Home / Perawatan / Tips Sangkar Burung Ciblek yang bagus, Serta Minimalis

Tips Sangkar Burung Ciblek yang bagus, Serta Minimalis

Perawatan burung ini cenderung lebih mudah dibandingkan dengan burung kicau lainnya di karenakan ukuran tubuhnya yang kecil sehingga tak membutuhkan sangkar dalam ukuran besar. Waktu demikian, bila kalian ingin mempunyai burung dengan kualitas yang bagus, terutama dalam stamina dan kemampuan fisik, kalian Bisa membuatkan sangkar yang lebih besar untuknya.

Namun untuk kalian yang cenderung memakai sangkar harian, sebenarnya ukuran untuk sangkar Ciblek yang ideal atau minimal merupakan 20 x 25 x 60 Cm. Ukuran tersebut memang tergolong kecil di karenakan burung ini juga berukuran tak terlalu besar.

sangkar ciblek

Beberapa perlengkapan di sangkar yang sebaiknya kalian sediakan diantaranya merupakan, tempat makan dan minum, setelah itu jangan lupa untuk menempatkan tenggeran.

tak ada kebutuhan Eksklusif untuk sangkar burung jenis ini, bagus itu pengkrodongan ataupun yang lainnya. Kerodongan biasanya hanya diberikan di waktu petang atau di waktu malam untuk melindungi burung dari hawa dingin, dari pemangsa, atau dari nyamuk. Sedangkan di siang hari, atau setelah burung dimandikan dan diberi makan biasanya dibiarkan begitu aja tanpa dikerodong.
Ada bermacam-macam sangkar untuk jenis burung ini yang Bisa kita temukan dengan mudah di toko burung ataupun di spesialis pembuat sangkar.

Sangkar yang terbuat dari Ebonit jati misalnya dengan beberapa ukiran harganya berada di kisaran Rp. 400 ribuan. Di beberapa tempat misalnya di Yogjakarta, spesialis pembuat sangkar ada yang membuat sangkar sangat unik dan bagus dihargai sekitar 2 juta hingga 3 juta rupiah. Walau demikian, semua kembali kepada kalian sebagai pemiliknya. Sangkar sederhana atau sangkar yang bagus tergantung dari hobi, budget dan kebutuhan.

Namun untuk kalian yang ingin berternak, sebaiknya menyediakan sangkar dalam ukuran yang lebih besar di karenakan akan ditempati oleh 2 ekor burung.

Ukuran ideal untuk sangkar berternak tentunya lebih besar berkisar antara 35 X 35 x 60 Cm. Di dalam sangkar sebaiknya disediakan juga sarang untuk tempat bertelur.

Perawatan Sangkar
Dalam merawat sangkar, caranya hampir sama dengan cara merawat sangkar burung yang lain, mulai dari, rutin membersihkan alasnya, setelah itu rutin mengganti air dan makanan.
Selebihnya sangkar Bisa digantungkan di tempat yang tak terlalu terang dan dimasukkan atau dikerodong di malam hari.
demikian kami akhiri artikel kali ini mengenai sangkar ciblek, semoga informasi ini Bisa bermanfaat buat sobat ciblek mania. Buat sobat yang ingin tahu lebih banyak varian burung ciblek, maka baca Disorientasi satu artikel sebelumnya mengenai ciblek putih.

Trending artikel yang sedang hits:
  1. gambar sikatan londo dalam sangkar
Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888