Loading...
Pengetahuan

Tanda-tanda burung kekurangan vitamin E

burung kurang vitaminVitamin E sangat dibutuhkan oleh burung peliharaan karena mengandung antioksidan yang berguna mencegah masuknya bahan kimia dalam tubuh  dan mencegah terjadinya kerusakkan sel-sel tubuh. Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan distrofi otot dan gangguan kesehatan lainnya.

Gejala kekurangan vitamin E

Burung yang mengalami defisiensi vitamin E akan mengalami tubuh yang mudah lemah atau kurang semangat,  terjadinya gangguan pada sistem saraf, gangguan dalam peredaran darah, anemia, dan gangguan otot yang bisa memicu kelumpuhan dan ketidakseimbangan. 

Sumber-sumber vitamin E 

Vitamin E bisa ditemukan dalam biji-bijian, beberapa jenis sereal, dan sayuran segar yang berwarna hijau seperti bayam dan kangkung. Juga ditemukan dalam minyak safflower, plum kering, asparagus, brokol, ubi jalar, kuaci, canary seed, dan roti gandum.

Namun perlu diperhatikan bahwa pemberian minyak ikan cod yang berlebihan ketika digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D3 bisa menyebabkan gangguan karena minyak cod akan mengoksidasi vitamin E yang terdapat dalam tubuh burung. 

Semoga manfaat

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment