Burung indah penuh misteri dari asia tenggara ini dahulunya pernah disatukan dalam kelompok jenis burung dari jenis lainnya tetapi data DNA mengungkapkan bahwa mereka tidak terkait dengan kelompok tersebut. taxonominya pun dipecah menjadi kelompok mereka tersendiri pasilopogon pyrolophus atau barbet rumbai api ( fire-ufted barbet) spesis yang pada awalnya ditempatkan dalam keluarga Ramphastidae toucans) ini kemudian dipisahkan kedalam capitonidae bersama dengan sejumlah burung barbet lainnya tetapi kemudian berdasarkan temuan DNA baru-baru ini dipindahkan lagi ke megalaemidae salah satu barbet asia.

Barbet memakan segalanya termasuk buah-buahan, nektar dan serangga bahkan burung barbet yang berukuran besar sanggup memakan katak pohon, kadal dan bahkan burung-burung kecil.
Burung ini unik ,dengan kepalanya yang besar dan kekar dengan bulu seperti jambul yang menutupi rahang atasnya serta warna bulu yang didominasi warna hijau dan mreah, biru dan kuning pada kepalanya ini dulu sering banyak di jual oleh tukang-tukang burung asongan yang menjajakan burung nya dengan gerobak atau menggelar lapaknya dipinggir-pinggir jalan.

Burung ini lazim ditemui di indonesia, malaysia dan thailand. suaranya menurut saya cukup keras dan speednya lumayan untuk memaster burung murai batu  atau cucak hijau.

Penasaran dengan suaranya silahkan dengarkan disini:

Suara barbet 1

Suara barbet 2

Suara barbet 3

Suara barbet 4

–>

http://majalahkicau.com