Mengenal Karakteristik Kolibri Anna Idola Baru Burung Kicauan

Home | Burung Kolibri | Mengenal Karakteristik Kolibri Anna Idola Baru Burung Kicauan

Berbicara tentang karakteristik Kolibri Anna memang tidak akan pernah ada habisnya. Burung ini memang punya banyak sekali alasan untuk orang mulai menyukainya.

Popularitas burung ini memang semakin menjadi-jadi semenjak tren burung kicauan mulai berubah. Kini memang banyak penggemar burung kicauan memilih beralih ke burung-burung kecil.

Burung berukuran kecil memang dirasa lebih memberikan sensasi kicauan yang indah. Selain suaranya kicaunya yang indah, bulu burung kecil juga cenderung lebih berwarna.

Tidak heran jika kini harga burung-burung kecil kian melonjak. Selain harganya mahal, burung-burung kecil juga tergolong susah dipelihara.

kunst-fuer-alle.de

Karakteristik Kolibri Anna memang terbilang lebih unik dari jenis lainnya. Salah satu keunikannya mungkin karena asal burung ini yang cukup jauh.

Kolibri Anna merupakan burung asli daerah Amerika Utara. Situasi dan kondisi di Amerika Utara tersebut membuat bulunya terlihat cantik.

Selain warnanya yang cantik, burung ini juga mempunyai cara terbang yang unik. Seperti halnya Kolibri lainnya, burung ini akan terbang dengan cara hovering.

Hovering adalah cara terbang mengepakkan sayap dengan kepakan yang sebanyak mungkin. Dengan otot pectoral yang kuat, burung ini mampu melakukan gaya terbang semacam itu.

Otot pectoral burung ini kuat karena tersusun dari fiber glikolitik yang cepat. Dengan keadaan itu, bagian otot pectoral tidak akan mudah lelah.

Karakteristik Kolibri Anna dari segi fisik memanglah sangat menggemaskan. Burung ini hanya berukuran 9 hingga 10 cm.

Warna bulu burung ini juga tergolong sangat berwarna. Punggung Kolibri Anna berwarna hijau keemasan.

Bagian dada dan perutnya lebih berwarna hijau gelap. Sedangkan bagian ekornya panjang lurus dan sangat rata.

Yang menjadi ciri khas Kolibri Anna adalah adanya mahkota pada kepalanya. Mahkota Kolibri Anna ini akan berubah warna ketika terkena paparan cahaya matahari.

Mahkota jantan akan terlihat berwarna merah atau magenta saat terkena cahaya matahari. Begitu dengan mahkota betinanya, akan tetapi tidak lebih besar dari milik jantan.

Karakteristik Kolibri Anna dari segi kebiasaan hidup juga terlihat sangat unik. Burung yang banyak ditemukan di Amerika Utara ini gemar hidup secara menetap.

Burung ini terkenal dengan sifat teritorialnya. Artinya akan tidak suka bila ada hewan atau manusia yang mengganggu wilayahnya.

Ketika mereka terancam teritorialnya, maka akan mulai berpindah. Dengan tingkat sensitifitas yang tinggi, burung ini mampu mendeteksi ancaman yang terjadi.

Selain kebiasaan hidup berdasarkan tempat, burung ini juga memiliki kebiasaan hidup lainnya. Kebiasaan hidup lainnya dari burung ini adalah kebiasaan makan dan kawin.

Karakteristik Kolibri Anna yang berparuh panjang dan runcing tentunya bukan hanya hiasan. Paruh dengan tipe seperti ini akan memudahkan burung ini untuk mengambil makanannya.

Makanan utama burung ini adalah nektar dalam bunga. Selain dengan bantuan paruhnya, Kolibri Anna juga memiliki lidah yang panjang.

Dalam proses makan, burung ini juga membantu proses terjadinya perkawinan bunga. Oleh karena itu, burung ini termasuk pemegang peran penting dalam siklus hidup.

Burung Kolibri Anna biasa kawin di daerah hutan terbuka. Selain itu, burung ini juga menyukai daerah dasar gunung sebagai tempat kawinnya.

Pada musim kawin pejantan Kolibri Anna akan lebih sering bersuara. Selain bersuara, mereka akan jadi lebih sensitif dengan teritorialnya.

Setelah kawin, burung betina akan mulai membuat sarang. Sarang ini biasa diletakkan pada bagian ranting-ranting tumbuhan yang tersembunyi.

Setelah telur menetas indukan akan mulai merawat anaknya. Karakteristik Kolibri Anna ini dapat meningkatkan tingkat hidup dari anaknya.

About dr.gaplek

Check Also

Pengertian Luas Burung Blekok Sawah dan Habitatnya

Burung blekok sawah merupakan salah satu jenis burung yang tergolong dari keluarga Ardeidae. Nama latin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *