Loading...
Lovebird Perawatan

Penyebab Piyek Anakan Lovebird Mati Dini

Banyak sekali piyek (anak burung) lovebird yang mati saat usia mereka baru menginjak 2-3 hari, hal itu Bisa aja dikarenakan di karenakan beberapa hal seperti saudara mereka yang terlalu agrsif, induk mereka yang tak bagus, atau bahkan di karenakan pemilik yang kurang perhatian.

3 hal tadi memang menjadi faktor utama mengapa seekor piyek Bisa mati muda, namun masih ada beberapa rangkaian sebab lainnya. Lalu apa aja sebab-sebab tersebut?

Pakan-lolohan-anakan-lovebird

Anakan Lovebird

Penyebab Utama Piyek Lovebid Mati Muda
Penyebab piyek lovebird yang mati muda sering dikaitkan di karenakan pemilik yang tak Bisa merawat, indukan yang kurang bagus, atau anakan lain yang terlalu agresif. Lalu sebenarnya apa yang terjadi dengan piyek ini? di umumnya anakan ini meninggal di karenakan kurangnya perhatian pemilik dan indukan serta di karenakan tertindas oleh sudara-saudaranya, duh kejamnya.

Tapi tertindas di sini bukan teraniaya melainkan terinjak-injak oleh saudaranya sendiri. Selain penyebab-penyebab tersebut masih ada penyebab lain seperti:

1. Indukan yang bermasalah
Harusnya indukan membagikan perhatian terhadap anak-anaknya, akan akan tetapi banyak indukan yang menjalankan tindakan berikut sehingga membuat anak-anak mereka mati, adapun tindakan itu seperti:

a. Enggan untuk melolohan makanan di anaknya.
b. Sang indukan mempunyai sifat paranoid dan takut dengan kehadiran anakan, alhasil, indukan tersebut membunuh anakannya sendiri.
c. Indukan yang over protective sehingga membuat anakan terlambat untuk mendapat asupan makanan.

2. Anakan lain yang agresif
Penyebab kematian piyek lovebird ini sangat sering terjadi, jadi ada baiknya kita menghindari hal-hal berikut supaya anakan burung kita tetap Hayati:

a. Antara anakan terjadi saling injak sehingga membuat anakan yang lemah menjadi korban dan akhirnya mati.
b. Perebutan makanan yang dilolohkan indukan membuat anakan yang lemah kurang mendapatkan makanan dan ujung-ujungnya mati.

3. Kematian yang dikarenakan di karenakan faktor lingkungan
Faktor ini sering sekali membuat anakan mati muda, sebaiknya kita rawat bagus-bagus anakan burung kita supaya terhindri dari faktor-faktor berikut:

a. Cuaca yang ekstrim membuat anakan burung tak kuat bertahan lalu meninggal.
b. masalah dari Fauna lain seperti ular, burung lain, tikus, serta Fauna lainnya yang siap memangsa anakan burung tersebut.

4. Kematian di karenakan kesalahan sang pemilik
Selain di karenakan masalah Fauna lain, kematian anak burung juga ini juga Bisa dikarenakan di karenakan kecerobohan pemiliknya seperti:

a. Pemilik lupa memberi makan anakan burung.
b. Pemilik tak tahu cara menjalankan pelolohan makanan burung.
c. Pemilik Disorientasi dalam membagikan makanan di burung.

Hal di atas yaitu penyebab utama piyek lovebird mati dini, jadi sebagai pemilik sekaligus breeder sebaiknya sedari dini kita aware dengan keadaan anakan burung kita. Lakukan perawatan yang bagus dan benar, selain itu kita juga wajib menjalankan pengecekan di rentang waktu 3 jam sekali, cara ini dinilai ampuh untuk meminimalisir matinya anakan di usia yang muda. Jangan lupa juga membagikan vitamin sebagai nutrisi tambahan untuk kesehatan burung, pilih OrBird vitamin terbaik terpopuler saat ini.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment