Tips Memilih Anakan Murai Batu Berkwalitas

Posted on

Tips Memilih Anakan Murai Batu Berkwalitas

Master Ngekek – Murai Batu merupakan salah satu burung berkicau yang memiliki suara bagus. Maka, murai batu tidak asing lagi bagi pecinta burung atau kicau mania. Tidak sedikit pecinta burung memiliki burung murai batu. Selain memiliki suara yang bagus, murai batu diminati pecinta curung untuk diikut sertakan dalam lomba burung berkicau. Selain burung lovebird, murai batu merupakan burung prioritas dalam ajang perlombaan burung berkicau.

Bagi para master kicau mania khusus nya murai batu, sangat lah mudah mengenali burung murai batu anakan yang memiliki kwalitas baik. Namun bagi para pemula, memilih murai batu anakan yang berkwalitas baik sangat lah membingungkan

Kali ini saya akan berbagi tips mengenali anakan murai batu yang memiliki masa depan cerah. Sebelum membeli murai batu, alangkah baik nya kita mengenali ciri-ciri murai batu berkwalitas baik fisik maupun vokal.

Murai batu trotol

Ciri-ciri murai batu anakan berkwalitas super yaitu sebagai berikut:

Mata – Pilihlah anakan murai batu yang memiliki bentuk mata bulat dan melotot. Murai batu yang memiliki mata besar dan melotot, mempunyai mental kuat dan galah. Sehingga bisa diikut sertakan dalam perlombaan nantinya.

Leher – Pilih burung murai batu anakan dengan ciri leher panjang. Biasanya burung murai batu yang memiliki leher panjang, akan menghasilkan suara yang panjang juga. Selain itu burung murai batu akan terlihat galak dan gagah pada saat bertemu lawan.

Kepala – Burung murai batu pada umumnya memiliki kepala yang bulat. Tetapi anakan murai batu yang memiliki kwalitas baik adalah yang memiliki bentuk kepala yang agak rata/papak. Ini merupakan ciri khas murai batu yang memiliki jiwa tarung baik.

Paruh – Pilihlah murai batu anakan yang memiliki bentuk paruh agak panjang dan tidak terlalu tebal. Murai batu yang memiliki ciri seperti ini, biasanya mempunyai kwalitas vokal yang Keras dan tajam.

Baca Juga : Cara AmpuhMurai Batu Bongkar Isian Saat Lomba

Bentuk Tubuh – Perlu juga kita perhatikan burung murai batu anakan yang memiliki ukuran yang besar dan panjang. Selain memiliki mental yang bagus, postur badan yang besar dan panjang juga mempengaruhi volume vokal burung itu sendiri.

Kaki – Kebanyakan burung murai batu memiliki warna kaki putih, kemerahan atau kekuningan. Carilah murai batu yang memiliki warna kaki kehitaman. Karna burung murai batu yang memiliki warna kaki kehitaman, jiwa petarungnya lebih bagus dari pada murai batu yang memiliki warna lain. perlu juga kita perhatikan kesehatan kaki dan tidak memiliki cacat atau luka.

Ekor – Memilih murai batu baik tidak lah diharuskan burung yang memiliki ekor panjang. Yang perlu diperhatikan adalah bentuk ekor. Janganlah memilih murai batu yang tercabut ekor nya, karna ini bisa mempengaruhi mental burung itu sendiri.

Demikin tips memilik anakan murai batu berkwalitas. Semiga bermanfaat terima kasih.

Loading...