Mengetahui Ciri Khas Burung Julang Irian dan Daerah Persebarannya

Home | Burung Rangkong | Mengetahui Ciri Khas Burung Julang Irian dan Daerah Persebarannya

Burung Rangkong atau burung Julang merupakan jenis burung unik yang ada di Indonesia ini. Untuk jenis burung Rangkong ini memiliki ciri khas yang unik, terutama di bagian paruhnya. Banyak sekali jenis burung rangkong yang bisa dijumpai di Inonesia ini. Keseluruhannya memiliki ciri khas yang unik.

Salah satu jenis burung Rangkong yang memiliki ciri khas yang unik yang harus anda ketahui yaitu burung Julang Irian (Rhyticeros plicatus). Burung Julang Irian ini juga bisa disebut dengan burung Julang Papua. Ciri khas burung Julang Irian ini juga hampir serupa dengan burung Julang yang lainnya.

hbw.com

Indonesia bagian timur ini memang hanya memiliki satu jenis Enggang atau Rangkong saja, yaitu Julang Irian. Untuk daerah persebarannya diantaranya meliputi ilayah Papua dan juga di Maluku. Burung ini ternyata juga memiliki daerah persebaran di negara tetangga yang mana meliputi Papua Nugini, Solomon dan juga ada di Kepulauan Bismark.

Walaupun untuk burung Julang Irian memiliki kemampuan adaptasi yang bisa dikatakan baik, akan tetapi jenis burung yang unik ini tetap membutuhkan hutan primer dan hutan sekunder sebagai tempat habitatnya.

Diantaranya yaitu dengan ketinggian 1.500 mdpl, yang masih banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon yang ukurannya besar. Hutan yang ada di sepanjang sungai dan rawa juga dijadikan sebagai habitat yang disukai untuk burung ini dalam mencari pakan hewan.

biolib.cz

Ciri khas burung Julang Irian salah satunya yaitu mempunyai panjang tubuh kurang lebih 60 sampai dengan 65 cm dengan bulu yang menutupinya. Selanjutnya untuk ciri burung Julang Irian yang bisa anda ketahui yaitu badan dan sayap berwarna hitam dan pada bagain ekornya berwarna putih.

Lalu untuk yang berkelamin jantan mempunyai paruh yang lebih besar dan lebih berwarna dibandingkan burung Julang Irian yang berjenis kelamin betina. Tak hanya itu saja, ciri burung Julang Irian yang berjenis kelamin jantan yaitu mempunyai tenggorokan yang berwarna putih.

Kemudian untuk bagian kepalanya juga berwarna coklat. Sedangkan pada bagian matanya berwarna merah. Lalu untuk ciri khas burung Julang Irian yang berjenis kelamin betina mempunyai tenggorokan yang berwarna biru, bagian kepala dan mata berwarna hitam.

Untuk ciri khas burung Julang Irian selanjutnya yaitu memiliki tonjolan balung yang terlihat tidak terlalu sempurna, misalnya saja seperti garis lipatan. Dan semakin banyak garis lipatan yang terdapat pada balung, itu bisa menandakan semakin bertambahnya usia dari burung Julang Irian ini.

Untuk pakan burung Julang Irian ini memang diketahui lebih banyak mengonsumsi buah-buahan. Misalnya saja seperti palem-paleman (Arenga saccarifera), buah pala (Myristica fatua) dan juga buah matoa (Pometia pinnata).

Akan tetapi, untuk jenis burung ini juga mengonsumsi hewan seperti halnya kepiting, serangga, sarang lebah dan juga kadal.

Di Papua Nugini, burung Julang Irian ini mulai menyusun sarangnya yaitu pada bulan September sampai dengan bulan Oktober. Untuk burung yang berjenis kelamin betina akan meletakkan satu sampai dengan dua butir telur yang ada di dalam lubang pohon alami. Diantaranya dengan diameter pohon di atas 40 cm.

Burung-burung tersebut bahkan juga pernah ditemukan bersarang di pohon ficus yang memiliki ketinggian pohon 15 m di Pulau Seram. Kemudian juga ada di pohon ulin yang memiliki ketinggian 30 m yang ada di Kep. Solomon.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *