Loading...
Perawatan

Suara, Harga dan Ciri Fisik Burung Rambatan Lengkap

Burung Rambatan Burung kicau yang mempunyai warna bulu biru ini memang sangat indah untuk dipelihara, tak hanya warnanya yang indah, akan tetapi juga suaranya yang merdu. Karakter suara burung rambatan memang sangat unik. Banyak orang yang menggunakannya sebagai burung master, dengan suara cerecetan yang begitu indah dan khas. Banyak orang yang menyebut burung ini sebagai burung munguk beledu. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas semua mengenai burung yang berwarna biru ini.

Burung ini banyak ditemukan di daerah negara asean. Kalau di indonesia banyak ditemukan di sumatera dan jawa. Ukuran tubuhnya tak begitu besar. mempunyai warna biru di bagian atas dan tubuh bagian bawah agak keabuan. di paruhnya mempunyai warna kuning. Ada sedikit perbedaan dari burung yang betina dan jantan.



Untuk jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina. Suaranya pun lebih bervariatif. Warna bulu lebih terang dan mencolok. Di bagian alis terdapat warna hitam yang terang. Sedangkan untuk betina mempunyai warna yang lebih kusam dan tak ada garis diatas alisnya. Selain itu posturnya lebih kecil.


Sifat Burung Rambatan
Burung ini selalu Hayati dalam kelompok kecil atau berpasangan. Mereka cukup berbisik di karenakan suka mengeluarkan bunyi terus menerus. saat mencari makan pun lebih suka berkelompok. Sangat aktif Dinamis, berpindah naik turun dari satu cabang pohon ke pohon lainnya. Gerakannya pun sangat cepat. Apalagi saat mencari serangga untuk makan. Dia merupakan jenis burung pelatuk, di saat melatuk posisi kepala di bawah. Jadi seperti posisi menggantung. Terkenal sebagai burung yang sangat aktif. Entah itu aktif berbunyi atau aktif Dinamis.


Makanan Burung Rambatan



Jangkrik Sebagai Disorientasi satu makanan untuk burung rambatan


bila kalian merawat burung rambatan yang belum diberi voer, kalian Bisa membagikan voer ronggolawe yang dihaluskan. setelah itu campur dengan kroto. Perbandingannya 50% : 50%. Nanti setiap 2 hingga 3 hari sekali, komposisi krotonya dikurangi, sehingga burung sudah terbiasa memakan voer. di pagi dan sore hari juga diberi 3 ekor jangkrik. Siang hari diberi 5 ekor ulat hongkong dan 2 hari sekali diberi makan kroto untuk burung yang sudah terbiasa dengan voer. Pemberian voer wajib sesuai dengan takarannya. tak boleh terlalu banyak atau terlalu sedikit. bila terlalu gemuk, akan membuat burung malas bersuara dan Dinamis. Untuk vitaminnya Bisa diberi vitamin ebod vit.


Suara Burung Rambatan
Burung ini tak mudah takut, jadi saat kalian memasukkan tangan ke kandang pun mereka tetap Bisa bersuara merdu. Suaranya memang sangat indah.apalagi di kenal dengan burung yang berisik. Oleh di karenakan itu burung sering berbunyi. bila kalian Bisa merawat dan membagikan makanan yang tepat, akan membuat suaranya semakin merdu dan jernih. Sering digunakan untuk lomba-lomba kicau buurng. Silahkan dengar suara burung rambatan di bawah ini.


Cara burung ini berkicau hampir mirip dengan burung kicauan lainnya. Jadi bila kalian memelihara burung ini, lebih bagus memelihara lebih dari satu. Sehingga burung yang dihasilkan akan lebih bagus dan jernih. Mudah dilatih juga, kalian wajib mempunyai suara master yang tepat. Banyak orang yang menyukai burung ini di karenakan suara masternya.


Burung Rambatan
Burung ini tak hanya mempunyai suara yang merdu dan indah. akan tetapi juga fisik yang indah. Apalagi untuk burung jantannya. Mungkin untuk menarik para betina, sehingga mempunyai bentuk fisik yang lebih gagah. Bahkan warna bulunya juga lebih indah.


Warna biru cerah dengan perpaduan warna hitam keabua-abuan. Ada jenis burung yang belang dengan warna yang lebih indah. Jenis burung ini memang sangat banyak sekali.


Harga Burung Rambatan
Harga burung ini tak begitu mahal. Apalagi bila kalian membeli burung yang bakalan. Harganya hanya sekitar Rp 20.000 hingga Rp 75.000. akan tetapi kalau mempunyai suara dan fisik yang semakin bagus, harganya juga akan semakin mahal. Bisa mencapai 500 ribu. Itulah sedikit informasi mengenai burung rambatan. Semoga bermanfaat.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment