Loading...
Lovebird

Tips Memaster Lovebird Supaya Ngekek Panjang

Para pemain lovebird pasti menginginkan burung kesayangannya bisa ngekek panjang, salah satu cara yang sering dilakukan adalah memaster lovebird. Yang paling bagus Pemasteran dilakukannya sejak lovebird masih anakan. Pada kesempatan ini kami akan membagikan Cara Memaster Lovebird Agar Ngekek Panjang.

Cara Tepat Memaster Lovebird

Cara Tepat Memaster Lovebird

Tips Memaster Lovebird:

Yang sering dilakukan oleh para master lovebird untuk mendapatkan jagoan di lapangan biasa memaster anakan lovebird trah ngekek panjang sejak anakan menetas. Dalam hal ini, dia menggunakan lovebird bersuara panjang (durasi minimal 25-30 detik) sebagai burung master. Tidak hanya bersuara panjang, burung master juga harus rajin bunyi.

Burung master kita tempelkan di dekat gelodok atau sarang anakan lovebird yang baru menetas. Tetapi induk yang sedang bawa anak jangan sampai melihat burung master. Dengan demikian, antara burung induk dan burung master tidak saling tempur.

Burung master ditempel sejak pagi dan sore hari. Adapun petang, malam, hingga dinihari, sang master harus beristirahat. Namun, anakan lovebird tetap harus sering mendengar suara masteran. Karena itu, banyak para mater lovebird mensiyasatinya dengan audio mp3 berisi rekaman suara lovebird ngekek panjang.

Suara rekaman ini biasa saya perdengarkan kepada anakan lovebird sejak jam enam petang hingga jam tujuh pagi. Jadi, sambil istirahat, anakan lovebird tetap diperdengarkan audio rekaman suara lovebird ngekek panjang, yang disetel dengan volume sayup-sayup dan jangan sampai mengagetkan.

Setelah anakan keluar dari gelodok, burung master tetap didekatkan dengan kandangnya. Diusahakan agar burung master yang digunakan tetap, jangan gonta-ganti, karena bisa membingungkan anakan yang sedang dimaster. Begitu pula pemasteran pada petang dan malam hari, menggunakan audio mp3 yang sama.

Apabila anakan lovebird sudah mampu keluar dari gelodok, Anda bisa menambah jenis burung master. Anda juga bisa menggunakan suara burung parkit untuk menghasilkan lovebird dengan suara kasar saat di lapangan. Suara walang atau belalang kecrek juga bagus dijadikan masteran, karena memiliki frekuensi suara yang tinggi sehingga nadanya akan memekakkan telinga jika tonjolan ini di keluarkan lovebird di lapangan akan kerap mengundang perhatian juri lomba.

Ciri-ciri lovebird yang baik:

  • Kepala proposional: Antara bagian kepala dan leher tidak terlalu bulat dan tidak terlalu oval.
  • Paruh lancip atau mancung ke depan, dan tidak “gajah”. Gajah adalah istilah dimana sisi paruh yang satu tidak sama panjangnya dengan sisi paruh yang satunya lagi.
  • Kedua kaki harus tegap dan tinggi.
  • Ujung sayap yang satu menyilang dengan ujung sayap satunya lagi.
  • Hal ini menandakan burung dalam kondisi fit dan sehat.
  • Dada bidang dan tegap.
Trending artikel yang sedang hits:
  1. burung lovebird ngekek buka sayap
  2. Ciri2 Lovebird
  3. labet pil

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment