Loading...
Perawatan

Suara, Harga dan Sifat Burung SIrtu Lengkap

Sirtu / Cipoh – Burung kecil ini mempunyai warna bulu yang unik dan bentuk yang lucu. Bagus untuk burung peliharaan. Tak hanya Estetika tubuhnya akan tetapi juga suara yang ia kicaukan. Sekilas burung sirtu hampir mirip dengan burung decu. mempunyai warna kuning kehijauan, ukuran tubuh tak begitu besar. Orang yang tak tahu burung pun, pasti akan menyukainya di karenakan memang mempunyai warna bulu yang sangat indah. Ada beberapa jenis dari burung ini. Untuk lebih jelasnya kita bahas semuanya disini.

Warna bulunya hijau kekuningan dan ukuran tubuhnya kecil. Ada sedikit warna hitam dan putih di bulunya. Banyak di temukan di daerah asia tenggara, jawa, sumatra dan kalimantan. Burung jantan dan betina agak sulit untuk dibedakan. di karenakan memang bentuknya yang sangat mirip. Untuk jantan mempunyai warna bulu yang lebih terang dibandingkan warna bulu di betina. Sorot matanya pun lebih tajam. di bulu dadanya lebih merekah, menunjukkan suatu kejantanan. Bagian ekornya juga lebih panjang. Dari segi suara, lebih nyaring, tegas dan bervariasi.



Burung ini tak begitu menyukai daerah yang begitu lebat. Bahkan saat bersarang lebih suka di pinggiran hutan. Diatas cabang pohon yang rendah. Di alam bebas, burung ini sering terlihat berkumpul di semak-semak untuk mencari serangga. Terkadang juga di pohon yang rendah. Saling berkicau dan bersautan satu sama lain membuat suara yang lebih merdu dan menggema. Kemampuannya untuk menirukan suara burung lain tak begitu bagus, tapi Bisa menirukan suara burung sri gunting dan kutilang dengan bagus. Musim kawinnya sekitar bulan maret hingga juni. di saat musim kawin, jantan akan berakrobatik untuk menarik burung betina. Burung ini termasuk burung yang pendiam dan pemalu.

Makanan Burung Sirtu



Kroto sebagai Disorientasi satu pakan terbaik untuk burung sirtu



Makanan burung sirtu di alam bebas, biasanya nektar bunga, biji-bijian dan serangga. kalian juga Bisa membagikan laba-laba, semut, telur serangga, dan ulat daun. Supaya bunyinya semakin bagus, Bisa diberikan 1 sendok voer di pagi dan sore hari. Jangkrik 2 ekor. kalian juga Bisa membagikan kroto untuk membuat suaranya semakin nyaring. Jangan hanya memikirkan makanan, perawatan lainnya juga wajib diberikan. Seperti memyemprotkan kandang, berjemur dan lainnya.


Suara Burung Sirtu
Suaranya sangat merdu dan nyaring. Apalagi saat musim kawin. Suara yang dikeluarkan akan lebih nyaring. Terutama untuk yang jantan. Hal ini dilakukan supaya Bisa menarik burung betina. saat berkumpul, burung ini juga akan terus saling bersautan satu sama lain. Mengeluarkan kicauan yang indah, merdu dan nyaring. Silahkan dengar suara burung sirtu dibawah ini.


saat berkicau kepalanya akan sedikit tegak. Untuk burung jantan, di bagian bulu dadanya juga sedikit mekar. Bahkan mereka Bisa berarkobratik dan menggoyang-goyangkan tubuhnya. Untuk betina memang lebih kalem dan pendiam. Tapi tetap mempunyai suara yang nyaring dan tak setegas burung yang jantan.


Estetika Fisik Burung Sirtu
Burung ini memang sangat indah. Apalagi untuk yang jantan. Ukurannya hanya sekitar 13 cm aja. Ukuran tubuhnya memang mungil. mempunyai bulu hijau kekuningan yang begitu indah. Untuk yang jantan lebih cerah dan betina lebih kusam. Di kepakkan sayapnya ada warna hitam dan putih. di ekornya juga berwarna hitam. Paruh kecil dan berwarna hitam. saat musim kawin warnanya akan lebih cerah dan bersinar. Apalagi bila kalian merawatnya dengan bagus. Akan mempunyai warna bulu yang lebih indah.


Harga Burung Sirtu
Harga burung ini juga sangat terjangkau. saat melihat fisiknya mungkin kalian berpikir harganya diatas 500 ribu. Tapi ternyata burung ini mempunyai harga yang sangat murah. Untuk yang masih bakalan hanya sekitar rp 30.000 hingga Rp 50.000 aja. Untuk yang sudah dewasa sekitar Rp 150.000 hingga Rp 0.000. bila suaranya sudah gacor mempunyai harga yang lebih mahal. Apalagi sudah sering menang lomba


Untuk mendapatkan warna bulu yang Higienis dan suara yang lebih nyaring. kalian wajib Bisa merawat burung sirtu dengan bagus. Berikan makanan yang tepat. Mandikan, dibersihkan dan lainnya. demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment