Home / Perawatan / Penyebab Ekor Murai Batu tak Panjang

Penyebab Ekor Murai Batu tak Panjang

Burung Murai Batu (MB) di umumnya mempunyai ekor yang panjang, walaupun ada beberapa jenis yang mempunyai ekor pendek. Hanya aja, Murai yang mempunyai ekor yang panjang lebih dimati oleh pecinta Murai. di karenakan menurut mereka Murai yang berekor panjang lebih cantik.

Bukan hanya itu, ekor yang panjang juga mempunyai daya tarik tersendiri untuk Murai tersebut. selain itu, bila seekor Murai Batu mempunyai kwalitas suara yang bagus dan mempunyai ekor yang cantik, maka Ia akan dihargai mahal. Lalu, bagaimana bila Murai yang harusnya mempunyai ekor yang panjang justru hanya berekor pendek? Itu yang menjadi masalah.

murai batu ekor panjang, murai ekor panjang

Berbicara mengenai kelainan ekor Murai Batu. umumnya seekor Murai Batu akan mempunyai ekor yang panjang setelah Ia menemui 4 kali proses mabung, dengan Perkataan lain ekornya akan bertambah panjang pasca proses mabung selesai. Lalu, sebenarnya apa penyebab ekor Murai Batu tak panjang setelah mabung? Untuk mengetahuinya, mari kita simak materi berikut.

Beberapa Penyebab Ekor Murai Batu tak Panjang
Setelah mabung umumnya bagus bulu ataupun ekor akan bertambah panjang, hal itu memang wajar dan Generik terjadi. Akan akan tetapi, ada beberapa kasus yang membuktikan bahwa setelah mabung burung tak kembali mempunyai ekor yang panjang. Benarkah itu?

Lalu, apa yang menyebabkan hal tersebut? berikut yaitu beberapa hal yang menyebabkan ekor Murai Batu tak mempunyai ekor panjang setelah mabung:

1. Pakan yang tak tepat
Saat Murai menemui mabung, Ia wajib mendapatkan asupan nutrisi yang bagus. Pasalnya, bagus sebelum ataupun sesudah mabung, seekor Murai haruslah mendapatkan asupan nutrisi seperti protein dan vitamin yang cukup. Sedangkan fungsi dari zat tersebut yaitu untuk merangsang pertumbuhan dan memperbaiki bulu Murai supaya tetap sehat. Maka Bisa dipastikan, bila Murai Batu tak mempunyai ekor yang panjang pasca mabung, maka besar kemungkinan Ia tak mendapatkan asupan nutrisi yang bagus.

2. Suhu udara panas
Penyebab Murai Batu mempunyai ekor yang pendek berikutnya yaitu suhu yang panas. Pasalnya, bila terlalu panas suhu cuacanya, maka zat lilin di bulu ekor Murai akan hilang dan menyebabkan bulu tak tumbuh dan berkembang dengan bagus.

3. Dicabuti dengan cara paksa
Bulu Murai juga akan pendek dan tak Bisa berkembang dengan bagus, apabila kita cabuti bulu-bulu tersebut dengan cara paksa.

4. Kondisi stres
Stres juga menjadi penyebab utama Murai tak mempunyai bulu ekor yang panjang. Umumnya hal ini terjadi saat Murai sedang mabung Ia menemui kondisi yang stres dan terganggu, jadi saat proses penumbuhan bulu itu berlangsung, bulu tersebut tak Bisa tumbuh dan berkembang dengan bagus.

5. Diadu sebelum Murai selesai mabung
Umumnya Murai yang mempunyai karakter fighter, Ia akan membalas kicauan burung lain dan memainkan ekornya, walaupun dalam keadaan mabung. bila begini, maka hal yang sangat mungkin terjadi yaitu pertumbuhan bulu ekor Murai akan terganggu, bahkan tak jarang ekor Murai tak Bisa memanjang lagi.

Penyebab-penyebab Murai Batu tak panjang di atas, Bisa kita jadikan sebagai referensi dalam mencegah dan mengatasi burung MB yang mempunyai panjang ekor yang tak wajar. Tapi yang jelas, untuk mencegah hal ini yaitu dengan menjalankan perawatan Eksklusif saat Murai tersebut menjalani proses mabung.

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888