Loading...
Pengetahuan Tips

Panduan membuat pakan tinggi protein agar burung rajin berkicau

burung kicauMerawat burung peliharaan agar mereka selalu berada dalam kondisi yang fit dan rajin berbunyi tidak hanya dilakukan dalam bentuk perawatan hariannya saja, tapi juga harus disertai dengan pemberian pakan tinggi nutrisi. Asupan pakan yang penuh gizi dan protein itulah yang menjadi kunci utama stamina burung tetap fit yang bisa membuatnya semakin rajin berbunyi.

Selain dari asupan pakan yang sudah jadi, anda pun bisa membuat sendiri pakan racikan yang lebih terjamin kualitas dan kandungan nutrisinya. Dengan menggunakan bahan-bahan yang dikenal mempunyai khasiat dan manfaat bagi kesehatan, maka burung peliharaan akan selalu terjaga kondisinya.  

Berikut Membuat pakan tinggi protein agar burung rajin berkicau. 

Bahan yang dibutuhkan: 

  • Kacang hijau 
  • Beberapa buah wortel segara 
  • Daging sapi cincang
  • Ikan emas kecil segar 

Cara membuat 

Kacang hijau direbus hingga lunak, lalu ditiriskan. 

IKan dan daging cincang dikeringkan dalam oven selama beberapa menit, lalu diangkat dan didinginkan. 

Wortel direbus lalu dipotong-potong kecil.Campurkan potongan wortel ke dalam daging yang sudah kering, lalu giling dengan blender hingga menjadi bubuk. Campurkan juga ikan kering ke dalamnya lalu giling hingga menjadi bubuk.

Berikutnya kacang hijau yang sudah kering diblender hingga halus.

Campurkan semua bahan, lalu aduk hingga merata. Jika diperlukan anda bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalamnya, seperti herbal ( misalnya bubuk jahe atau tepung herbal lain) atau buah-buahan seperti wolfberry atu acaiberry.

Jika diinginkan semua bahan kemudian dicetak menggunakan mesin cetak voer atau dibiarkan dalam kondisi tersebut untuk dijadikan voer halus. 

Berikan pada burung kesayangan anda sebagai pengganti voer atau sebagai pakan tambahan. 

Semoga bermanfaat

Referensi dan sumber: bbs.18888.com

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment