Mengenal Lebih Dekat Seperti Apa Ciri Khas Burung Kacer Air

Home | Burung Kacer | Mengenal Lebih Dekat Seperti Apa Ciri Khas Burung Kacer Air

Mungkin diantara anda sudah ada yang mengetahui seperti apa burung kacer air ini. Tetapi ada juga sebagian yang belum mengetahuinya. Bagi anda yang belum tahu tentang jenis burung ini, orang banyak menyebutnya dengan nama meninting atau manintin.

Burung ini adalah salah satu jenis burung yang populer di kalangan penggemar burung kicau. Sebutan burung kacer air sendiri dikarenakan bentuk dari burung ini yang mirip dengan burung kacer. Habitat aslinya di alam dan tidak jauh dari sumber air, khususnya di daerah dekat sungai. Yang paling menjadi ciri khas adalah burung ini sangat suka mandi.


cherewed.com

Jika anda masih merasa bingung untuk mengenali atau membedakan burung kacer air dengan burung lainnya. Dibawah ini kami sampaikan beberapa ciri-ciri yang bisa membantu anda agar lebih mengenalnya.

Tanpa perlu berpikir panjang lagi, di bawah ini sudah dijelaskan beberapa ciri khas dari burung manintin atau kacer air yang bisa membantu anda untuk lebih mengenalnya. Sehingga jika anda ingin memeliharanya, anda bisa tahu apakah kurung ini asli atau palsu.

Kacer air umumnya mempunyai jambul di bagian kepalanya. Di bagian atas kepala atau jambulnya memiliki bulu yang berwarna putih. Bulu tubuh yang berwarna hitam kecuali bagian dada ke bawah yang berwarna putih. Selain itu, burung ini juga punya ekor yang cukup panjang seperti burung murai batu.

Jika dilihat dari suaranya, maka kicauan burung ini terdengar monoton atau memang kurang bervariasi. Burung jenis kacer air ini umumnya bersarang di pinggiran sungai yang berbatu.


life.trubus.id

Jika anda memelihara burung kacer atau meninting ini maka anda harus tahu bagaimana cara perawatannya. Supaya punya kicauan yang lantang dan juga gacornya maksimal. Sebenarnya untuk perawatan kacer air sendiri lebih mudah dibandingkan dengan burung lain. Anda tak perlu melakukan tahapan khusus, cukup dengan treatment biasa dan ketelatenan saja. Sehingga pemeliharaan kacer air bisa menjadi paling cocok dengan orang yang suka memelihara burung namun tidak punya banyak waktu.

Untuk asupan makanan kacer dapat berupa makanan alami dan buatan. Umumnya pemberian makanan kacer ini bukan hanya menggunakan satu jenis saja, tapi kombinasi dari dua jenis pakan tersebut.

Hal ini bertujuan agar kebutuhan asupan nutrisi kacer bisa terpenuhi. Makanan yang bernutrisi dapat menghasilkan suara kacer yang merdu dan lantang. Pakan alami untuk burung kacer yang baik adalah orong-orong, jangkrik, kroto, belalang, ulat hongkong dan cacing tanah. Sementara pakan buatannya anda bisa memberikan voer.

Untuk pemberian pakan burung kacer berdasarkan waktu dan juga porsi yang baik dan benar adalah sebagai berikut. Ketika anda ingin memberi pakan berupa jangkrik, cukup diberi dua hingga tiga ekor setiap pagi dan sore.

Bila anda ingin memberi pakan berupa ulat hongkong, anda bisa memberinya satu sendok teh sehari sekali. Untuk penyempurnaan asupan nutrisi yang lengkap, anda dapat memberikan Voer setiap 2 kali sehari dengan memberikan takaran secukupnya.

Selain pemberian pakan yang bernutrisi, anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang. Faktor lingkungan menjadi salah satu penunjang yang perlu diperhatikan di dalam merawat burung ini.

Bila kandang kacer terjaga kebersihannya, tentu saja burung bisa terhindar dari semua jenis penyakit. Seperti penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan jamur, dengan begitu stamina dan kesehatan burung kacer tetap terjaga.

Sebaiknya anda rutin membersihkan kandang burung kacer air paling tidak sehari sekali. Karena menjaga kebersihan kandang termasuk salah satu cara merawat kacer yang tidak kalah penting jika dibandingkan dengan poin-poin sebelumnya.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *