Mengenal Lebih Dekat Jenis Burung Glatik dan Habitatnya

Burung gelatik atau yang biasa disebut dengan burung hias gelatik wingko saat ini memiliki banyak penggemar. Banyak jenis burung gelatik yang ada di wilayah Indonesia saat ini.

Pecinta burung mengagumi ocehannya yang nyaring. Burung ini banyak menjadi perhatian para pecinta burung karena nada ocehannya sangat keras dan lantang.

Burung gelatik mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Perawatannya juga cukup mudah sehingga akan lebih gampang saat anda memeliharanya di rumah.

Burung gelatik memiliki suara yang tidak kalah dengan burung kicau lainnya. Burung ini memiliki kicauan yang bervariasi serta nafas yang kuat.

Ada beberapa jenis burung gelatik yang tersebar di berbagai wilayah. Semua jenis burung ini masih mudah untuk dijumpai.

Karena habitat burung gelatik sempat terganggu adanya pemburu liar, maka saat ini sudah banyak orang melakukan penangkaran burung tersebut.

Mengenal Lebih Dekat Jenis Burung Glatik dan Habitatnyaarenahewan.com

Burung gelatik memang memiliki banyak macamnya. Jika dahulu burung ini menjadi musuh para petani karena memakan hasil tanaman.

Namun saat ini burung ini semakin berkurang populasinya. Beberapa jenis burung gelatik ada yang hidup liar di alam bebas.

Maraknya perburuan liar membuat burung ini berkurang dan tidak mudah ditemukan di alam bebas. Rusaknya habitat dan ekosistem di alam bebas membuat burung ini juga berkurang.

Selain itu, berkurangnya area persawahan di bumi juga berdampak terhadap berkurangnya koloni burung gelatik di alam. Jenis burung ini juga dapat dijadikan burung hias sehingga penangkaran burung gelatik menarik para pecinta burung.

Disamping itu, karena suaranya yang gacor dan nyaring membuat para pecinta burung mulai mempertimbangkan burung yang satu ini. Burung gelatik dengan jenisnya yang bermacam-macam.

Selain itu, memiliki berbagai aneka warna bulu dan keunikan masing-masing. Beberapa diantaranya sudah banyak ditampilkan di kontes burung seperti burung yang lainnya.

Jenis burung gelatik banyak di Indonesia. Meski dahulu burung ini musuh bagi petani, namun saat ini banyak dipelihara di rumah. Inilah beberapa jenis burung gelatik dan habitatnya.

Burung gelatik batu memiliki nama latin parus major. Burung ini memiliki spesifikasi yang unik. Burung jantan memiliki kepala berbulu yang berwarna hitam pekat.

Sedangkan burung betinanya memiliki warna bulu kepala abu-abu. Panjang burung ini berkisar antara 13 cm dengan warna putih, hitam dan abu-abu. Kebanyakan warna yang ada pada bulu burung ini berwarna hitam.

Warna putih yang sedikit terdapat pada burung tersebut justru memberi kesan coretan yang menarik. Jenis ini termasuk burung yang aktif dan lincah. Suaranya yang gacor dan bervariasi membuat para pecinta burung melirik burung yang satu ini.

Oleh karena itu, saat ini sudah banyak orang yang melakukan penangkaran burung gelatik batu. Burung gelatik wingko memiliki habitat hidup di banyak negara.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak tersebar di berbagai wilayah. Diantaranya di pulau Bali dan pulau Jawa.

Burung ini dapat anda lihat di area padang rumput, sawah, pekarangan rumah, hutan mangrove dan pantai.Burung gelatik bau menghasilkan telur kurang lebih 4 hingga 5 butir.

Siklus perkembangbiakan burung ini terjadi di bulan April sampai bulan Juni. Burung ini akan membuat sarang di lubang pohon yang berlumut. Selain itu, biasanya juga dapat menempati sarang burung takur bultok yang ditinggal kosong. 

Burung gelatik silver menjadi salah satu jenis burung gelatik yang memiliki spesifikasi unik. Spesifikasi burung ini memiliki paruh yang berwarna merah cerah, namun pada bagian tepinya berwarna putih kekuningan.

Sedangkan pada bagian bulu samping bodynya berwarna putih. Pada bagian dagu, dada, punggung hingga ekor memiliki warna abu-abu muda. Panjang burung gelatik silver mencapai 15 cm.

faunadanflora.com

Burung gelatik Jawa memiliki nama latin oryzivora. Postur tubuhnya berbadan mungil dan ukurannya memiliki panjang berkisar 15 cm.

Spesifikasi burung ini memiliki warna bulu bagian perut coklat kemerahan. Pada matanya terdapat lingkaran merah di sekitarnya.

Jika masih muda bulunya berwarna coklat, namun saat sudah dewasa bulunya berubah menjadi berwarna abu-abu. Kaki burung ini berwarna merah muda.

Burung gelatik jawa merupakan burung pemakan buah-buahan, serangga dan biji-bijian. Jenis yang satu ini biasa bergerombol dengan burung jenis lainnya. Habitat burung gelatik jawa berada di pulau Jawa, Bali, dan Madura.

Karena burung ini mudah beradaptasi sehingga mampu tersebar ke wilayah Sulawesi, Maluku, dan beberapa wilayah lainnya. Jenis burung ini banyak dipelihara di rumahan.

Berbeda dengan jenis burung gelatik lainnya burung ini memiliki warna putih yang mendominasi. Spesifikasi burung ini tidak dimiliki burung gelatik jenis lainnya.

Bahkan jika burung gelatik memiliki ciri khusus tompel pipinya yang berwarna putih, namun tidak dimiliki burung gelatik putih. Hal ini terjadi karena bulunya yang putih membuat samar warna lainnya.

Warna pangkal paruhnya lebih merah dan memiliki mata yang tajam serta cerah. Gelatik putih termasuk burung yang memiliki harga yang cukup mahal. Meski warnanya hampir sama, namun anda dapat membedakan gelatik jantan dan betina.

Terlihat dari postur tubuhnya saja jika burung gelatik putih jantan lebih besar dibanding dengan burung gelatik putih betina. Pada segi suara burung jantan memiliki variasi warna yang banyak. Sedangkan pada betinanya hanya satu jenis suara saja.

Burung gelatik coklat memiliki ciri khusus yaitu warna yang mendominasinya. Dominasi warna burung ini adalah warna krem atau warna putih kekuning-kuningan. Burung gelatik coklat banyak disebut juga dengan burung gelatik holland.

Ciri fisik jenis burung ini mirip dengan burung gelatik silver dan burung gelatik belong. Burung jenis ini memiliki ciri khusus dengan jenis burung lainnya yaitu terdapat pada warnanya saja.

Jika berada di habitat alam bebas, jenis burung gelatik ini memperoleh makanan dari biji-bijian, buah, dan serangga. Berbeda jika burung gelatik dipelihara dirumah.

Anda dapat memberi makan voer agar burung dapat berkicau lebih cepat. Kroto dan ulat juga banyak diberikan pada burung gelatik yang dipelihara dirumah. Kroto menjadi makanan yang banyak digemari burung gelatik.

Sedangkan ulat hongkong juga biasa diberikan untuk burung gelatik asal pemberiannya tidak berlebihan. Kacang tanah mungkin masih asing didengar. Namun ternyata kacang tanah merupakan jenis pakan yang sangat baik dan disukai burung gelatik.

Pemberian kacang tanah akan membantu terhindar dari stress. Pemberian pakan yang tepat akan membuat burung gelatik cepat berkicau.

Selain itu, dengan diberi makan kacang tanah, burung gelatik indukan akan meningkatkan tingkat kesuburannya. Kacang tanah juga mampu meningkatkan daya ingat burung gelatik agar cepat menirukan suara burung masteran.

Itulah beberapa jenis burung gelatik yang bisa anda kenal. Penyebarannya semakin berkurang karena banyak terjadi perburuan liar. Setiap jenisnya burung gelatik memiliki ciri khusus yang dapat dijadikan pembeda. Makanan burung gelatik sama saja.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkap Cucak Ijo Liar Dengan Mudah dan Cepat

Sebagai penghobi burung yang baik, pastikan anda tak hanya mahir dalam memberikan perawatan saja, melainkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *