Loading...
Pengetahuan

Populasi Walet Menurun Karena Panen Terlalu Dini


Gudang BurungSudah lazim bagi para pembudidaya burung walet untuk menghasilkan sarang yang putih dan bersih akan memetik sarang tersebut sebelum burung walet sempat mengerami, apalagi menetaskan. 

Hal ini tentu saja menyebabkan berkurangnya burung-burung walet baru atau anak(muda). Sementara burung walet tua yang tidak lagi produktif semakin bertambah terus. 
Wajar, jika kita perhatikan dibeberapa tempat terutama di daerah perkotaan yang banyak terdapat gedung-gedung walet tetapi sedikit sekali burung waletnya.
 
Kalau cara panen terlalu cepat ini berlangsung terus-menerus, tidak mustahil daerah tersebut lambat laun akan kehilangan seluruh burung waletnya. Bukan berpindah atau imigrasi, tetapi punah tanpa pengganti.

Jadi akan lebih bijak jika para pembudidaya burung walet memberikan kesempatan bagi burung-burung walet untuk berkembang biak, demi kelestariannya
Untuk apa mendapatkan sarang cantik dan bersih beberapa saat, kalau pada akhirnya kita harus kehilangan banyak burung walet yang mengarah kepada kepunahan. Sarang walet perlu, tetapi melestarikan burung walet lebih perlu.
Trending artikel yang sedang hits:
  1. cara meningkatkan populasi walet dalam gedung
  2. agar populasi walet bertambah
Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment