Loading...
Pengetahuan

Menjaga Kicauan Burung Di Musim Hujan

Musim hujan telah datang, dan hal ini biasanya akan menjadi masalah untuk burung kesayangan kita, terutama ketika akan lomba dan cuaca tiba-tiba berubah.
Dibawah ini adalah tips menghadapi musim hujan untuk burung kesayangan kita.
1. Extra Fooding Control (EFC)
Berikan makanan extra buat burung kita ketika cuaca dingin atau menurunkan makanannya ketika panas. Misalnya ketika cuaca dingin naikan makanannya karena makanan ini berguna untuk menjaga suhu dari tubuh di Burung itu sendiri. Dan ketika suhu mulai panas turunkan kembali makanannya.
2. Simpan Burung ditempat hangat.
Jangan pernah sekali-kali lupa memasukan burung dari tempat berjemurnya ketika hujan mulai turun, karena sama halnya seperti manusia ketika terkena hujan kemungkinan sakit lebih besar. Simpanlah burung didalam ruangan yang hangat jika perlu gunakan kerodong dan jangan nyalakan AC atau kipas.
3. Berikan Vitamin
Sekali-kali berikan Vitamin untuk burung kita agar tetap terjaga staminanya. Salah satu yang bagus adalah BirdVit (bisa beli online di SINI) Dalam cuaca normal, Om Kicau selalu menganjurkan penggunaannya cukup 2-3 kali seminggu. Tetapi selama musim hujan, frekuensi pemberian bisa ditingkatkan menjadi 4-5 kali seminggu mengingat kondisi cuaca yang tak menentu.
4. Biarkan burung bebas dikandang umbaran
Buatlah kandang umbaran agar burung lebih leluasa bermain. Ukurannya menyesuaikan lahan yang tersedia, tetapi harus lebih besar 2-3 x ukuran sangkarnya.

Demikian tips dari Jasa Penitipan Burung, semoga bermanfaat untuk semuanya.

Loading...

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment