Loading...
Anis Tips

Tips mengatasi anis merah yang hyperaktif

anis merah 1Anis merah yang cenderung galak dan terlalu aktif (hyperaktif) adalah tanda-tanda dari burung yang sedang mengalami kondisi OB atau over birahi. Jika burung anis merah itu sering dilombakan maka segeralah atasi kondisi over birahinya itu karena bisa mengurangi penampilan mereka. 

Untuk mengatasi anis merah yang over birahi bisa dilakukan dengan mengurangi pakan tambahan atau EF yang selama ini sering diberikan dalam rawatan hariannya, misalnya jangkrik hanya diberikan satu ekor saja pada pagi dan sore hari sedangkan cacing tanah diberikan dua – tiga kali dalam satu minggu. 

Selain dari pengaturan pakan, burung juga rutin diberikan pengembungan yang dilakukan antara pukul 05:00 – 05:30 pagi, dan memandikan burung anis merah tersebut selama tiga kali sehari dan penjemuran hanya dilakukan selama 30 menit saja, dan selama itu pula burung sebaiknya dipisahkan dari keberadaan burung lain yang bisa merangsang burung untuk selalu birahi. 

Dengan perawatan yang teratur maka burung anis merah yang kembali normal seperti sedia kala.

Semoga bermanfaat

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment