Loading...
Pengetahuan

TIPS MERAWAT BURUNG MURAI BATU

Salah satu jenis burung mahal dan mempunyai suara merdu adalah burungmurai batu. Tentu dengan harga yang mahal kita tidak ingin membuat burung kita jadi bisu atau salah dalam perawatannya. Nah kali ini kita akan memberikan tips merawat burung murai batu

  • Pemberian makanan tambahan
Pemberian makanan tambahan seperti jangkrik, kroto, ulat dan juga belalang kecil dipercaya mampu merangsang murai batu untuk cepat berkicau.
  •     Memandikan murai batu
Mandikanlah murai batu setiap pagi hari agar burung tetap terlihat segar dan juga bebas dari kotoran penyebab penyakit. Cara memandikan murai batu dapat dilakukand engan sistem karamba maupun dengan menyemprotkan air menggunakan semprotan burung. setelah burng dimandikan, letakan didepan rumah untuk diangin-anginkan agar bulu murai batu yang tadinya basah bisa cepat kering.
  •     Lakukan penjemuran
Selain dimandikan, murai batu juga perlu dijemur di pagi hari agar terkena sinar matahari pagi yang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Penjemuran dapat dilakukan saat pagi hari sekitar pukul 8 hingga 10 pagi. Saat murai batu dijemur, usahakan tidak ada murai batu lain di sekitar tempat penjemuran.
  •     Masteran dengan burung yang memiliki suara bagus
Masteran merupakan cara yang dilakukan agar burung yang dimaster menirukan suara burung master atau agar si burung mau berkicau untuk menyaingi burung master. Untuk melakukan cara ini, kalian dapat menggunakan burung-burung yang memang sudah mempunyai suara bagus maupun menggunakan media lain seperti suara burung dari mp3. Burung yang biasanya digunakan sebagai burung master adalah burung yang berukuran kecil namun memiliki suara yang bagus atau para pecinta burung sering menyebutnya gacor seperti burung  kenari, lovebird, kacer dan beberapa jenis burung lainnya yang mempunyai suara merdu. Dengan mendengarkan suara dari burung-burung tersebut, murai batu akan terangsang untuk menyaingi kicauan burung tersebut.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment