Home / Tag Archives: Info Kicau Mania

Tag Archives: Info Kicau Mania

Bagaimana membuat jebakan burung sederhana

Bagaimana membuat jebakan burung sederhana 2

Kalau menjebak menggunakan sangkar jebakan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kicau mania dan disini saya akan menerangkan bagaimana cara membuat jebakan burung sederhana dengan menggunakan bahan bahan yang ada disekitar kita. Tapi ingat , ini hanyala...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Semua tentang masalah kacer di lapangan

Semua tentang masalah kacer di lapangan 1

Beberapa permasalahan memang kerap terjadi pada burung kacer pada waktu dilombakan, beberapa diantaranya bahkan berhubungan dengan mental dan karakter dari burung itu sendiri, misalnya kacer yang langsung mbalon atau mbagong begitu mendengar suara kace...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Mengatasi burung yang lumpuh

Mengatasi burung yang lumpuh

Apakah Anda pernah melihat burung terkulai lumpuh di dasar sangkar? Saat Anda memberi makan, burung kehilangan selera makan. Kondisi seperti ini adalah tanda-tanda burung anda mengalami kelumpuhan, hal ini umumnya disebabkan karena kekurangan asup...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Hud-hud si burung unik bersenjata unik

Hud-hud si burung unik bersenjata unik 1

Burung yang namanya beberapa kali disebut dalam kitab suci Al Qur'an dan Injil ini memiliki nama Noble Hoopoe atau Eurasian Hoopoe [Upupa epops] dalam bahasa arab disebut dengan nama burung Hud-hud ternyata selain memiliki kicauan yang menarik juga mem...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Merawat burung yang kegemukan

Merawat burung yang kegemukan 1

Burung yang mengalami kegemukan tampak tubuhnya bulat membesar, kurang rajin berkicau, tidak birahi dan jika dipegang tubuhnya terasa berat dan pada kulit di bagian perut dan leher tampak kumpulan lemak yang berwarna kekuningan. Problem ini dapat diatasi dengan cara melakukan diet/pengaturan menu makanan setiap hari. 

 


Diet pada kenari dilakukan dengan cara menghentikan pemberian pakan biji-bijian dan burung hanya diberi pakan berupa buah-buahan dan sayuran sebanyak-banyaknya selama 3 sampai 7 hari secara bertahap. 

Buah dan sayuran yang dapat diberikan antara lain apel, pisang, nanas, pepaya, ketimun, sawi putih, sawi hijau, gambas, slada dan sayuran lain yang disukai kenari. Diet yang telalu lama akan menyebabkan kenari jatuh sakit, oleh karena itu 3 hari setelah dilakukan diet, kenari harus selalu dilihat kandungan lemak pada perut atau lehernya, jika kandungan lemak sudah berkurang maka proses diet harus dihentikan dan kenari mulai diberi pakan berupa biji-bijian dalam jumlah yang terbatas 5 – 10 gram/hari ditambah dengan sayuran. Selama proses diet sebaiknya kenari selalau diberi vitamin melalui air minum. 

-->

Proses diet yang sama dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan pada burung ocehan lainnya. Untuk burung ocehan pakan berupa voer ataupun serangga dikurangi dan burung banyak diberi buah-buahan misalnya pepaya, apel, yang diseukai oleh burung tersebut.

Semoga bermanfaat.

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Seluk beluk burung parkit

Seluk beluk burung parkit 13


burung parkit liar australia
burung parkit liar australia
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Ordo: Psittaciformes
Family: Psittacidae
Genus: Melopsittacus
Species: Melopsittacus undulatus
Panjang: 18-20 cm
Berat: 27-32 gram


Burung parkit adalah burung kecil dari keluarga burung nuri (parrot). Mereka sangat cerdas dan merupakan burung sosial (jauh lebih nyaman berada dalam kawanan besar). Burung parkit liar memiliki bulu hijau diselingi campuran kuning dan hitam. Di negara barat, burung parkit dikenal dengan nama parakeet atau budgerigar. Namun istilah yang lebih sering digunakan adalah budgie (kependekan dari budgerigar). Kata Budgerigar berasal dari bahasa Aborigin “betcherrygah” yang berarti “enak dimakan”. Ya, kemungkinan besar suku Aborigin suka makan daging burung parkit.
Melalui penangkaran/budidaya parkit telah dihasilkan burung parkit dengan warna biru, abu-abu, kuning, putih dan kombinasi. Harga burung parkit dengan kombinasi warna biasanya lebih mahal daripada harga parkit dengan warna umum.
burung parkit kuning
burung parkit kuning
burung parkit biru
burung parkit biru
recessive pied budgie
burung parkit recessive pied, harganya lebih mahal
ANATOMI BURUNG PARKIT
gambar anatomi burung parkit
gambar anatomi burung parkit
Keterangan:
  • cloaca: organ yang digunakan untuk saluran pembuangan dan saluran untuk transfer sperma saat kawin
  • coracoid: tulang penting, bagian dari struktur tulang untuk terbang
  • crop (tembolok): kantung penyimpanan makanan sebelum dicerna
  • duodenum: bagian pertama dari usus kecil, membantu mencerna makanan
  • gizzard (ampela): kantung pencernaan berotot yang dapat menampung kerikil yang dapat membantu menghaluskan biji-bijian. Sebelum masuk ke usus, biji-bijian keras akan diremas-remas oleh ampela sehingga beradu dengan kerikil dan menjadi halus agar zat makanan lebih mudah diserap. Fungsi ampela pada unggas sama seperti fungsi gigi pada manusia
  • oesophagus (kerongkongan): saluran yang menghubungkan mulut dengan tembolok
  • pectoral muscles (otot dada): otot untuk mengepakkan sayap
  • proventriculus: kelenjar pencernaan yang mencampur enzim pencernaan dengan makanan sebelum ditransfer ke ampela
  • small intestine (usus kecil): mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan
  • trachea: saluran pernafasan yang membawa udara dari luar ke paru-paru dan sebaliknya
  • ureter: membawa sisa pembuangan dari ginjal ke kloaka
  • vas deferens: saluran pengangkut semen (air mani) dari testis ke kloaka saat kawin
Bagi yang malas membaca keterangan dari poin-poin di atas, mari saya bantu simpulkan:
  • Burung parkit (dan unggas lainnya) sengaja memakan kerikil untuk membantu menghaluskan makanan (baca keterangan gizzard, poin kelima).
  • Burung parkit jantan (dan banyak unggas jantan lainnya) tidak memiliki penis. Mereka (baik jantan maupun betina) hanya punya satu saluran untuk reproduksi dan defekasi (pembuangan), yaitu kloaka. Pada manusia (pria), saluran defekasi (rectum) terpisah dari saluran reproduksi (urethra – juga merupakan saluran pembuangan urine). Pada wanita, saluran lebih dispesifikasi lagi menjadi 3: saluran reproduksi (vagina), saluran defekasi (rectum), dan saluran urine (urethra).
gambar burung parkit hijau
burung parkit jantan, ditandai dengan warna kebiruan pada bagian sekitar lubang hidung (cere)
Karena tidak ada penis, akan sulit membedakan jenis kelamin burung parkit dengan melihat langsung area pribadinya. Cara membedakan jenis kelamin burung parkit yang umum dilakukan ialah dengan melihat warna cere (bagian di atas paruh sekitar lubang hidung). Jika berwarna kebiruan, jantan, bila berwarna putih, krem, atau coklat muda, berarti betina. Cara ini dapat dilakukan saat burung parkit sudah dewasa (sekitar 4 bulan). Perbedaan warna cere akan semakin jelas seiring bertambahnya usia burung parkit.Secara tekstur, cere pada burung parkit jantan terlihat lebih mengkilap, dan agak kusam pada betina.
burung parkit betina
burung parkit betina, ditandai dengan cere (bagian di atas paruh sekitar lubang hidung) berwarna putih, krem atau coklat muda
Cara lain membedakan jenis kelamin burung parkit adalah dengan memperhatikan aktivitas burung parkit. Burung parkit jantan biasanya lebih aktif dan lebih suka berkicau sementara parkit betina lebih cenderung diam dan pasif.
sarang burung parkit
sarang burung parkit liar
HABITAT
Burung parkit adalah binatang asli Australia yang ditemukan hidup dalam kelompok besar di alam liar (hingga ribuan dalam satu kelompok). Habitat mereka adalah di gurun dan hutan belukar terbuka. Burung parkit liar adalah nomaden, pergerakan mereka tergantung pada pasokan makanan dan air. Burung parkit liar membangun sarang mereka pada lubang pohon. VIDEO: Burung Parkit Liar
jewawut (Setaria italica)
jewawut (Setaria italica)
MAKANAN
Makanan burung parkit bervariasi antara biji-bijian, buah dan sayuran. Biji-bijian yang baik dan disukai burung parkit adalah jewawut, millet merah, dan millet putih. Buah-buahan yang disukai burung parkit antara lain: apel, pir, melon, dan pisang. Dan sayuran yang baik untuk burung parkit adalah: jagung muda, tauge, brokoli, wortel dan bayam. Makanan yang haram diberikan ke burung parkit adalah alpukat dan cokelat karena bersifat racun bagi burung parkit.
sepasang burung parkit
sepasang burung parkit
SIKLUS HIDUP
Burung parkit adalah hewan monogami. Mereka cenderung memiliki hanya satu pasangan seumur hidup mereka. Saat kawin, sperma berpindah dari tubuh parkit jantan ke betina melalui penempelan kloaka. Proses kawin ini berlangsung sangat cepat, hanya dalam hitungan detik. Sekitar satu minggu setelah kawin, parkit betina akan mulai bertelur. Induk parkit mengeluarkan satu telur setiap harinya sampai ada 4 hingga 6 telur. Telur-telur ini akan dierami selama 17-19 hari hingga akhirnya menetas.
telur dan bayi burung parkit
telur dan bayi burung parkit
Secara berurutan, anak burung parkit akan menetas setiap dua hari. Anak burung parkit terlahir buta dan tanpa bulu. Mereka benar-benar tidak mampu bertahan hidup tanpa bantuan induk mereka. Induk parkit harus terus menerus memberikan kehangatan kepada bayi-bayinya hingga mereka menumbuhkan bulu. Induk parkit memberikan makanan kepada anaknya dengan cara memuntahkan makanan yang telah ia cerna ke mulut anaknya. Anak burung parkit tumbuh sangat cepat.
anak burung parkit
anak burung parkit, akan mulai menumbuhkan bulu sekitar usia 2 minggu
Setelah berumur sepuluh hari, mata anak burung parkit akan terbuka. Beberapa hari kemudian, anak burung parkit mulai menumbuhkan bulu mereka, diawali dengan tumbuhnya bulu-bulu halus dan diikuti poros bulu (pin feathers) yang berbentuk seperti jarum tebal yang muncul dari kulit mereka.
burung parkit muda
burung parkit muda, usia satu bulan
Sekitar satu bulan, bulu anak burung parkit sudah hampir tumbuh sempurna.
burung parkit dewasa
burung parkit dewasa
Anak burung parkit sudah bisa makan sendiri dan siap meninggalkan sarang sekitar usia 42 hari. Saat itu, burung parkit muda sudah bisa terbang dan menjaga diri mereka sendiri. Setelah 4 bulan, burung parkit muda mulai merontokkan bulu untuk pertama kalinya. Ditandai dengan hilangnya pola garis hitam di dahi mereka. Setelah perontokkan bulu pertama, parkit muda telah berubah sepenuhnya menjadi parkit dewasa. Parkit betina dewasa akan mulai belajar bertelur di usia 5 bulan.
cincin iris pada burung parkit
cincin iris pada burung parkit
Di usia 6 bulan, akan muncul lingkaran putih di sekitar bola mata, yang disebut cincin iris, sebagai indikasi umur burung parkit. Semakin jelas cincin iris, semakin tua umur burung parkit. Parkit dapat hidup antara 5-8 tahun, namun pada kasus istimewa, parkit dapat hidup hingga lebih dari 10 tahun jika dirawat dengan baik.
ular pohon australia
ular pohon australia, predator alami burung parkit liar
PREDATOR
Ular adalah predator utama burung parkit di alam liar. Telur dan anak burung parkit adalah mangsa mudah bagi ular.
kandang parkit
kandang parkit
KANDANG PARKIT
Di alam, burung parkit liar dapat dengan bebas memilih tempat mereka tinggal, namun tidak sama halnya dengan burung parkit peliharaan. Burung parkit peliharaan akan tinggal di kandang yang sudah ditentukan pemiliknya. Kandang parkit sebagai tempat berlindung harus memiliki ruang gerak dan bermain yang cukup agar parkit merasa nyaman, betah dan tidak stress. Dimensi kandang parkit (minimal) untuk tempat tinggal sepasang parkit adalah: 45cm (panjang) x 45cm (lebar) x 60cm (tinggi) dengan ukuran bar space (terali kandang) ½ inch. VIDEO: Sepasang parkit di dalam kandang
FUN FACTS
  • Burung parkit adalah burung peliharaan terpopuler di dunia
  • Dengan pelatihan yang tepat, burung parkit dapat belajar berbicara
    VIDEO:
     
    Burung parkit berbicara
  • Burung parkit dapat memutar kepalanya hingga 180 derajat. Di alam liar, hal ini menguntungkan mereka dengan jangkauan penglihatan yang lebih luas untuk menghindari predator
  • Penemuan fosil di Australia mengungkapkan bahwa burung parkit telah hidup di bumi jauh lebih lama sebelum manusia
  • Burung parkit memiliki dua jari kaki menghadap ke depan dan dua jari menghadap ke belakang. Unggas lain memiliki tiga jari kaki menghadap ke depan dan satu jari menghadap ke belakang

  • kaki burung parkit
    kaki burung parkit
  • Kebanyakan burung parkit membuang kotoran (poop) setiap 10-20 menit sekali
  • Suhu tubuh normal burung parkit adalah 39 derajat Celcius dengan jantung berdetak lebih dari 200 kali per menit
  • Burung parkit dapat menangkap 150 gambar per detik, sementara manusia hanya 16 gambar per detik
  • Burung parkit dapat mendengar suara dengan jangkauan 400-20.000Hz

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Perawatan lovebird agar rajin berkicau

Lovebird digemari karena warnanya yang menarik dan suaranya yang cenderung tajam dan rapat. lovebird inipun bisa bermacam-macam jenisnya, selain dipelihara untuk di dengarkan suaranya atau untuk dilombakan banyak juga yang memelihara lovebird ini untuk...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Amazon Parrot si burung pintar

Nuri amazon atau amazon parrots termasuk dalam genus Amazona dalam marga Psittacidae, dimana terdapat sekitar 25-30 spesis yang berbeda yang taxonominya masih menjadi perdebatan. dan menjawab penasaran rekan-rekan kicaumania yang kebetulan memiliki dan memelihara burung ini yang bertanya bagaimana rawatan ,karakter serta penangkarannnya akan kita jelaskan segalanya disini. 


Semua anggota dari genus Amazona baik yang ukuran tubuhnya sedang hingga besar itu berasal dari Amerika selatan atau Amerika Tengah termasuk meksiko dan karibia. mereka relatif lebih pendek dengan ekor yang agak persegi. kebanyakan burung nuri amazon ini didominasi warna hijau dan dihiasi warna-warna aksen yang mencolok, sama seperti nuri lainnya nuri amazon ini memiliki empat jari pada setiap kakinya dua mengarah kedepan dan dua lagi mengarah ke belakang dan ketangkasan kakinya termasuk salah satu yang hal yang mengagumkan dari burung nuri jenis manapun.

Amazon parrot taxonomy

Kingdom:      Animalia
Phylum:         Chordata
Class:            Aves
Order:           Psittaciformes
Family:          Psittacidae
Subfamily:    Psittacinae
Tribe:             Arini
Genus:           Amazona

Taxonomi dari nuri amazon ini masih menjadi perdebatan dan karena itulah sering terjadi perbedaan informasi.
  1. Black-billed Amazon-Amazona agilis
  2. Blue-cheeked Amazon - Amazona dufresniana
  3. Blue-fronted Amazon - Amazona aestiva
  4. Cuban Amazon or Rose-throated Parrot - Amazona leucocephala
  5. Festive Amazon - Amazona festiva
  6. Hispaniolan Amazon - Amazona ventralis
  7. Imperial Amazon - Amazona imperialis
  8. Kawall's Amazon -Amazona kawalli
  9. Lilac-crowned Amazon - Amazona finschi
  10. Mealy Amazon -  Amazona farinosa
  11. Orange-winged Amazon - Amazona amazonica
  12. Puerto Rican Amazon - Amazona vittata
  13. Red-browed Amazon -  Amazona rhodocorytha
  14. Red-crowned Amazon -  Amazona viridigenalis
  15. Red-lored Amazon - Amazona autumnalis
  16. Lilacine Amazon - Amazona autumnalis lilacina
  17. Red-necked Amazon -  Amazona arausiaca
  18. Red-spectacled Amazon -  Amazona pretrei
  19. Red-tailed Amazon - Amazona brasiliensis
  20. Scaly-naped Amazon - Amazona mercenaria
  21. St Lucia Amazon -  Amazona versicolor
  22. St Vincent Amazon - Amazona guildingii
  23. Tucumán Amazon  - Amazona tucumana
  24. Vinaceous Amazon  -  Amazona vinacea
  25. White-fronted Amazon -   Amazona albifrons
  26. Yellow-billed Amazon  - Amazona collaria
  27. Yellow-lored Amazon -  Amazona xantholora
  28. Yellow-crowned Amazon - Amazona ochrocephala
  29. Yellow-naped Amazon  - Amazona ochrocephala auropalliata
  30. Yellow-headed Amazon - Amazona ochrocephala oratrix
  31. Yellow-shouldered Amazon -Amazona barbadensis

Taxonomi dari Yellow-Crowned Amazon, Amazon ochrocephala, masih diperdebatkan. beberapa pihak berwenang melihatnya sebagai spesis tunggal dengan beberapa subspesis, sementara yang lain menganggap mereka menjadi tiga spesis terpisah : 
  • Amazona ochrocephala, 
  • Amazona auropalliata dan 
  • Amazona oratrix.
Belakangan anda akan bisa menemukan burung nuri amazon di Guadeloupe dan Martinique di Pulau Karibia, tetapi burung ini sekarang sudah punah dan mereka dianggap seebagai spesis hipotesis yang punah, karena masih belum jelas apakah mereka adalah spesis terpisah atau hanya merupakan subspesis saja karena itu jika anda menemukan nama Amazon Guadeloupe, Amazon Violacea atau Amazon Martinique, Amazon Martinica mereka itu hanya merupakan spesis hipotesis bukan nama ilmiah seperti yang dijelaskan oleh banyak orang.


Perawatan Amazon

Sebelum anda membeli burung nuri amazon,baik itu membeli dari rekan atau kerabat atau dipasaran apalagi dengan jalan mengimpor dari negara luar pastikan bahwa anda mengetahui dahulu peraturan internasional dan nasional yang berlaku mengenai spesimen penangkaran dan hewan liar dari spesis burung yang ingin anda pelihara ini.

Burung Nuri amazon ini termasuk jenis yang sangat cerdas dan sangat jinak, Bahkan burung inipun mampu menirukan suara manusia dengan fasih, mudah dilatih macam-macam atraksi dan bisa dilatih berhitung maupun menyebut dengan akurat nama-nama benda yang sebelumnya mereka dilatih untuk mengingat apa nama benda tersebut. kemampuan mereka bis adibilang hampir seimbang dengan Nuri Abu-abu afrika atau Africa Grey Parrot.

Adalah penting dalam perawatannya ini kita memberikan beberapa bentuk kayu-kayuan untuk mereka kunyah, karena nuri ini termasuk yang gemar mengunyah benda benda. dan untuk menjaga paruh dan kukunya dikandangnya juga harus disediakan blok mineral yang bisa mereka gunakan untuk mengasah paruh dan kuku mereka.

Nuri amazon bisa dimandikan dengan cara disemprot dengan air hangat ataupun memasukan bak mandi kedalam sangkar mereka. Beberpa burung bisa dengan cepat dilatih berbagai macam atraksi ataupun trik-trik tertentu, misalnya mengajari mereka untuk menuju tempat yang disediakan jika ingin membuang kotorannya ( semacam toilet :) )

Makanan Nuri Amazon

Dialam liarnya burung nuri amazon gemar makan kacang-kacangan, buah-buahan dan dedaunan , jadi merupakan hal yang sangat penting memberi burung anda makanan yang bervariasi untuk memastikan kesehatan yang optimal selama dipelihara dalam kandang baik untuk tujuan dipelihara atau ditangkarkan.

Anda juga bisa memberikan burung ini dengan tambahan suplemen atau vitamin sebagai sumber nutrisi disamping buah-buahan dan sayuran. Pemberian kacang-kacangan juga bisa bermanfaat tapi juga mesti diingat bahwa seekor burung nuri atau paruh bengkok yang kebanyakan diberikan kacang-kacangan atau biji-bijian yang kaya kalori seperti biji bunga matahari (kuaci) bisa menyebabkan mereka menjadi gemuk (obesitas) kecuali dibarengi dengan tingkah mereka yang bisa menghabiskan energi mereka seperti terbang dan jalan-jalan. Untuk menanmbah protein bisa diberikan keju lembut, telur rebus atau makanan olahan Egg Food.  Untuk buah sebaiknya hindari pemberian alpukat untuk burung paruh bengkok karena banyak yang menganggapnya sebagai racun untuk beberapa jenis burung.

Menangkarkan Nuri Amazon

Pada sebagian besar spesis nuri amazon ini membedakan antara burung jantan dengan burung betina adalah suatu hal yang mustahil karena mereka terlihat sama dan sulit diketahui perbedaannya. dan bagian sulit lainnya dari nuri menangkarkan burung ini adalah mencari burung yang benar-benar berjodoh , karena itulah dibutuhkan waktu yang lama untuk burung ini benar-benar mau berjodoh sebelum akhirnya bisa dikembang biakan.

Burung jantan biasanya sudah siap untuk ber-reproduksi ketika mereka sudah berumur satu tahun sementara untuk betina diperlukan waktu sekitar 3-5 tahun, bahkan burung nuri amazon yang tadinya sangat jinak pun bisa menjadi sangat agresif selama masa berkembang biaknya jadi bersiaplah menghadapi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Di dalam habitatnya mereka menggunakan paruh mereka yang kuat untuk melubangi batang pohon untuk dijadikan sebagai sarang tempatnya bertelur jadi dalam kandang penangkarannya pun anda bisa menggunakan kotak sarang ( glogok ) seperti halnya yang digunakan oleh burung paruh bengkok lainnya seperti lovebird hanya saja dalam ukuran yang lebih besar.

Burung betina akan bertelur sebanyak 2 - 4 butir telur berwarna putih dan akan mengeraminya sampai menetas selama 26 - 28 hari , dan setelah 70 - 100 hari anakannya sudah memiliki bulu yang lengkap dan siap meninggalkan sarangnya untuk mencari makannya sendiri.


Kesehatan Burung Nuri amazon

Sangat sulit untuk mendiagnosa penyakit yang sedang dialami oleh burung nuri amazon jadi disarankan untuk membawanya ke ahli burung atau dokter hewan jika burung anda terlihat sakit atau kurang sehat. 

berikut adalah tanda-tanda burung nuri amazon sedang mengalami kondisi kesehatan yang buruk:
  1. Apati
  2. Lebih banyak tidur ataupun juga kurang tidur dari biasanya
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Kehilangan berat badan
  5. Kebanyakan minum atau sedikit minum dari biasanya
  6. Mengacak-acak bulu
  7. Beristirahat dengan kepala berpaling
  8. Sering bersin bersin
  9. Keluar cairan dari lubang hidungnya
  10. Mata yang terlihat berair
  11. Perubahan bentuk dari kotorannya
  12. Burung Nuri amazon bisa terinfeksi psittacosis (demam yang sering dialami paruh bengkok) penyakit ini bisa menyebar kepada manusia.
Mengenai masalah burung paruh bengkok yang sering mencabuti bulu-buluny tidak mesti hal tersebut adalah karena kesehatannya yang buruk melainkan bisa juga menjadi sebuah tanda kebosanan atau kesepian.

Fakta menarik mengenai Nuri amazon

Tahukah anda harga burung nuri amazon di amerika serikat bisa mencapai 800 - 1600 US Dollar atau jika dikalikan dengan Rupiah yang berlaku saat ini adalah sekitar 7.680.000 - 15.360.000 Rupiah, untuk burung nuri hasil ternakan yang sudah bisa bicara harganya bisa lebih tinggi lagi.

Burung nuri amazon adalah burung yang harus selalu terkena sinar matahari, kekurangan cahaya matahari saja bisa menjadi masalah buat mereka sepreti hypcalcemia.

Bukan sesuatu hal yang biasa jika burung nuri amazon mendadak menjadi sangat berisik saat matahari terbit dan matahari terbenam.

Burung Nuri amazon bukan hanya pandai bicara bahasa manusia tapi juga pandai meniru suara burung lainnya.

Jangka hidup burung nuri amazon jika dirawat dengan baik bisa mencapai 40 - 60 tahun meski umur nya bisa relatif lebih panjang lagi yaitu hingga 119 tahun.


Semoga bermanfaat

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Masalah utama pada burung kacer

Kacer adalah burung yang paling banyak di pelihara oleh penggemar burung kicauan yang ada diseluruh indonesia selain keberadaannya yang mudah didapatkan juga harganya yang cenderung masih murah, jadi mungkin itulah sebabnya semua permasalahan mengenai ...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pemilihan dan perawatan bakalan muray batu borneo

Muray Batu asal kalimantan (Borneo) ini merupakan burung muray batu yang paling banyak terdapat di pasaran , harganya yang berbeda dengan burung sejenis asal pulau sumatera memang bisa memikat hati penggemar burung kicauan yang ingin mencoba memelihara...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Perawatan anis macan


Nama anis macan atau anis ampenan mungkin masih terdengar asing di kalangan kicau mania. tetapi kicauannya tidak jauh berbeda dengan kerabatnya yaitu anis kembang. 

Anis macan yang memiliki nama ilmiah Zoothera dohertyi ini merupakan burung endemik di kepulauan Nusa Tenggara, Sumba dan Timor, keberadaannya sudah jarang ditemui di daerah lain yang juga endemik burung ini yaitu lombok dan sumbawa, dan kemungkinan besar habitat mereka didaerah tersebut sudah hampir punah. 


Untuk saat ini habitatnya kini mulai terancam oleh perusakan hutan dan penangkapan liar, namun belum ada laporan pasti mengenai berapa jumlah populasi, dan besarnya ancaman terhadap spesis burung ini.  

Perawatan Anis Macan

Dari segi perawatan hampir rata-rata untuk burung sejenis anis ini memiliki kesamaan dalam perawatannya, baik itu anis kembang, anis merah, anis macan ataupun anis cendana dan juga jenis burung anis lainnya. 

Berikut perawatan harian untuk burung anis macan

  • Pagi hari burung diembunkan lalu diberikan cacing tanah 2 ekor saja dan jangan lupa ganti air minumnya dengan yang bersih. lalu biarkan sampai matahari mulai terbit. 
  • Mandikan burung pada pagi harinya baik dengan cara disemprot atau mandi karamba, setelah mandi burung diangin-anginkan dan diberikan lagi 1 ekor cacing tanah lalu di jemur ditempat yang terkena matahari. 
  • Berikan Jangkrik 2 ekor sewaktu burung dijemur, dan Ulat hongkong 2 ekor. 
  • Setelah penjemuran dirasa cukup antara satu hingga satu setengah jam burung kembali digantung ditempat yang sejuk. 
  • Sore hari burung diberikan jangkrik 2 ekor dan cacing 1 ekor, lalu diberi krodong. 
  • Master burung dengan suara masteran dari suara burung, kaset ataupun mp3. 
  • Malam harinya burung dibiarkan beristirahat, dan kembali di keluarkan untuk tujuan pengembunan pada pagi-pagi hari sekali.
  • Pemberian kroto bisa diberikan seminggu dua kali saja pada pagi harinya dengan porsi satu sendok teh kecil telur kroto murni. 

Memelihara burung sejenis anis macan ini sebenarnya sangat bermanfaat jika anda juga memiliki anis kembang ataupun anis merah, karena burung tersebut juga bisa digunakan sebagai pemancing untuk burung AK ataupun AM berbunyi, selain itu pemasteran antar sesama burung anis pun akan saling melengkapi. 




-->









Baca selengkapnya dijamin seru! »

Nightingale si burung penyair



Burung berbadan kecil dan memiliki suara merdu ini dikenal di Inggris sebagai burung nightingale. Di Turki dikenal dengan nama burung bulbul. Kicauanya menginspirasi banyak penulis dan penyair dunia.

Ia memiliki nama ilmiah Luscinia megarhynchos. Nightingale termasuk spesies burung migrasi dan pemakan serangga, berkembang biak di hutan dan semak belukar di Eropa dan selatan-barat Asia, namun tidak ditemukan secara alami di Amerika. Pada musim dingin Nightingale bermigrasi di selatan Afrika. Maka di Indonesia tidak terdapat burung Nightingale. Tapi ada sebagian penggemar burung berpendapat bahwa burung ketilang emas adalah nama lain dari burung bulbul.


Menurut Sir David Attenborough dalam kajian ilmiahnya menulis, burung Bulbul mampu menyanyikan 300 lagu cinta yang berbeda pada kicauannya. Burung ini mampu bernyanyi untuk pasangannya sepanjang malam.

Si burung kecil ini diberi nama Nightingales karena mereka sering bernyanyi di malam serta siang hari. Juga bernyanyi saat fajar, selama satu jam sebelum matahari terbit. Menurut catatan dilansir Wikipedia, Nightingales biasanya bernyanyi lebih keras di lingkungan perkotaan atau dekat-kota, dalam rangka untuk mengatasi kebisingan kota.

Cerita tentang burung bulbul juga banyak dikaitkan dengan kisah Kaisar Cina dan Jepang. Dalam buku berjudul Fairy Tales : “Kisah Burung Bulbul” karya Hans Christian Andersen yang diterbitkan Gramedia, diceritakan karena suaranya yang sangat merdu, burung bulbul kelabu sangat disayang kaisar Cina, biarpun penampilannya biasa saja. Saking sayangnya pada si bulbul, kaisar pun mengurungnya di istana.

Burung itu sangat sedih, tapi kaisar sama sekali tidak peduli. Ia hanya mementingkan keinginanya sendiri, yaitu bisa setiap saat mendengarkan suaranya yang merdu.

Pada suatu hari Kaisar Jepang mengirim hadiah berupa patung bulbul emas yang bisa bernyanyi sama merdunya dengan si bulbul. Semua orang mengelu-elukan patung itu, sebab ia bisa bernyanyi tanpa kenal lelah. Selain itu mereka juga kenal benar lagu yang dinyanyikan patung itu, beda dengan si burung bulbul yang menyanyikan lagu sesuai dengan kehendak hatinya.Akhirnya burung bulbul berhasil membebaskan diri dan tak lama kemudian terlupakan.

Namun ternyata burung imitasi tidak berhasil menghibur kaisar, hingga kaisar jatuh sakit dan nyaris meninggal. Untunglah burung bulbul asli lantas kembali. Ia sama sekali tidak menyimpan dendam meskipun dulu pernah dikurung dan kemudian diabaikan.

Nightingale juga dipilih menjadi simbol bagi para penyair dan penulis puisi dari berbagai usia, salah satu penyair asal Inggris yang terinspirasi oleh kicuan burung bulbul adalah George Gascoigne. Kicuan burung bulbul juga juga ditafsirkan sebagai sebagai ratapan atau suara alami yang sesungguhnya.

Coleridge dan Wordsworth, dua penyair terkenal ini berpendapat burung bulbul lebih sebagai turunan dari penciptaan puitis alami: burung bulbul menjadi suara alam.

"Seorang penyair adalah burung bulbul yang duduk dalam kegelapan malam dan bernyanyi untuk menghibur kesendirian, sendiri dengan suara manis," 

Video Nightingale


-->
berbagai sumber

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Cara Merawat Burung Tledekan Gunung

11 jenis tanaman ini untuk cegah nyamuk pengganggu burung 10

Tledekan Gunung atau sulingan adalah burung mungil bersuara nyaring dan variasi, dengan gaya ngelagunya yang khas (nagen+nyeklek) menjadikan burung tledekan banyak disukai oleh penggemar burung ocehan di sini, selain itu karakternya yang fighter membua...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Mengatasi Kacer mogok bunyi sehabis mabung

Daftar Harga burung kicauan di Jakarta dan Sekitarnya Pebruari 2015 2

Apakah anda memiliki burung kacer yang kini jadi jarang bunyi setelah selesai mabung, padahal sebelumnya burung tersebut bisa dibilang termasuk gacor atau rajin bunyi. permasalahan tersebut biasanya terjadi karena ada gangguan metabolisme dalam tubuh b...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Pakan yang cocok untuk cocktail

Pakan yang cocok untuk cocktail

Bicara tentang burung cockatiel atau palk yang lazim disebut parkit australia, ternyata masih banyak juga kicau mania yang bingung dengan makanan apa yang harus diberikan pada burung tersebut.sebagai panduan bagi anda yang berniat memiliki burung terse...

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Mengupas Burung Cililin " The Master Jambul "

Mengupas Burung Cililin " The Master Jambul " 1

Cililin disini bukanlah nama sebuah kecamatan yang ada di Bandung bagian barat tetapi Cililin disini atau Tangkar ongklet yang bahasa ilmiahnya platylophus galericulatus adalah burung yangmempunyai jambul yang khas yang kerap dipelihara untuk memaster burung kesayangannya , Burung cililin ini memiliki beberapa jenis yang tersebar di seluruh wilayah meliputi :  …

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Suara legendaris dari poksay hongkong

Suara legendaris dari poksay hongkong 1

Poksay hongkong pipi putih atau poksay tompel adalah burung yang bersuara sangat merdu , kicauannya berupa siulan namun penuh variasi , tidak seperti burung kicau lainnya yang mampu melagukan nyanyian burung lainnya , burung poksay ini melagukan nyanyiannya dengan lagu lagu siulan yang berbeda dari burung kicau lainnya  sehingga suaranya …

Baca selengkapnya dijamin seru! »

Cara mudah menjinakan burung kacer

Cara mudah menjinakan burung kacer

Banyak di antara para kicau mania merasa kesulitan mencari cara untuk menjinakkan kacer, entah itu kacer poci maupun kacer hitam. Apa sebab? Kacer-kacer tersebut biasanya Muda Hutan. Sehingga apabila perawatan awal tidak tepat sasaran, burung tersebut bukanya makin jinak malah makin giras. Sayangnya, tidak ada aturan baku dalam masalah ini. …

Baca selengkapnya dijamin seru! »
Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888