Loading...
Kenari Pengetahuan Tips

Tips-Tips agar Kenari Bersuara Lebih Panjang

Kenari yang sudah siap dilombakan umumnya sangat bergantung pada kesiapan dari burung tersebut. Ketika kenari sudah berusia lebih dari 8 bulan pun sebenarnya mereka sudah siap untuk diikutsertakan dalam lomba-lomba burung. Meski begitu, tidak sedikit kicaumania yang melatih kenari mereka agar memiliki suara kicauan yang panjang, dengan tujuan agar kenari tersebut bisa moncer di lapangan. Berikut ini adalah tips-tips agar kenari bersuara lebih panjang. 

agar kenari bersuara lebih panjang

Tips-Tips agar Kenari Bersuara Lebih Panjang

Agar kenari bersuara lebih panjang, tentu mereka harus memiliki nafas yang juga panjang, sehingga pelatihan pernafasan sangat penting dan diperlukan agar kenari tersebut bisa berkicau dengan suara yang panjang. 


Melatih nafas bisa dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran yang memiliki ukuran panjang minimal 1 meter. Dalam kandang umbaran tersebut disediakan dua buah tenggeran yang dipasang dalam jarak yang berjauhan. Posisi tenggeran yang berjauhan tersebut akan membuat burung selalu terbang bolak-balik tenggerannya.  


Selain bisa melatih pernafasan, melatih kenari dalam kandang umbaran juga bisa bermanfaat untuk menjaga kondisi dan staminanya, terutama untuk mencegah kegemukan yang lazim terjadi pada burung peliharaan. 


Proses pengumbaran sebaiknya dilakukan selama 15 – 20 menit dalam waktu seminggu dua – tiga kali untuk burung yang belum pernah dilatih, dan satu – dua kali seminggu untuk burung yang rutin dilatih. 


Selain pengumbaran, kenari juga harus rutin mendapatkan pakan yang berkualitas, dan perawatan mandi dan jemurnya. Untuk penjemurannya bisa dilakukan selama 1,5 – 2 jam setiap hari, dan setelah itu diangin-anginkan sekitat 15 menit. 


Pakan tambahan (EF) yang diberikan sebaiknya pakan berupa kecambah (biji berkecambah) yang memiliki manfaat dan kandungan gizi yang tinggi, selain itu untuk sayuran hijaunya bisa diberikan EF mentimun atau daun sawi hijau. Jika kenari anda menyukai kroto, maka berikan kroto dalam bentuk kapsul (telurnya) sebanyak 1 sendok teh kecil setiap 2 hari sekali atau alternatfnya adalah telur puyuh rebus yang diberikan 2 kali seminggu. 

Trending artikel yang sedang hits:
  1. agar kenari bersuara panjang
  2. cara melatih kenari bersuara panjang
  3. agar kenari bunyi panjang
  4. agar suara kenari panjang
  5. cara membuat kenari bersuara panjang
  6. cara kenari suara panjang
  7. Melatih kenari suara panjang
  8. cara membuat kenari bunyi panjang
  9. cara agar kenari bersuara panjang
  10. cara membuat kenari suara panjang

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment