Mengenal Keunikan dan Spesies Burung Seriwang

Anda perlu mengenal keunikan dan spesies burung seriwang. Burung seriwang merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas yang berupa ekor dengan ukuran yang panjang. Burung ini juga biasa disebut dengan Asian Paradise Flytcatcher atau Terpsiphone Paradisi.

Burung ini mempunyai penampilan yang hampir sama dengan murai batu ekor panjang. Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan lain seperti warna bulu dan jambul kepala yang berwarna lebih indah.

Keunikan dan spesies Burung Seriwang meutani.blogspot.com

Di Indonesia burung seriwang sering disebut dengan burung tali pocong atau burung tali mayit. Sedikit aneh dan menyeramkan memang. Akan tetapi, nama tersebut diberikan karena jenis burung ini memiliki ekor yang sangat panjang.

Untuk daerah penyebaran burung seriwang terdapat di berbagai negara seperti Cina, India, Srilanka, Indonesia, Turkistan dan lain sebagainya. Untuk Indonesia sendiri burung seriwang dapat ditemui di daerah Pulau Sumba dan Alor.

Burung seriwang merupakan jenis burung dengan suara berisik dengan memiliki suara yang khas dan tajam. Dengan warna tubuh yang sesuai dengan subspesiesnya.

Burung seriwang merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara lumayan kencang dan merdu. Hal ini menjadikan alasan burung seriwang sering digunakan untuk memaster burung lain.

Jenis burung seriwang merupakan jenis burung pemakan serangga serta mempunyai kebiasaan berburu sambil beterbangan. Burung jenis ini menyukai jenis makanan seperti ulat, kutu kayu, capung, laba-laba, kumbang serta buah-buahan kecil yang dapat ditemukan di tengah hutan.

Spesies burung seriwang juga sering terlihat mendiamai hutan lebat. Oleh karena itu, burung ini juga dikenal sebagai jenis burung migrasi. Jika wilayah Asia mengalami musim dingin, maka kawanan burung ini akan bermigrasi ke wilayah hutan hujan tropis.

Cara mengenal keunikan burung seriwang berikutnya adalah bagian kaki. Pada bagian kaki berukuran pendek. Burung ini sering terlihat bertengger secara tegak hampir sama dengan burung cendet.

Kebiasaan unik dari burung ini adalah suka sekali mandi. Hal ini dibuktikan dengan setiap sore burung ini terlihat turun dan bertengger pada dahan rendah yang berada di atas kolam kecil. Yang selanjutnya burung tersebut akan menceburkan diri untuk mandi.

Keunikan dan spesies Burung Seriwangpinterest.fr

Pada burung seriwang memiliki beberapa jenis spesies yang masing-masing memiliki ciri fisik yang berbeda antara lain:

Pada spesies ini memiliki ciri fisik yang antara lain punggung dengan warna bulu coklat, bagian dada dan perut berwarna putih kusam. Sedangkan pada bagian kepala serta jambul berwarna hitam.

Untuk membedakan antara betina dan jantan adalah ukuran panjang ekor, pada betina ukuran ekor lebih panjang dibandingkan dengan burung jantannya.

Dengan mempunyai warna punggung serta ekor coklat tembaga, pada bagian perut dan dada mempunyai warna putih. Sedangkan pada bagian mata terdapat iris mata yang berwarna coklat serta terdapat titik hitam.

Untuk bagian kepala mempunyai jambul berwarna hitam. Selain itu, spesies ini memiliki kaki yang dapat dikatakan berukuran pendek. Hal ini menyebabkan tubuhnya lebih terlihat tegap ketika bertengger.

Merupakan spesies burung seriwang yang memiliki bulu berwarna putih serta kepala dan jambul berwarna hitam. Pada iris mata memiliki warna hitam serta bagian sayap terdapat beberapa bulu berwarna hitam pula.

Setelah mengenal keunikan dan spesies burung seriwang di atas, maka bagi anda yang berniat untuk memelihara burung jenis ini harus menyediakan kandang dengan ukuran yang besar.

Untuk perawatan harian yang dapat anda lakukan yakni sama dengan memelihara jenis burung lain seperti murai batu, kacer, tledekan, dan yang lainnya. Karena burung seriwang termasuk jenis burung pemakan serangga.

About dr.gaplek

Check Also

Mengetahui Ciri Khas Burung Hwamei Mini Dengan Suaranya yang Gacor

Salah satu jenis burung kicauan bertubuh mungil yang memiliki suara kicauan yang merdu adalah burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *