Loading...
Lovebird

Mengenal Keluarga Burung Lovebird

Burung Love Bird pada awalnya burung hiasan yang oleh sebagian orang dijadikan simbol dalam kerukunan berpasangan. Seiring dengan pesatnya trend dunia burung berkicau, burung Love Bird banyak dijadikan sebagai burung master dan burung lomba oleh Kicaumania di Tanah Air. Burung ini terkenal dengan bentuknya yang lucu dan kombinasi warna-warna bulu yang sangat menawan.Burung ini terkenal cerewet, karena sensitif dengan suara tinggi yang ada disekitarnya.Merawat burung Love Bird sangatlah mudah dan menyenangkan.
Untuk selanjutnya lovebird disingkat lb emoticon-Peace

Quote:

Berikut ini informasi yang penting agar anda lebih mengenal 9 jenis Lovebird yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Lovebird kerah hitam, gambar kiri tengah ( Nama Latin: Agapornis Swinderniana) jenis Lovebird ini Disebut kerah hitam karena ada warna hitam pada bagian leher walaupun terkadang warna hitam itu hanya terlihat sedikit, terutama pada Lovebird jantan. Pada bulunya umumnya berwarna hijau dengan bagian punggung berwarna biru.Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman sedangkan pada bagian kaki berwarna kuning kehijauan. Perbedaan jantan dan betina: LoveBird jantan, bulu hitam lebih terlihat di bagian tengkuknya, sedangkan lovebird betina terlihat lebih sedikit. Habitat asal: banyak ditemukan di Afrika Tengah dan sebagian di Afrika Barat.

2. Lovebird Muka Merah, kiri atas (Nama Latin:Agapornis Pullaria) memang Sesuai dengan namanya jenis Lovebird ini memang punya warna merah atau oranye pada bagian dahi/wajah. Lovebird betina berwarna merah muda pada bagian dahi/muka sedangkan warna hijau ada di bagian bawah sayap.Lovebird yang jantan bulunya berwarna hijau kekuningan di bagian bawah sedang sayapnya berwarna hitam dengan ekor hijau.Paruhnya berwarna merah dan kaki abu-abu.Perbedaan lainnya antara jantan dan betina terletak pada bulu di bawah sayap.Burung Lovebird betina bewarna hijau sedangkan Lovebird jantan berwarna hitam.Habitat asli lovebird muka merah adalah dari Afrika tengah dan barat.

3. Lovebird Sayap Hitam / Lovebird Abisinia, kanan atas (Nama Latin:Agapornis Taranta), ciri khas jenis Lovebird sayap hitam adalah terletak pada warna hitam pada bagian bawah sayap sedangkan bulu tubuhnya umumnya berwarna hijau kekuningan di bagian bawahnya. dahi dan Lingkar mata Lovebird jantan berwarna merah sedangkan betina berwarna hijau. Perbedaan yang lain antara pejantan dan betina adalah pada warna bulu secara keseluruhan. LoveBird betina dominan berwarna hijau sedangkan Lovebird jantan mempunyai warna merah pada bagian dahi dan lingkar mata.Habitat asli Lovebird jenis ini adalah : Ethiopia – Benua Afrika.

4. Lovebird Kacamata Topeng aka Dakocan, kanan bawah (Nama Latin: Agapornis Personata) jenis Lovebird Kacamata Topeng pada umumnya berbulu hijau, dimana dahi dan pipi depan berwarna hitam kecoklatan. Warna kehitaman terlihat pada bagian kepala burung sedangkan bagian leher dan dada burung berwarna kuning dengan bulu ekor berwarna hijau dan kaki abu-abu .Dari segi warna, kita sulit membedakan Lovebird betina dan jantan. Habitat asli burung ini adalah : Tanzania – Benua Afrika.

5. Lovebird Muka Salem, kanan tengah (Nama latin: Agapornis Roseicollis) jenis Lovebird muka salem umumnya mempunyai bulu berwarna berwarna hijau dan pada bagian tubuh di bawah cenderung kekuning-kekuningan. dada, dahi dan belakang mata berwarna merah, pada sayap bagian bawah berwarna kebiruan sedangkan paruhnya berwarna kuning dengan kaki berwarna abu-abu. Lovebird ini memiliki varian seperti Lovebird Albino dengan bulu putih bermata merah, LoveBird Biru yang berwarna biru, Lovebird Golden Cherry dengan bulu kuning keemasan, Lovebird Cinamon yang berbulu coklat kekuningan, Lovebird Lutino (bulu kuning bermata merah) , Lovebird Pied yang memiliki bercak warna pada bulu-bulunya. Perbedaan antara lovebird jantan dan betina tidak terlihat jelas. Habitat aslia adalah daerah : Afrika Barat Daya.

6. Lovebird Kacamata Pipi Hitam, tengah bawah (Nama Latin: Agapornis Nigrigenis)jenis LoveBird spesies kacamata pipi hitam punya bulu hijau hijau sedangkan pada dahi depan berwarna coklat kemerahan. Pada dada bagian atas berwarna oranye lembut dengan ekor warana hijau dan kaki abu-abu.Lingkar matanya berwarna putih sedang pada paruh bagian atas terdapat bercak hitam, dan warna hitam terlihat jelas pada bagian pipi. Habitat asli jenis ini adalah : Zimbabwe dan Zambia – Afrika. Negara asal burung jenis Lovebird kacamata pipi hitam telah membatasi ekspor Lovebird ini sehingga sulit ditemui di pasaran.

7. LoveBird Kacamata Fischeri, tengah tengah (Nama latin: Agapornis Fischeri) Spesies Lovebird Kacamata Fischeri pada umumnya punya bulu hijau dan lebih kekuningan di tubuh bagian bawah.sedang bagian Dahi, pipi dan kerongkongan warnanya oranye, sedang bulu kepala bagian bawah berwarna hijau lembut. Warna kuning terdapat di dada atas dan kerah sekitar leher dengan ekor biru muda.Kaki Lovebird Kacamata fischeri warnanya abu abu sedangkan paruh Love bird ini berwarna merah.asal Habitat aslinya Tanzania – Benua Afrika.

8. LoveBird kepala abu-abu / Lovebird Madagaskar, tengah atas (Nama Latin:Agapornis Cana) Spesies lovebird kepala abu-abu Bulu di tubuh dan ekor umumnya berwarna hijau kekuning kuningan. Bagian bawah kepala, dada, kaki, leher & paruh berwarna berwarna abu-abu. Perbedaan pejantan dan betina adalah di bagian Bulu di bawah sayap, burung yang berkelamin betina bewarna hijau dan lovebird berkelamin berwarna hitam.Habitat asli spesies ini adalah dari Madagaskar.

9. LoveBird Kacamata Nyasa, kiri bawah (Nama latin:Agapornis Lilianae) jenis atau spesies Lovebird Kacamata Nyasa pada umumnya punya bulu hijau. Tubuh bagian bawah, dahi dan kerongkongan Lovebird ini berwarna oranye dengan mahkota berwarna merah kekuningan.Lingkar mata putih dengan paruh merah tua, sedang kaki berwarna abu abu. Habitat love bird ini berasal dari Tanzania, Malawi, dan Mozambique – Benua Afrika.

KARAKTER DASAR BURUNG LOVE BIRD

Spoiler for karakter:

jenis warna pada lovebird kacamata(klep) , mari belajar warna emoticon-Big Grin

Quote:

 

Spoiler for ijo fischeri:

 

Spoiler for ijo nigrigenis aka blackcheeked:

 

Spoiler for ijo nyasa aka lilinae:

2. pastel ijo aka pasjo aka palamas aka marimas

Spoiler for palamas fischeri:

3. pastel kuning

Spoiler for pastel kuning:

4. lutinem aka lutino mata item atau Dark Eye Clear Yellow

Spoiler for lutinem:

5. lutino emoticon-Genit:

Spoiler for lutino:

6. Biola isabela emoticon-Wowcantik

Spoiler for biola:

 

Quote:

8. mauve aka hitam

Spoiler for mauve:

9. violet

Spoiler for violet:

10. pastel biru

Spoiler for pasblue:

11. pastel putih

Spoiler for pastel putih:

12. albinem aka snowwhite

Spoiler for albinem:

13. albino emoticon-Wowcantik

Spoiler for albino:

14. par blue emoticon-Wowcantik

Spoiler for parblue:

15. euwing

Spoiler for euwing:

16. halfsider alias slewah emoticon-Kiss (S)

Spoiler for HS:

 

Spoiler for teori HS:

tapi ane belum pernah kebagian HS dikandang ane emoticon-Ngakak (S)
kalo mau praktek, resiko ditanggung penumpang ya emoticon-Big Grin
17. dominant pied blue series emoticon-Wowcantik

Quote:

 

Spoiler for dompied green series fischeri:

b.

Spoiler for dompied personata:

 

Spoiler for dompied green series personata:

c.

Spoiler for dompied blackcheeked:

 

Spoiler for dompied green series blackcheeked:

d.

Spoiler for dompied nyasa:

 

Spoiler for dompied green series nyasa:

Rumus dompied

Spoiler for dombret:

18. pale fallow emoticon-Kiss (S)

Spoiler for fallow:

emoticon-Paw

Quote:

emoticon-Paw
siapan umur 7bulanan

Spoiler for siapan:

emoticon-Paw
catatan mengenai kekuatan gen warna pada LB

berawal dari warna ijo, dengan campur tangan manusia jadilah mutasi bermacam2 warna emoticon-Big Grin
Kelas mutasi didasarkan dominan ke resesif
ijo>biru
ijo>palamas>pastel kuning>lutino
Biru>pastel biru>pastel putih>albino
jadi biru dan lutino/albino adalah gen resesif

Biru itu resesif dibandingkan hijau
lutino dan albino masuk resesif
jadi kalo biru kimpoi dgn hijau, kemungkinan besar keluar hijau daripada birunya. Tergantung indukan dari indukan juga, alias kakek neneknya warna apa aja.
Itulah mengapa, palamas dikimpoikan palamas, anakannya belum tentu palamas, karena kakeknya mungkin dari warna selain palamas.
Paham sampe sini gan emoticon-Embarrassment

anakan akan tergantung gen induknya dan kakek neneknya dan silsilah diatasnya

Spoiler for patokan warna pada LB kacamata:

warna nonklep
harga anakan Nonklep ijo 200, palid 250, lutino 300.
Ndak tahu yg lain, kliatannya pasarannya segitu.

Pallid ntu, warna tunggir biru dgn warna badan selain warna ijo/biru standar.
Lutino pasti mata merah.
Gak ada lutinem di nonklep, lutinem nonklep ya namanya pallid emoticon-Big Grin

dilute

Spoiler for dilute:

 

Spoiler for dilute violet fichery:

 

Spoiler for dilute cobalt fichery:

About the author

Siti Nuraini

Menjalani hidup tanpa kesenangan seolah berlayar ditengah lautan luas tanpa kawan, tanpa harapan mau berlabuh dimana. Burung yang imut bersuara merdu bisa mewarnai kehidupan kita. Saya ingin menjadi sahabat anda pecinta burung kicauan di seluruh dunia. Pesan saya hanya satu, sayangi dan lestarikan satwa indah ini. Salam Kicau!

Leave a Comment