Loading...
Pengetahuan

Ternyata burung gunakan kepalanya untuk mendengar

burung gunakan kepalanya untuk mendengar

burung gunakan kepalanya untuk mendengar

Burung memiliki kemampuan untuk mendengar aneka suara, meskipun mereka tidak memiliki telinga luar sebagaimana hewan mamalia. Bahkan mereka mampu mengenali dari mana sumber suara tersebut berasal. 

Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Technische Universitat Muenchen (TUM) di Jerman, mereka menemukan bahwa burung mampu mengetahui langsung sumber suara dengan menggunakan seluruh kepalanya yang berfungsi sebagai kuping raksasa. 

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan menganalisa gendang telinga dari bebek, gagak, dan ayam serta mengukur volume suara yang melanda gendang telinga pada sudut yang berbeda. 

Hasil penelitian yang telah diterbitkan di Journal Plos One, menemukan bahwa suara pantulan dari gendang telinga di sisi kiri dan kanan dari kepala burung ternyata memiliki frekuensi yang berbada, dan frekuensi tersebut bervariasi tergantung pada arah mana suara tersebut berasal. 

Hal tersebut menunjukkan bahwa otak burung akan memproses perbedaan frekuensi antara telinga untuk menentukan darimana suara berasal dan hal itu berkaitan langsung dengan pandangan mata burung.

Demikian pula yang terjadi pada mamalia yang mempunyai telinga luar atau kuping yang membantu mereka menentukan lokasi asal suara. 
 

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment