Mengetahui 6 Manfaat Kerodong Untuk Burung Kicauan

Kerodong termasuk salah satu bagian atau perlengkapan yang tidak bisa dipisahkan dengan burung kicauan peliharaan. Seperti halnya sangkar, ternyata manfaat kerodong untuk burung kicauan ini jga cukup banyak. Sebab, jika anda memiliki burung kicauan, anda harus memiliki perlengkapan untuk perawatan burung kicauan seperti kerodong ini.

kaskus.co.id

Perlu anda ketahui, jika kerodong bukan hanya sebagai pelengkap aksesoris burung saja. Akan tetapi kerodong merupakan salah satu perlengkapan penting yang akan memberikan banyak manfaat pada burung. Berikut ini adalah fungsi dan manfaat kerodong untuk burung kicauan.

Sebenarnta, perlengkapan seperti kerodong ini dianggap sebagai selimut untuk burung. Dengan kerodong, burung bisa menjadi nyaman dan nyenyak tidur. Sebab, dengan burung merasa sangat tenang. Burung juga bisa akan bebas dari gangguan binatang-binatang yang dapat mengganggu atau cuaca yang dingin.

Manfaat kerodong untuk burung kicauan ini jga akan menjadikan burung menjadi merasa lebih tenang dan nyaman. Oleh sebab itu, kerodong penting sekali untuk burung bakalan tangkapan hutan atau burung-burung yang dalam masa karantina. Tujuannya tak lain agar mereka merasa lebih tenang. Kerodong juga penting sekali diberikan untuk burung-burung yang sedang dalam proses mabung. Sebab, bisa membantu mempercepat pergantian bulu baru.

Terdapat banyak serangga yang sewaktu-waktu bisa dan akhirnya ditangkap oleh burung, seperti walang sangit. Padahal apabila sampai dimakan burung, serangga ini dapat mengakibatkan kematian. Karena, belalang sangit ini merupakan salah satu jenis serangga yang mengandung racun dan mematikan hewan yang memakannya.

Manfaat kerodong untuk burung kicauan selanjutnya juga bisa menjaga kesehatan burung, utamanya terkait dengan udara di malam hari dan cuaca musim pancaroba. Dengan anda memberikan kerodong, kesehatan burung bisa menjadi terjaga.

youtube.com

Karena sistem imun burung dapat bekerja dengan baik dan juga tidak gejala-gejala yang dapat mengganggu kesehatan burung. Sedangkan apabila burung tidak dikerodong, tak hanya menjadikan sistem imun berisiko menurun. Akan tetapi burung juga akan mudah mengalami gangguan kesehatan mengenai dengan cuaca tersebut.

Kerodong juga dapat bermanfaat untuk mencegah stres yang mungkin akan menyerang burung. Sebab pada saat berada dalam kerodong, burung akan sulit untuk mengetahui kondisi sekitarnya. Meskipun ada binatang buas seperti kucing, tikus, dan lain sebagainya, keadaan psikologis burung akan tetap aman.

Sebab, burung tidak melihat maka akan sangat kecil kemungkinannya untuk dapat terganggu. Meskipun burung merasa terganggu sebab mungkin mendengar suaranya, mungkin burung hanya sedikit merasa kaget saja.

Pada saat berada dalam perjalanan, kerodong juga sangat diperlukan. Karena dengan kerodong, burung akan merasa lebih nyaman pada saat berada dalam perjalanan. Apabila burung berpapasan dengan kendaraan yang bising, burung akan tetap merasa tenang dalam kerodong. Ini karena burung tidak melihat alat transportasi tersebut yang mana kerap menjadikan burung merasa ketakutan tersebut.

Burung kicauan yang selalu dikerodong setiap hari akan menjadi lebih fighter. Ini semua tak lain karena disebabkan oleh burung selama dalam kerodong merasa sangat tenang. Dengan demikian secara psikologis burung menjadi lebih siap untuk bertarung apabila berjumpa dengan musuh.

Ini merupakan alasan mengapa burung yang lama tidak dipertemukan dapat saling serang satu sama lain. Hal Dan ini akan lain halnya dengan burung yang selalu diumbar setiap hari, selain kurang rajin berbunyi, fighternya pun juga akan rendah.

About dr.gaplek

Check Also

Serba-Serbi Lovebird Holland

Mengingat asal mula burung lovebird dari Afrika, tanah Indonesia yang memiliki kondisi alam hampir serupa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *