Loading...
Pengetahuan

Menyembuhkan Penyakit Dan Luka Pada Kaki Kenari

Menyembuhkan Penyakit Dan Luka Pada Kaki Kenari — Burung kenari sangat rentan terhadap penyakit khususnya pada bagian kaki. Rasa sakit dan gatal yang diderita si burung dapat mengganggu burung untuk beraktifitas. Kenari cenderung males berbunyi dan bahkan bisa macet bunyi.


Untuk itu perlu adanya pengecekan setiap saat, anda bisa memperhatikan dari seluruh bagian kaki si burung kesanyangan anda semua. Beberapa faktor penyebab luka pada burung antara lain :


Faktok kebersihan kandang dan jenis kayu tangkringan burung. Jenis kayu yang sering digunakan dan bahan dari apa saja yang bagus telah kami bahas dalam artikel : Memilih Kayu Untuk Tangkringan Burung



Kebersihan menjadi fator yang sangat penting. Selain kebesihan kandang luka dan infeks pada kaki burung bisa disebabkan karena gigitan serangga. Nyamuk yang menggigit dan masuk pada kandang burung pada malam hari. Oleh sebab itu baiknya kandang kenari ditutup kerodong pada malam hari. Kerodong menjaga suhu kandang dari hawa dingin dan menjaga kenari dari gigitan serangga seperti nyamuk kewan lainnya.


Bagaimana mengobati luka pada kaki kenari :


Kenari sebenarnya cendenrung termasuk burung yang mudah jinak. Tidak giras seperti burung cendet, poci, kacer, cucak dan murai yang sangat rentan luka pada paruh dan kaki karena giras dan ingin keluar dari kandang. Dengan berontak dan menenkan paruh serta selalu mendorong kaki akan membuat paruh dan kaki menjadi lecet kemudian luka dan infeksi.


Tips perawatan luka menggnkan obat sederhana adalah menggunakan bawang putih. Namun aroma bawang putih kurang disukai oleh burung. Hal lain yang harus diperhatikan adalah seberpa parah dan jenis luka apa yang ditimbulkan. Jika luka berupa lecet baiknya lakukukan perawatan dengan lamgkah berikut :


Cuci luka dengan air hangat dan keringkan menggunkan kain kassa bersih. Kemudian oleskan antiseptik secukupnya. Balut dengan kain secukupnya, agar tidak mengganggu aktifitas burung ikat kian menggnkan benang  jika luka terlalu parah untuk menjaga agar tidak lepas saat kenari bergerak. Demikian artikel yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment