Loading...
Kenari Tips

Menyiapkan kenari untuk dilombakan

kenari 1Membawa burung kenari ke arena lomba tampaknya mulai semakin popular dilakukan oleh banyak penggemar burung di seluruh Indonesia. Bahkan tidak sedikit pula penggemar pemula yang  mengajak kenari miliknya untuk berlaga dalam sebuah even lomba burung. Meskipun tidak ada patokan mengenai kenari yang layak dilombakan, namun ada baiknya kalau terlebih dahulu melatih kenari tersebut agar menjadi kenari yang siap lomba.

Kenari yang sudah siap lomba tentu akan mempunyai mental yang cukup, dalam artian tidak mudah ngedrop atau stres/demam panggung saat melihat atau mendengar suara kenari lain di sekitarnya.  Untuk itu, beberapa persiapan harus dilakukan aga kenari yang kita miliki tersebut bisa berlaga dalam sebuah lomba tanpa harus mendapat masalah.

Menyiapkan kenari agar siap lomba bisa dilakukan dengan hal-hal sebagai berikut:

1. Menjaga kondisi dan kesehatannya

Menjaga kondisi dan kesehatan bisa dilakukan dengan memberikan pakan berkualitas serta vitamin yang bisa mendukung aktivitas kesehariannya.

2. Menjaga suara kicauannya 
Cegah kenari agar tidak terus menerus berbunyi sepanjang hari, (misalnya dari pagi  sampai sore hari) karena bisa menurunkan stamina mereka, terutama saat dilombakan.  Rawatan biasa tetap dilakukan pada pagi harinya, dan setelahnya kenari tersebut bisa diberikan kerodong.

3. Menjadwalkan mandi
Mandi bisa diberikan cukup sekali, dan dilakukan pada pagi atau sore hari saat cuaca sedang cerah. 1 hari menjelang dilomakan ,kenari tersebut bisa dimandikan sebanyak dua kali (pagi dan sore hari).

4. Melatih mental
Melatih mental kenari bisa dilakukan dengan sesekali menggantung sangkarnya di tempat ramai, agar mereka terbiasa dengan suasana keramaian dalam sebuah lomba. Ajak pula kenari jalan-jalan ke pasar burung, terutama di tempat langganan anda untuk melatih mereka dengan kenari-kenari yang baru ia lihat.

5. Mencukupi waktu istirahat
Pada malam hari, matikan lampu tempat kenari tersebut digantung/disimpan agar mereka bisa beristirahat lebih banyak guna mengumpulkan energi.
Jika semua itu sudah anda lakukan, maka anda bisa mencoba penampilannya dalam sebuah lomba burung.

Salam

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment