Tips Lengkap Cara Merawat Tengkek Buto Anakan Agar Gacor

Cara merawat tengkek buto anakan wajib dilakukan agar kicauannya semakin meningkat. Burung tengkek buto banyak digunakan sebagai masteran burung kicauan.

Biasanya burung ini digunakan untuk masteran burung seperti murai batu, lovebird, cucak hijau dan yang lainnya. Meski sering digunakan sebagai masteran, namun perawatannya juga perlu dijaga. Harga burung ini relatif masih tinggi termasuk anakan.

Apalagi bagi burung tengkek buto yang sudah memiliki gacoran dan biasa makan voer harganya cukup tinggi. Persaingan yang cukup sulit di area lomba burung kicauan membuat kicaumania tidak mau kalah.

Biasanya kicau mania memburu burung masteran untuk membantunya. Salah satu yang banyak digunakan adalah burung tengkek buto.

Tips Lengkap Cara Merawat Tengkek Buto Anakan Agar Gacor youtube.com

Burung tengkek buto masuk dalam jenis burung masteran yang banyak dicari. Burung ini digunakan untuk isian burung murai batu. Burung tengkek buto memiliki performa yang cukup bagus.

Kicauannya mampu dilakukan pagi hari hingga malam. Sehingga burung ini sangat tepat digunakan sebagai burung masteran. Karena harga tengkek buto relatif cukup mahal, maka sebaiknya membeli dan memelihara dari anakan.

Ada cara yang perlu diperhatikan dalam merawat tengkek buto anakan. Merawat tengkek buto anakan perlu dilakukan dengan cara khusus. Burung ini tidak bisa dirawat sembarangan.

Anda bisa merawatnya dengan baik dan benar agar mendapatkan hasil kicauan yang gacor. Anakan tengkek buto bisa diletakkan di wadah plastik dengan serutan kayu untuk menghangatkan badan.

Setelah beranjak dewasa, anda bisa gunakan kandang bulat untuk memindahkannya. Namun, biasanya anakan tengkek buto akan mengalami stress jika dipindahkan.

Oleh karena itu, anda harus berhati-hati saat memindahnya. Dari segi makannya, anda perlu melolohkan satu per satu makanan ke dalam mulutnya. 

Perawatan anakan tengkek buto bisa dilakukan sendiri. Asalkan anda lakukan dengan teliti dan cermat. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan dalam merawat burung tengkek buto anakan. Diantaranya:

Tengkek buto anakan pasti belum bisa makan voer sendiri. Terkadang  anakan burung bisa tersedak ketika makan voer.

Anda bisa berikan voer pada tengkek buto anakan dengan cara melembutkannya. Jika sudah dilembutkan, campur dengan sedikit air. Bentuk bulat voer tersebut dan lolohkan pada burung.

Biasanya burung ini memang banyak konsumsi jangkrik agar rajin berkicau. Namun, untuk anakan tengkek buto sebaiknya berikan jangkrik dengan membasahinya agar burung tidak kesakitan. Pemberian dengan cara ini juga dapat bermanfaat agar burung tidak dehidrasi.

Penjemuran biasa dilakukan bagi semua jenis burung kicauan. Hanya saja, lama penjemuran burung anakan dan burung dewasa berbeda.

Anda bisa lakukan penjemuran pada burung tengkek buto anakan kurang lebih 5-10 menit saja. Lakukan pagi-pagi sekali setelah matahari terbit.

Sangkar adalah tempat dimana setiap burung tinggal. Sangkar berperan penting dalam kenyamanan yang dirasakan burung.

Oleh karena itu, agar burung selalu nyaman dan sehat pastikan sangkar selalu bersih. Bersihkan setiap hari dan ganti selalu makan dan minumnya.

Bagi sangkar burung anakan sebaiknya anda ganti secara rutin serbuk kayu atau daun kering sebagai alasnya.

Burung tengkek buto biasa digunakan sebagai master burung kicauan. Karena harganya cukup tinggi sebaiknya anda beli anakan tengkek buto saja.

Gunakan cara merawat tengkek buto anakan dengan tepat untuk mendapatkan hasil yang bagus untuk master burung kicauan.

About dr.gaplek

Check Also

Jual Burung Jalak Hongkong, Poksay Hongkong & Wambi Hwamei

Poksay Hongkong 01. Remaja, usia sekitar 7 – 8 bulanan.Sudah selesai ganti bulu yang pertama.02. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *