Loading...
Pengetahuan

Resep jitu agar burung sehat dan gacor

12 Tips Ampuh cara beternak parkitBurung yang sehat dan rajin bunyi tentu menjadi dambaan semua penggemar burung kicauan, dan untuk mewujudkannya banyak penggemar burung yang memberikan perawatan harian yang rutin dan teratur. Namun selain bentuk perawatan hariannya, ada faktor lain yang turut mendukung burung peliharaan untuk selalu dalam kondisi yang sehat, prima, dan rajin berbunyi yaitu makanan tinggi nutrisi.

Pada burung pemakan serangga seperti murai batu, kacer, ciblek, dan sebagainya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka maka diberikanlah pakan-pakan serangga yang teratur seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto.

Tapi bagaimana dengan burung pemakan biji-bijian ? tentu saja biji-bijian yang dikonsumsi oleh burung itu harus yang terdiri dari biji-bijian yang tinggi nutrisinya atau biji-biji berkualitas tapi sayang kebanyakan jenis biji-bijian yang bagus itu sulit didapatkan dan kalaupun ada pastilah harganya cukup mahal.

Tapi jangan khawatir, karena sekarang kita akan membuat pakan biji-bijian yang umum seperti millet atau canary seed menjadi pakan yang mengandung tinggi nutrisi dan protein. Simak caranya berikut ini:

Bahan yang dibutuhkan:

  • Pakan kenari (Canary seed) atau millet
  • Beberapa butir telur yang diambil bagian kuning telurnya saja
  • Tepung-tepung yang terdiri dari tepung jagung, tepung kacang
  • Beberapa butir tulang sotong

Cara membuat:
Campurkan semua tepung dalam satu wadah atau mangkuk, lalu di aduk hingga bercampur rata.
Siapkan telur lalu ambil bagian kuning telurnya saja dan diaduk hingga berbusa dalam wadah mangkuk.
Tuangkan telur tadi ke dalam mangkuk yang berisi campuran tepung, lalu aduk hingga bercampur.

Cangkang/kulit telur jangan dibuang tetapi bisa dimanfaatkan sebagai sumber mineral dan kalsium, keringkan cangkang telur dalam oven. Setelah kering giling halus dengan menggunaka blender.

Siapkan tulang sotong, lalu ambil bagian dagingnya saja (bagian dalam yang kasar), lalu giling hingga menjadi serbuk dengan menggunakan blender.

Siapkan millet atau canary seed, keringkan biji-bijian tersebut di dalam oven selama beberapa menit agar kulit biji bisa menyerap bahan-bahan lainnya. Setelah dirasa kering angkat dan dinginkan.

Tuangkan adonan yang berisi telur dan tepung tadi pada milet atau canary seed.

Campurkan juga serbuk kulit telur dan tulang sotong, lalu di aduk.

Keringkan dan pakan bisa disajikan untuk burung kesayangan anda.

Kini burung anda akan mendapatkan pakan yang tinggi nutrisi dan proteinnya, tentu saja anda bisa memodifikasi bahan-bahan yang digunakan dengan selera anda misalnya mencampurkannya dengan bahan makanan lain yang menurut anda sangat baik untuk burung, dsb.

Semoga manfaat

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment