Loading...
Liputan

Rayakan Waisak dengan Melepas 1000 Burung di Bali

Ribuan umat Buddha di Bali hadir dalam perayaan Trisuci Waisak 2558 TB/2014, di wihara Buddha Sakyamuni, Denpasar. Pada perayaan hari raya Waisak ini diisi dengan pelepasan 1.000 ekor burung.

 
Rangkaian upacara puja bakti atau persembahyangan Waisak di Wihara Buddha Sakyamuni, juga diisi pembacaan paritta suci, namakara patha, puja katha, pancasila radhanam, dan ditutup dengan meditasi.
Perayaan Waisak di wihara ini diisi dengan kegiatan Abhaya Dana, atau pelepasan balon dan burung. Sebanyak 1.000 ekor burung tekukur dan emprit yang dilepas dalam perayaan Waisak di Bali kali ini.
“Untuk memberikan rasa aman bagi setiap makhluk, dengan simbolik melepas burung kita memberikan kebebasan pada setiap makhluk agar bisa mencapai kebahagiaan,” ujar panitia Waisak, Oscar NW di Denpasar, Bali, Kamis (15/5/2014).
Sebelumnya, perayaan waisak di wihara ini juga diisi dengan dhamadesana atau ceramah rohani dari pendeta Buddha.
Acara puja bakti Waisak kemudian diakhiri dengan kegiatan pemercikan tirta atau air suci pemberkahan yang dilakukan oleh beberapa orang pendeta Buddha.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment