Loading...
Perawatan

Suara, Harga dan Makanan Burung RIo – Rio

Burung rio-rio – Mungkin kita tak asing dengan burung jalak. Burung yang bulunya berwarna hitam ini mempunyai jenis yang banyak sekali. Setiap jenis mempunyai ciri fisik yang sedikit berbeda. Disorientasi satu jenis burung jalak yang common dan banyak penggemarnya yaitu burung jalak rio atau rio-rio. Penampilan burung jalak rio ini memang sedikit berbeda dengan burung jalak di umumnya. mempunyai paruh yang lebih vesar. Sering dipelihara untuk burung klangenan atau sebagai burung masteran. Mari kita bahas semua mengenai burung ini

Burung ini mempunyai bulu berwarna hitam, di ekornya terdapat warna kemerahan yang menjadi pembeda burung ini dengan burung jalak yang lainnya. Paruhnya besar berwarna kuning dan hampir mirip paruh finch. Burung jalak rio merupakan burung endemik sulawesi. Seperti bangka, togean, lembeh, kepulauan banggai dan butung. Untuk di daerah lainnya memang belum banyak ditemukan. Untuk membedakan burung jantan dan betina, Bisa dibedakan dari bagian warna merah di bulu ekornya. Untuk jantan mempunyai warna merah yang terang, sedangkan betina warna merahnya sedikit orange.


Kebiasaan Hayati burung rio-rio ini cukup unik. Dia selalu Hayati dalam kelompok kecil sekitar 150 individu. Menghuni hutan. Mereka Hayati di daerah yang jarang ditumbuhi pepohonan. Selain itu akan Hayati di hutan rawan yang ketinggiannya sekitar 1100 meter dp. Mereka tak mempunyai kemampuan untuk migrasi, kenapa dinamakan burung endemik. Tapi akhir-akhir ini sering ditemukan di tempat lain. Bisa jadi itu burung lepas. bila bertemu dengan calon pasangannya atau kawan lainnya, burung jalak rio akan mengangkat kepala dan ekornya ke atas. Lalu sedikit menggertakan kedua sayapnya. Mereka juga akan berkicau dan tubuhnya bergoyang kanan kiri.


Makanan Burung Rio-Rio

Di habitat aslinya burung jalak rio banyak makan serangga, biji-bijian dan buah-buahan, Bisa dibilang burung ini Bisa diberi makanan apapun. di pagi dan sore hari, kita Bisa memberi 3-5 ekor jangkirk. Untuk tambahannya Bisa diberi kroto, veor dan vitamin penambah lainnya supaya tubuh semakin sehat dan suara semakin nyaring. kita wajib Bisa membagikan Dosis makanan yang tepat. Jangan hingga burung obesitas atau terlalu kering.


Suara dan Estetika Fisik Burung Rio-Rio


Suara burung jalak rio terlihat mirip tembakan cililin dna melengking. Begitu unik dan khas. Berbeda dengan burung masteran lainnya. Oleh di karenakan itu banyak orang yang sangat suka dengan burung ini. Banyak pecinta burung yang memelihara sebagai burung masteran. bila kita merawat lebih dari satu burung di rumah, akan menghasilkan suara yang semakin merdu. Silahkan dengar suara burung rio-rio dibawah ini.


saat bertemu dengan teman atau menarik betina, burung jalak rio ini akan bersuara dan menambahkan tubuh yang gagah. Kepala dan ekornya akan naik ke atas dan mengeluarkan suara kicauan yang sangat indah. saat berkicau burung ini memang mempunyai kekhasannya, yang membuat orang melihatnya semakin terpesona. Apalagi dengan warna dan bentuk tubuh yang indah.

Dibandingkan burung jalak lainnya, memang burung jalak rio ini mempunyai bentuk fisik yang lebih indah. Untuk warna bulunya memang tetap hitam seperti burung jalak di umumnya. Tapi bedanya terdapat di ekor yang mempunyai warna burung merah menyala.


Ini membuat bentuk fisiknya lebih unik. mempunyai paruh yang besar dan berwarna kuning. Bentuk paruhnya sangat berbeda dengan burung jalak lain. Bentuk tubuh panjang dan ramping. tak terlihat gemuk. Ekornya pun panjang


Harga Burung Rio-Rio
Harga burung ini sangat murah. Bahkan tak hingga jutaan. Untuk bakalan harganya hanya sekitar Rp 35.000, untuk yang gacor Rp 150.000 dan full gacor sekitar Rp 300.000. Semakin bagus suara yang dimiliki akan semakin mahal harga dari burung jalak rio-rio. demikian artikel kali ini, semoga Bisa membagikan informasi yang bermanfaat buat kita.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment