Loading...
Pengetahuan

Tips memilih kenari bakalan berkualitas

Kenari menjadi salah satu jenis burung peliharaan yang sangat populer di Indonesia. Burung ini banyak dipelihara selain untuk didengarkan suara kicauannya juga banyak dilombakan.

Setiap tahunnya, penggemar kenari terus bertambah dan seiring dengan hal tersebut, di pasaran semakin banyak ditemukan kenari bakalan dengan harga yang cukup terjangkau.

Berikut bagaimana memilih memilih kenari bakalan berkualitas.

Banyak kicaumania beranggapan bahwa memilih kenari bakalan yang baik bisa diperhatikan dari beberapa ciri-ciri, yaitu sebagai berikut:

Cari yang mempunyai bentuk paruh tebal.
Kenari dengan paruh yang tebal diyakini bakal memiliki suara kicauan yang lebih keras, jenis kenari ini cukup diminati karena banyak dilombakan. Selain itu, pilih kenari yang memiliki suara panggilan yang lebih kencang dari kenari lainnya.

Mata yang bulat , besar, dan tampak bersinar.
Mata yang bulat dan bersinar adalah ciri-ciri burung kenari yang aktif dan sehat, selain itu tidak terserang snot yang bisa terjadi pada burung kenari.

Warna bulu cerah.
Warna bulu cerah menandakan bahwa burung tersebut sangat menjaga kesehatannya, selain itu juga menjadi hal yang bisa menentukan umur dari kenari tersebut. Karena kenari dengan bulu warna cerah biasanya sudah berusia lebih tua dari kenari yang lainnya.

Warna kaki dan kiri sama.
Banyak kalangan beranggapakan kenari yang memiliki dua buah kaki berwarna sama atau seimbang maka artinya kenari tersebut lebih mudah gacornya, dan juga bakal memiliki mental yang lebih baik.

Bulu sekitar kloaka yang bersih tanpa ada kotoran menempel.
Kenari dengan kotoran yang masih menempel pada bagian dubur atau kloakanya menandakan bahwa kenari tersebut sedang mengalami masalah pencernaan, sehingga tidak dianjurkan membeli kenari bakalan dalam kondisi tersebut. 

memilih kenari bakalan berkualitas

Itulah beberapa tips bagaimana memilih kenari bakalan berkualitas, agar kelak kenari tersebut menjadi kenari yang bagus dan siap lomba.

Semoga manfaat

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment