Loading...
Cucak Jenggot Tips

Persiapan cucak jenggot sebelum dilombakan

cucak jenggotSelain dikenal sebagai burung masteran, cucak jenggot pun banyak dipelihara untuk tujuan dilombakan. Tidak sedikit penggemar burung ini yang kemudian mencoba peruntungannya dengan membawa burung kesayangan mereka untuk ditandingkan, namun tak sedikit pula yang harus siap kecewa lantaran burung mereka justru tidak mau berbunyi ketika dilombakan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan cucak jenggot tidak mau bunyi ketika lomba, beberapa di antaranya adalah: 

  • Burung yang kurang fit atau sedang dalam keadaan kurang sehat.
  • Burung yang stress atau ngedrop (kalah sebelum bertanding).
  • Burung yang masih muda.
  • Burung yang baru pertama kalinya dilombakan. 

Karena itulah, sebelum melombakan cucak jenggot kesayangan anda itu pastikan kalau burung sedang dalam kondisi yang fit, dan tidak berada dalam kondisi mabung. 

Sedangkan beberapa penyebab utama cucak jenggot tidak mau bunyi ketika dilombakan umumnya berkaitan dengan stamina dari burung tersebut. Kalau stamina burung kurang, maka mereka cenderung menjadi kurang aktif, bahkan cepat ngedrop/stress ketika melihat atau mendengar burung sejenis bersuara dengan lebih kencang darinya. 

Selain itu, kondisi burung yang masih muda juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mereka tidak mau berbunyi ketika dilombakan, terlebih jika lawan-lawannya adalah burung dengan rata-rata usia yang sudah mapan.

Begitu juga dengan burung yang jarang / tidak pernah dilombakan, meski memiliki umur yang cukup, namun terkadang mereka mudah mengalami “demam panggung” lantaran kurangnya pengalaman berlomba. Karena itu sebelum berniat melombakan burung kesayangan anda itu, latih dahulu burung tersebut dengan burung sejenis seminggu sekali dalam latihan skala kecil-kecilan (bersama rekan CJ mania yang lainnya) sebelum akhirnya mereka siap untuk dilombakan dalam skala besar (lat-ber / lat-pres).  

Sedangkan  jika burung masih tidak menunjukkan tanda-tanda mau berbunyi ketika dilombakan, maka tips berikut bisa anda terapkan yaitu menambah pakan tambahan (EF) dengan ulat hongkong pada sore hari sebanyak 3 ekor, dan sebelum dibawa ke lapangan burung tersebut diberikan pakan EF yang cukup banyak dan jika masih tetap tidak mau berbunyi maka usaha terakhir adalah mencoba dengan setingan lapar pada lomba minggu depannya. 


About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment