok Bulu


 

Gudang BurungMerawat burung memasuki tahap pelepasan bulu yang mulai rontok terkadang memaksa para penghobi burung kicau untuk sedikit ‘’memanja’’ burung peliharaannya, termasuk bagi burung Murai Batu.
Perawatan serta penanganan extra harus dilakukan ketika si burung memasuki masa ini, karena kestabilan burung ketika di lapangan ditentukan dengan perawatannya ketika burung tersebut mabung.

Apabila perawatan tidak maksimal, maka burung bisa mengalami penurunan mental bertarung dan akan berlanjut dengan sendirinya dengan penurunan nafsu makan si burung sendiri. Dan pemulihan untuk burung yang mengalami hal demikian memakan waktu lebih lama 1 hingga 2 bulan daripada masa mabungnya sendiri.

Masa-masa istirahat burung biasanya 3 hingga 4 bulan, dari awal ketika bulu mulai ambrol sampai pemulihan bulu muda yang siap untuk perlombaan. Kisaran waktu ini biasanya tergantung bagaimana si empunya burung merawatnya.

Apabila perawatannya maksimal, maka waktunya akan lebih cepat dari yang diperhitungkan sebelumnya. Dan apabila perawatannya kurang maupun tidak maksimal, tentu saja waktu yang dibutuhkan akan lebih lama dari yang diperhitungkan sebelumnya yang juga dapat mengganggu jadwal si burung sendiri.

Burung harus istirahat total ketika di Minggu pertama bulu burung telah jatuh dan ambrol. Pemberian Extra Fooding seperti jangkrik dikurangi, tetapi untuk kroto berikan seperti pola hariannya. Burung juga harus full kerodong serta diletakkan di ruang khusus dan burung mandi sekitar 3-4 hari sekali. Walaupun demikian, kebersihan kandang burung juga harus diutamakan.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan. Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi tentang pengalaman pribadi serta pengalaman teman-teman penghobi burung kicau yang lain. Salam kicau. (rsp)

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Perawatan Murai Batu Mabung – Ekor

Gudang Burung - Mabung, seperti kebiasaan tahunan bagi setiap burung yang aktif terbang dengan sayapnya. Mabung adalah proses pelepasan lapisan bulu lama yang diganti dengan lapisan bulu pengganti ataupun bulu yang lebih baru.Ini juga terjadi deng...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Mengidentifikasi Lebih Dekat dengan Murai Batu Asal Kalimantan



Gudang BurungSeperti yang telah saya paparkan mengenai asal Murai Batu, sekarang kita akan membahas lebih detail tentang bagaimana sifat, ciri fisik, maupun karakter Murai Batu yang berasal dari tanah Kalimantan.
Yang pertama adalah Murai Batu Palangka
Yang kedua adalah Murai Batu Banjar
Yang ketiga adalah Murai Batu Mahkota

Demikian sedikit informasi yang dapat saya bagikan. Bukan bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi tentang pengalaman pribadi serta pengalaman teman-teman penghobi burung kicau yang lain. Salam kicau. (rsp)

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Buah yang baik Untuk Murai Batu

Buah yang baik Untuk Murai Batu

Selama ini burung pemakan serangga seperti murai batu hanya dianggap sebagai burung yang murni memakan serangga sebagai pakan utamanya.  Namun, ternyata burung murai batu juga sangat menyukai buah-buahan, terutama buah yang sudah di racik sedemikian rupa. Lalu apa manfaat burung murai batu memakan buah-buahan?  Manfaat paling utama selain membuat burung …

Baca selengkapnya dijamin seru! »

TIPS MERAWAT BURUNG MURAI BATU

Salah satu jenis burung mahal dan mempunyai suara merdu adalah burungmurai batu. Tentu dengan harga yang mahal kita tidak ingin membuat burung kita jadi bisu atau salah dalam perawatannya. Nah kali ini kita akan memberikan tips merawat burung murai bat...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Burung Milik Bos BRI Digondol Maling

 Gudang Burung - Burung murai batu milik Denny Arsamanggala, salah seorang pimpinan Bank BRI di Jalan Patimura, Medan, raib dicuri maling. Satu dari dua pelaku yang berhasil ditangkap sontak dibabakbelurkan massa. Namun, unggas bersuara merdu s...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Murai Batu Bohorok Yang Mulai Langka

 
Gudang Burung - Siapa yang tidak kenal nama Murai Bohorok? Murai BOHOROK sempat terkenal pada era tahun ’90-an, seiiring dengan perburuan burung murai batu yang semakin intensiv, keberadaan murai Bohorokpun otomatis semakin terancam. 
 Bohorok merupakan salah satu daerah tingkat kecamatan di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Dari Medan dengan kendaraan pribadi bisa ditempuh waktu perjalanan kurang lebih 3,5 – 4 jam. 

Sepanjang perjalanan kita akan banyak menemui perkebunan kelapa sawit yang menambah indah pemandangan di sekitarnya.

Habitat burung murai batunya rata-rata terpusat pada kaki Gunung Leuser atau lebih dikenal dengan nama Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Dari kaki Gunung Leuser ini mengalir beberapa sungai, salah satunya sungai Bohorok, yang konon dulu sepanjang sungai tersebut banyak ditemui burung murai batu. 




Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang pesat akhirnya burung murai batu dan jenis lainnya terdesak kearah kaki Gunung Leuser, bahkan sampai kearah atasnya.

Disana masih banyak terdapat sungai selain sungai Bohorok yang memang merupakan habitat burung murai batu, diantaranya sungai Landak, Berkail, Musam, Sekelam, Wampu dan masih ada beberapa anak sungai lainnya. 

Tetapi yang menjadi favorit pemikat lokal adalah burung murai batu yang berasal dari sungai Bohorok, Landak dan Berkail. Burung-burung dari daerah tersebut konon memiliki mental fighter yang ampuh dan postur tubuh yang menarik tetapi untuk sekarang-sekarang ini jangan harap bisa menemukan burung murai batu yang berekor panjang sampai 25cm, menemukan yang panjang ekornya 23cm saja sudah sangat-sangat sulit. Yang saya bicarakan disini adalah ukuran yang akurat, jadi bukan hanya perkiraan saja atau ukuran dengan kasat mata saja. Untuk mengetahui panjang ekornya secara tepat lebih baik burung ditangkap, kemudian diukur tepat dengan penggaris atau istilah orang sana “rol”. 

Panjang ekor burung murai batu tidak ada kaitannya sama sekali dengan faktor usia burungnya karena banyak yang beranggapan bahwa nanti jika usianya sudah tua maka ekornya akan menjadi panjang sampai bertambah 3 cm atau bahkan lebih. 

Pendapat ini sama sekali keliru. Kalau bukan karena faktor keturunan/trah ekor panjang maka sangat mustahil ekor burung murai batu tersebut akan menjadi panjang seiring dengan bertambahnya usia.

Jadi anggapan bahwa murai Medan identik dengan murai berekor panjang adalah salah total, justru murai dari Bohorok memiliki ekor dengan panjang mulai dari 15,5cm -19cm saja, 20cm sudah susah didapat, 22,5cm sudah langka, diatas 22,5cm bisa dibilang sudah punah. Ini sedikit cerita untuk kalangan penggemar ekor panjang. 

Ada yang bilang MB Bohorok badannya besar, inipun juga salah! Yang banyak saya temui justru bodynya sedang-sedang saja atau mendekati ideal. Ada juga yang bilang MB Bohorok ekornya kaku atau batangan lidinya besar sehingga ekornya menjadi kaku, ini juga tidak sepenuhnya betul. Yang jelas harus diakui MB Bohorok memiliki body yang menawan.

Beberapa pengepul dan pemikatnya tersebar di sekitar wilayah Pulau Pisang, Bukit Lawang dan Gotong Royong sampai Seruncing dan Bandar Baru yang bisa menembus ke wilayah Marike. Jika kita sudah sampai Bohorok maka kita akan sangat gampang mencari info keberadaan pengepul atau bahkan tempat tinggal para pemikatnya. 

Daerah Seruncing dan Bandar Baru memang harus ditempuh dengan perjalanan kendaraan roda dua, terutama jika kita mau menuju daerah Bandar Baru. Jika hujan maka lebih baik perjalanan ditunda dahulu karena jalanannya akan menjadi sangat licin.

Dulu ketika keberadaan MB Bohorok masih berlimpah, bisa dibilang istilah MB Medan identik dengan MB Bohorok. MB Bohorok rata-rata memiliki sifat liar yang agak berlebihan karena habitatnya sudah sangat jauh dari permukiman penduduk atau sangat jarang sekali manusia menginjak habitatnya kecuali tukang pikat burung, pencari kayu Gaharu dan pencari ikan air tawar, sehingga mereka sangat jarang sekali bersosialisasi dengan manusia. 

Jadi membikin duduk MB bakalan dari Bohorok memerlukan waktu yang lebih lama, tetapi bukan berarti tidak bisa dibikin duduk melainkan hanya diperlukan kesabaran yang lebih saja.

Yang menjadi permasalahan adalah dari mana asalnya burung tersebut didapat, jadi disana ada beberapa habitat eksklusiv untuk burung murai batunya sendiri, tidak serta merta semua MB Bohorok itu bagus lho. I

stilahnya pada kita manusia, bagaimana caranya bisa mendapatkan Kembang Desanya ??? Otomatis kita harus bisa menemukan tukang pikat yang jujur dan sehati dengan kita, dan harga MB Bohorok yang berkualitas jauh diatas harga MB Bohorok pada umumnya bahkan bisa lebih mahal 200% hingga 300%. 

 Dan tukang pikatnyapun jelas-jelas paham tentang ini karena mereka pada waktu menangkapnya kan sudah mengetahui karakter masing-masing burungnya. Otomatis burung yang memiliki kualitas diatas rata-rata harganyapun akan dibandrol sesuai dengan kelasnya masing-masing. Jika kita bisa menemukan tukang pikat yang jujur dan bisa mendapatkan kembang desanya, tentunya kita akan puas. Perlu diketahui saja, murai Bohorok sudah sangat susah untuk didapat apalagi yang kualitas istimewa.

Pada era tahun ’90-an penjual burung MB di Medan selalu menyebutnya bahwa burung yang dijualnya adalah burung murai batu asal Bohorok, otomatis pembeli dari Jawapun ikut-ikutan latah mengenalnya MB Medan itu yah MB Bohorok. Jadi barangkali Anda-Anda ingin mendapatkan MB ASLI dari Bohorok silahkan bisa langsung hunting sendiri ke habitatnya, SKL BF akan mensupportnya.

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Sedikit Tips Dari Maestro Murai Batu Indonesia

 Gudang Burung - Siapa tidak kenal Sang maetro Murai Batu Indonesia, dialah Almarhum Koh Abun, salah satu jagonya yang sangat terkenal seperti si COBRA.Anakan atau cucu si Cobra sekarang ini banyak yang prestasi, seperti contoh punya rekan KM O...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Menangani Serak Pada Murai Batu

Gudang Burung - Untuk Menangani Serak Pada Murai Batu, ada beberapa hal yangperlu anda perhatikan misalnya saja penyebab serak pada burung murai dan cara mengatasi serak pada burung murai batu, sebelum ke cara penanganan burung serak&nbs...

Baca selengkapnya dijamin seru! »
Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888