Mengetahui Ciri Khas Catharus Guttatus (Punglor Kembang Amerika)

Home | Burung Anis | Mengetahui Ciri Khas Catharus Guttatus (Punglor Kembang Amerika)

Apakah anda pernah mendengar burung Punglor Kembang Amerika ? Mungkin masih terdengar agak aneh di telinga anda. Ternyata burung Anis Kembang atau Punglor Kembang ini juga ada di Amerika.Tidak hanya ada di Amerika saja, akan tetapi keluarga Turdidae ini jenisnya juga banyak ada di benua Amerika ini. Salah satu diantaranya yaitu Hermit Trush dengan nama ilmiah Catharus guttatus atau burung Punglor Kembang Amerika.

audubon.org

Catharus gutattus yang merupakan jenis burung anis ini memiliki ukuran tubuh menengah dan terdapat di Amerika Utara. Meskipun di Amerika banyak sekali spesies Catharus yang bermigrasi ke wilayah ini, namun tidak terdapat hubungan antar spesies. Hermit Trush ini ternyata justru lebih ada kekerabatan dengan Mexican Russet Nightingale-thrush keluarga Catharus dari Mexico.

Ciri khas Catharus Guttatus ini untuk ukuran tubuhnya yaitu sekitar 15 sampai dengan 17 cm. Untuk warna bulu dari burung ini yaitu memiliki warna putih gelap yang ada di daerah bawah sayap. Catharus Guttatus yang bersia dewasa berwarna coklat yang ada di bagian atas, dengan ekor yang berwarna kemerahan.

Ciri khas Catharus Guttatus ini juga memiliki kaki yang berwarna pink serta di sekitar mata juga terdapat cincin yang berwarna putih. Selanjutnya pada daerah timur Amerika, burung ini juga memiliki warna yang lebih zaitun-coklat pada bagian atas. Kemudian pada wilayah barat warnanya terlihat lebih abu-abu kecoklatan.

Habitat Catharus yang digunakan untuk berkembang biak di hutan campuran di Kanada, Alaska, Amerika timur laut dan bagian barat Amerika. Sarangnya berbentuk cangkir yang ada di dekat tanah atau relatif rendah di pohon.

nationalzoo.si.edu

Dan pada saat musim dingin burung ini akan bermigrasi ke Amerika Serikat pada bagian selatan, bahkan sampai ke Amerika Tengah. Namun, untuk sebagian bertahan tetap pada wilayah utara Amerika Serikat, tepatnya berada di daeah pesisir negara bagian dan selatan Ontario.

Pada umumnya untuk jenis burung ini berkembang biak di hutan, tetapi sering juga ditemukan membuat sarang di taman kota.

Catharus Guttatus ini pada umumnya mencari makan di tanah. Burung ini akan mencari cacing di bawah lapisan tanah yang gembur. Perlu anda ketahui jika burung punglor kembang atau anis kembang amerikanini juga memakan serangga dan buah-buahan seperti halnya buah berry.

Burung Hermit Trush ini bisa mengeluarkan suara kicauan dengan sangat baik, seperti halnya untuk jenis-jenis Punglor (Anis) lainnya. Kicauan dari burung anis ini terdengar sangat halus menyerupai flute.

Untuk nada awal agak tinggi, selanjutnya akan turun beberapa fase nada dalam kunci minor, selanjutnya beberapa saat akan diulang dengan variasi yang berbeda-beda (ngeroll). Burung ini juga akan sering berkicau pada tempat yang tinggi dan terbuka. Keunikan lain burung ini, burung ini juga suka bernyanyi pada saat malam hari.

Di Indonesia juga memang ada beberapa burung mirip Hermit Trush, namun juga berbeda spesies, diantaranya yaitu Punglor Kembang (Zoothera interpres) serta Punglor Macan (Zoothera andromeda). Yang mana untuk karakter suara yang mirip, merdu dan sama-sama enak di dengar. Sayangnya Hermit Trush ini. Ciri khas Catharus Guttatus ini memang mirip dengan burung anis kembang yang ada di Indonesia.

Namun perlu anda ketahui, jika burung ini tidak ada di pasaran Indonesia. Sebab, mengingat habitat dari burung ini yang sangat jauh.

About dr.gaplek

Check Also

Penyebab Burung Kenari Sulit Bertelur Yang Harus Diketahui

Home | Burung Kenari | Penyebab Burung Kenari Sulit Bertelur Yang Harus DiketahuiKenari adalah jenis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *