Tips Memelihara Burung Kakak Tua Agar Nyaring dan Mudah Dipelihara

Home | Burung Kakatua | Tips Memelihara Burung Kakak Tua Agar Nyaring dan Mudah Dipelihara

Burung kakak tua jambul kuning yang memiliki nama ilmiah Cacatua Sulphurea dari Indonesia diindikasikan terancam punah. Hal ini dikarenakan burung kakak tua jambul kuning diperdagangkan di banyak tempat di Jawa dan Bali.

Burung ini termasuk jenis burung yang pintar. Kakak tua jambul kuning mampu menirukan gaya dan bicara yang anda ajarkan. Kakak tua jambul kuning juga sebagai hewan peliharaan.

Namun memelihara burung ini memerlukan perhatian dan perlakuan khusus. Tips memelihara burung kakak tua agar nyaring dan mudah dipelihara

regional.kompas.com

Burung kakak tua jambul kuning adalah salah satu burung yang sangat cantik dan menawan. Selain itu, burung ini juga sangat pintar dan mudah diajarkan berbagai gaya dan berbicara.

Sehingga banyak orang yang minat memeliharanya di rumah. Spesies burung kakak tua jambul kuning masih dibilang langka. Burung kakak tua jambul kuning memiliki bulu yang indah dan halus.

Selain itu, suaranya juga nyaring sehingga menarik banyak orang untuk memeliharanya. Burung ini biasa hidup berpasangan atau berkelompok dalam jumlah sedikit.

Jika anda ingin memelihara burung kakak tua jambul kuning, ketahui dahulu tips agar burung tersebut dapat hidup dengan baik. Kebanyakan orang memelihara burung ini karena hobi.

Namun cara perawatannya terkadang belum tepat. Sebaiknya memelihara binatang anda harus tahu tips perawatannya dahulu. Selain itu, anda juga harus tahu ciri-ciri burung ini.

Burung jenis ini memiliki corak kelopak mata biru. Bulunya putih dengan ciri khas pada kelopak mata dan berat badannya.

Kakak tua jambul kuning besar kelopak matanya biru dengan berat 800 gram. Burung yang berusia medium memiliki kelopak mata putih dengan berat 450-800 gram.

Sedangkan yang masih kecil memiliki kelopak yang sama-sama putih, namun warna pipinya agak kekuningan. Kakak tua kecil memiliki berat 450 gram.

Burung kakak tua jambul kuning perlu perawatan khusus. Setiap burung memiliki ciri khas masing-masing sehingga perawatannya juga berbeda. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memelihara burung kakak tua jambul kuning.

Cara ini dapat anda lakukan untuk menjaga dan memeliharanya di rumah. Jika melakukan perawatan dengan benar, maka burung akan sehat dan hidup lebih baik.

Kandang dari bahan besi dapat anda gunakan untuk burung kakak tua. Bahan ini dapat dijadikan tenggeran khusus paruh bengkok. Namun jangan terlalu sering menempatkan burung ini di tempat besi karena dapat menghalangi pergerakannya.

Tempatkan kakak tua pada tenggeran khusus beberapa kali saja dalam seminggu. Hal ini juga dapat membuat burung lebih mudah berinteraksi dengan pemiliknya. Sehingga hal ini dapat menciptakan ikatan batin antara pemilik agar lebih setia.

Agar burung kakak tua jambul kuning yang anda pelihara dapat jinak beri makanan yang tepat. Burung yang bertubuh besar ini memiliki porsi makan yang banyak.

Beri makanan yang cukup untuk burung kakak tua agar kebutuhannya terpenuhi. Anda dapat beri makan biji-bijian, kacang, atau buah-buahan. Beri beberapa jenis makanan itu agar pertumbuhan burung kakak tua dapat sempurna.

Hindari pemberian buah alpukat karena dapat menimbulkan keracunan terhadap burung kakak tua jambul kuning.

Tips mudah menjinakan kakak tua jambul kuning selanjutnya adalah memandikan. Penting bagi anda pemilik burung kakak tua jambul kuning memandikan secara rutin.

Usahakan mandikan secara rutin minimal sekali dalam seminggu. Saat memandikan, gunakan air mengalir atau merendam dalam wadah.

Hal ini bertujuan agar debu pada bagian sayap dapat hilang. Saat memandikan dengan air pancuran, gunakan tangan untuk menahan semprotan air atau gunakan selang yang diberi spray head. Gunakan air hangat agar burung tidak merasa kedinginan.

Saat anda ingin memutuskan memelihara burung kakak tua jambul kuning, pilih yang masih muda. Jika anda memilih burung dari penangkaran akan membuat anda lebih mudah menjinakkannya.

Pastikan juga burung yang anda pelihara tidak memiliki cacat. Jika burung dalam keadaan sehat, anda tidak perlu memberikan perawatan yang khusus. Tips memelihara burung kakak tua agar nyaring dan mudah dipelihara perlu dilakukan.

initu.id

Memelihara burung kakak tua jambul kuning, usahakan jangan satu ekor. Hal ini dapat membuat burung tidak merasa kesepian. Saat anda tidak memiliki waktu luang untuk bermain maka mereka dapat bermain bersama.

Jenis burung ini merupakan burung yang suka bermain sehingga usahakan memelihara lebih dari satu agar burung tidak kesepian.

Agar burung kakak tua jambul kuning dapat jinak, usahakan melatihnya sesering mungkin. Melatih dengan bantuan waktu merupakan cara yang tepat untuk dilakukan.

Sebagai contoh, anda dapat lakukan setiap matahari terbit, biasakan ucapkan selamat pagi. Ucapkan kata tersebut secara terus menerus selama 1 jam. Sedangkan jika saat matahari sedang terik ajarkan kata selamat siang.

Jika waktu matahari akan terbenam, ajarkan juga kata selamat malam. Lakukan hal tersebut secara rutin hingga burung kakaktua jambul kuning terbiasa mengucapkan kata-kata tersebut.

Selain itu, anda dapat menjinakkan burung kakak tua dengan selalu berkomunikasi. Hal ini bertujuan agar burung tersebut mengetahui jika andalah pemiliknya.

Saat anda berkomunikasi dengan burung kakaktua cukup ikat saja kakinya di tenggeran. Dengan itu, diharapkan interaksi akan lebih maksimal dan merasa lebih dekat dengan anda. Berikan makan saat burung hendak menyahut bicara dengan anda.

Langkah selanjutnya lakukan pelatihan tersebut di tempat yang tenang. Saat anda memberi makan, ucapkan juga kata ayo makan agar burung terbiasa. Usahakan beri makan saat ia berhasil melakukan apa yang anda suruh.

Tips memelihara burung kakak tua agar nyaring dan mudah dipelihara. Gunakan tips diatas agar burung yang anda pelihara dapat berinteraksi baik dengan anda.

Memelihara burung dengan baik akan membantu mengurangi kepunahan. Karena dilihat dari jenisnya saat ini burung kakak tua jambul kuning sudah langka.

About dr.gaplek

Check Also

Setia Sampai Mati, Ini Beberapa Fakta Unik Lovebird yang Bikin Terharu

Home | Burung Lovebird | Setia Sampai Mati, Ini Beberapa Fakta Unik Lovebird yang Bikin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *