Loading...
Perawatan

Ikuti Cara Yang Benar Merawat Anak Lovebird Usia 15 hingga 30 hari

Cara Yang Benar Merawat Anak Lovebird

Bagi pecinta burung lovebird, merawat lovebird semenjak masih kecil merupakan kebanggan tersendiri. Apalagi hasil peliharaannya bisa ikut kontes burung dan memenangkan perlombaannya tersebut.

“Hasil tidak menghianati proses” mungkin itu pepatah yang wajib peternak yakini saat merawat burung lovebird. Anakan lovebird yang diurus sejak masih kecil dengan perawatan yang baik maka ketika burung tersebut besar akan menjadi burung yang mempunyai kualitas baik juga.

1. Sangkar

Jika anak burung lovebird sudah mencapai usia 15 hari, sebaiknya anak burung tersebut di sapih dari induknya. Biarkan induknya dapat bereproduksi lagi. Jika sudah di pisahkan berarti konsekuensinya kamu harus menyiapkan tempat untuk anak lovebird itu. Tempatkan anakan lovebird tersebut didalam sangkar burung kemudian sangkar tersebut selimuti dengan kain sehingga udara dari luar tidak langsung masuk kedalam sangkar. Berikan serbuk kayu di bagian alasnya atau kain supaya tetap hangat dan  jangan lupa beri lampu penerangan didalam sangkar tersebut.

Jaga kebersihan sangkar tempat meletakkan anak lovebird tersebut, dengan cara setiap hari sangkar tersebut di kontrol apakah alas sudah kotor dan berbau, jika sudah bau segera ganti dengan alas yang baru.

Anak Burung Lovebird

Anak Burung Lovebird

Untuk menjaga kesehatan lovebird, membersihkan sangkar setiap hari tidak lah cukup, kamu di wajibkan membersihkan sangkar atau mencuci sangkar dengan sampo seminggu sekali supaya kuman-kuman hilang. Setelah di cuci kemudian jemur sangkar tersebut di trik matahari.

2. Pakan anakan Lovebird

Konsekuensi selanjutnya jika anak lovebird di pisahkan dari induknya adalah kamu harus meloloh (menyuapi) anakan lovebird tersebut sehari 5 kali sampai usia lovebird mencapai 1 bulan. Karena anak lovebird dari usia 0 sampai 1 bulan dia tidak bisa makan sendiri sehingga kamu perlu melolohnya.

Jika kamu tidak mau repot menyiapkan makanan untuk anak lovebird, kamu cukup membeli bubur sun untuk makanan bayi. selanjutnya bubur tersebut di lolohkan ke anakan lovebird tersebut sehari 5 kali.

Supaya proses meloloh lebih gampang, kamu bisa menggunakan alat bantu spet yaitu alat berbentuk hampir sama dengan suntikan. Bubur tersebut kamu masukan ke dalam spet lalu di semprotkan kedalam mulut anak lovebird. Biasanya jika anak lovebird lapar, dia akan membuka mulutnya sendiri atau jika dia tidak membuka mulutnya kamu bisa membantu membukakan menggunakan tangan kamu.

3. Tambahkan alat sound master kicau

Agar anakan burung lovebird dapat berkicau dengan baik saat dewasa, sebaiknya saat usia lovebird masih 15 hari kamu dengarkan master kicauan baik itu berupa rekaman atau suara yang berasal dari internet. Berikan suara kicauan master burung lovebird setiap hari dengan suara yang sedang saja.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bagaimana merawat anakan burung lovebird umur 15 hari, semoga informasi ini dapat bermanfaat.  Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment