Loading...
Pengetahuan

Teknik pemasteran menggunakan MP3 untuk burung peliharaan

soundSelain pemasteran dengan menggunakan burung masteran, melatih burung dengan suara kicauan juga bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat audio player seperti pemutar CD atau MP3. Namun sebelum memulai pemasteran menggunakan media tersebut ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut agar hasil pemasteran bisa diterima dengan baik oleh burung yang sedang dilatih

Suara rekaman burung yang digunakan untuk memaster burung peliharaan mempunyai frekuensi suara yang berbeda dari suara burung aslinya, selain itu kemungkinan adanya noise dan suara-suara lain yang terdapat dalam suara tersebut bisa menjadi masalah bagi burung yang mendengarkannya. 

Suara noise misalnya, umumnya burung akan merasa sangat terganggu ketika mendengar suara rekaman / suara masteran dengan tingkat noise yang cukup tinggi. Suara noise ini berupa suara mendesis yang muncul dari awal hingga akhir pemutaran. Nah kalau mendengar suara noisenya saja burung sudah merasa tidak nyaman, bagaimana burung bisa fokus dengan suara masterannya? 

Frekuensi suara yang berbeda pun bisa menjadi masalah dalam pemasterannya, alhasil ketika burung terus menerus dimaster dengan suara masteran yang mempunyai frekuensi yang berbeda dari suara asli hasilnya burung tersebut akan mempunyai suara isian dengan gaya lagu yang buruk dibanding pemasteran dengan menggunakan burung masteran. 

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, ada baiknya sebelum memutarkan suara masteran tersebut pada burung anda terlebih dahulu melakukan sedikit perubahan pada file audio tersebut dengan menggunakan software audio editing seperti Cool Edit, Audacity, Wavepad, dan sebagainya. 

Lakukan perubahan dengan menghilangkan noise dan menormalisasi suara masteran agar bisa nyaman didengar oleh burung. 

Selain itu, siapkan pula beberapa perangkat khusus untuk pemasteran misalnya speaker yang memiliki impedansi 4 – 8 ohm, pemutar mp3 baik menggunakan HP atau audio player, dan yang terpenting adalah jika perangkat audio anda mempunyai Graphic Equalizer, maka atur setingannya menjadi Flat. 

Setelah semua sudah dilakukan, kini anda siap memaster burung kesayangan anda. 

Semoga manfaat

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment