Home / Perawatan / Mengetahui Ciri Burung Tledekan Gunung

Mengetahui Ciri Burung Tledekan Gunung

Walaupun saat ini Burung Tledekan sudah mulai banyak ditepikan dalam lomba-lomba, bukan berarti burung ini sepi peminat. Justru banyak breeder atau peternak yang tetap mempertahankan Burung Tledekan. Terutama, Burung Tledekan Gunung yang terkenal mempunyai suara cukup keras dengan isian yang Bisa divariasi dibandingkan dengan Tledekan Bahari yang sedikit kaku.

tledekan gunung

Burung Tledekan yang masuk ke dalam keluarga Burung Sikatan ini mempunyai beberapa jenis, Disorientasi satunya yaitu Burung Tledekan Gunung (lihat: jenis tledekan).

Beberapa ciri-ciri Generik burung ini untuk yang jantan antara lain:

1. di saat masih trotolan burung jantan tampak mirip dengan burung betina. Perbedaannya terletak di bagian ekor. Burung jantan biasanya mempunyai ekor berwarna biru. Sedangkan burung betina bagian ekornya tetap berwarna cokelat di saat masih anakan. Berbeda halnya saat burung tersebut sudah mulai dewasa. Kita akan dengan mudah membedakannya berdasarkan warna.

2. Burung Tledekan jantan mempunyai warna kuning mulai dari dagu, dada dan bagian pinggir dari tubuhnya. Bagian pinggir tersebut berada di bawah sayap. Warna kuning kemerah-merahan atau orange yang biasanya berpadu dengan warna putih dengan gradasi yang halus terutama warna putih terletak di bagian perut dan bawah pantat.

3. Selebihnya, burung ini didominasi dengan warna biru mulai dari kepala sebagian sayap, punggung, dan ekor.

4. Untuk burung betina, warnanya tampak kecoklat-coklatan dengan sedikit siluet berwarna biru. Bagian dada dan perut, didominasi dengan warna orange pastel.

5. Hampir seluruh burung Tledekan betina berwarna coklat dengan paruh berwarna hitam pekat.

Jenis Tledekan Gunung
Dikenal lebih dari 2 jenis Burung Tledekan yang Bisa ditemui di Indonesia. Diantaranya yaitu, Tledekan Gunung Jawa, Tledekan Gunung Kalimantan, dll. Burung ini juga sebenarnya tak hanya berada di daerah seperti Jawa dan Kalimantan. Melainkan, juga Bisa dijumpai di, Sulawesi dan Sumatera (baca juga: harga tledekan).

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888