Loading...
Pengetahuan

Pancing Pleci berbunyi dengan membawanya Jalan-Jalan

Pleci adalah jenis burung yang suka berkoloni yang juga adalah burung yang gemar bertualang yang dalam satu hari saja kelompok burung tersebut sudah mengunjungi lebih dari 30 tempat untuk mencari makanannya. jadi dalam hal ini seringlah mengajak pleci anda jalan jalan ketempat yang baru , misalnya mengajaknnya ikut serta ke tempat kerja anda kalau boss anda mengijinkan tentunya atau kalau anda ingin makan di sebuah kafe atau restoran terbuka apa salahnya bawa juga burung pleci anda, mungkin akan lebih baik lagi jika mengajak rekan rekan anda yang sama sama memiliki burung pleci untuk membawanya ke tempat anda biasa nongkrong misalnya diwarung tegal ataupun kafe-kafe luar ruangan ( semacam Gathering ).

Dengan kata lain akan lebih baik jika mereka semakin sering bergerak bukannya menetap di satu tempat atau lokasi (stagnan) , bahkan pleci yang bagus pun jika hanya digantung di rumah saja tidak akan mencapai top formnya . alasannya pleci tidak seperti burung teritorial yang menetap dalam suatu lokasi atau tempat seperti halnya ciblek, murai batu dan kacer. di alamnya pleci secara berkoloni suka berpindah pindah tempat dan setiap kali mereka berhenti di satu tempat mereka akan makan, berkicau, dan akan sering buka paruh dengan tujuan untuk mempertahankan koloni mereka agar tidak bercerai berai dan mereka akan saling mengkonfirmasikan keberadaan mereka dalam koloni tersebut.

Ajak pleci jalan jalan juga bisa dilakukan dimana ada lomba ataupun latberan khusus pleci, setidaknya sekali seminggu bawa pleci ke lapangan, kalaupun pleci yang anda miliki masih belum layak masuk lomba, jangan khawatirkan pleci bisa stress ataupun ngedrop seperti halnya burung murai atau kacer, seperti yang saya jelaskan diatas, pleci bukan burung teritorial atau yang menjaga wilayah (fighter) jadi pada tahap pertama mungkin pleci anda akan merasa terintimidasi tapi hal itu tidak berlangsung lama, jika kebetulan pleci anda termasuk pleci yang memiliki kualitas bagus biasanya dalam pertemuan pertama terebut pleci akan langsung membalas komunikasi dari koloni yang ada di arena lomba ini dengan berkicau keras sambil membuka paruhnya.

 

Nah begitu pleci dibawa pulang kerumah disinilah kesabaran kita akan diuji karena banyak juga pleci baru pertama kali dibawa gathering atau latberan langsung buka paruh tetapi begitu di rumah cuma ngeriwik saja setiap harinya seperti biasanya , kalau itu menimpa anda saya cuma bisa mengingatkan kalau pleci yang anda miliki itu burung K O L O N I.


Solusinya :
Cari teman baru untuk pleci anda lalu gantung mereka setiap pagi dibawah pohon dengan jarak yang berjauhan agar pleci bisa saling berkomunikasi atau bisa juga dengan mengajak jalan jalan pleci anda . 

Semoga bermanfaat

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment