Mengenal Karakteristik Burung Bondol Oto Hitam

Mengenal karakteristik burung bondol oto hitam dengan nama lain Lomchura ferruginosa. Burung ini adalah salah satu jenis burung kecil dengan ukuran 11 cm yang mempunyai paruh tebal.

Dalam bahasa Inggris, burung ini dinamakan dengan chesnut munia. Burung ini merupakan jenis burung dengan beraktivitas dalam kelompok yang besar.

Burung oto hitam menghuni daerah pinggiran hutan serta sekitar persawahan. Oleh karena itu, pada musim panen tiba, jenis burung ini merupakan salah satu hama tanaman padi yang paling dibenci oleh para petani.

Mengenal Karakteristik Burung Bondol Oto Hitam indonesianfinch.org

Burung bondol oto hitam memiliki tubuh dengan warna coklat serta berkepala putih. Pada dagu serta tenggorokan berwarna hitam. Pada burung ini mempunyai iris mata merah. Hal ini menjadikan pembeda dengan jenis burung lain.

Jumlah bondol oto hitam tidak sebanyak jenis bondol lain seperti bondol Jawa, bondol peking serta bondol haji. Dengan jumlah yang cukup terbatas sehingga cukup jarang ditemui di tempat umum.

Burung bondol oto hitam adalah jenis burung finch dengan ukuran kecil yang cukup digemari oleh masyarakat. Dengan karakteristik burung bondol oto hitam yang hampir mirip dengan burung bondol haji atau emprit haji (lonchura maja).

Kedua jenis burung tersebut terdapat perbedaan pada warna hitam pada dagu serta tenggorokannya. Untuk daerah persebaran burung bondol oto hitam sangat terbatas yakni di Jawa dan Bali. Lain hal dengan jenis bondol haji yang dapat dijumpai di wilayah Sumatera.

Karakteristik burung bondol oto hitam lainnya adalah burung jenis ini mempunyai penampilan yang sangat eksotis. Selain itu juga, burung bondol oto hitam dapat kita temui pada sejumlah pasar burung dengan harga yang cukup terjangkau.

Para penggemar burung bondol oto hitam pada umumnya memelihara jenis burung ini dengan tujuan mempercantik kandang aviary dengan beragam jenis finch. Atau dikembangbiakkan guna memperoleh warna-warna burung yang lebih menarik.

Karakteristik Burung Bondol Oto Hitam bukalapak.com

Penampilan burung bondol oto hitam jantan dengan betina mempunyai penampilan yang hampir sama. Hal ini membuat sulit untuk membedakan antara jantan dan betinanya.

Akan tetapi, pada burung jantan memiliki suara yang lebih bervariasi, sedangkan pada penampilannya terlihat lebih gagah dan ramping.

Burung bondol oto hitam akan berpasangan pada saat musim kawin. Antara burung jantan dan betina akan bersama-sama akan membangun sarang pada pohon yang rindang.

Mereka membuat sarang yang terbuat dari rumput kering dengan bentuk menyerupai bola serta terdapat lubang kecil sebagai tempat keluar masuk. Burung bondol oto hitam betina akan bertelur 3 hingga 4 butir kemudian akan dierami hingga menetas.

Kedua pasangan bondol oto hitam akan menjaga anak-anak mereka secara bergantian dengan mencarikan makanan yang berupa serangga kecil.

Apabila anak-anak bondol oto hitam telah cukup umur, anakan tersebut akan dilatih untuk terbang serta keluar dari sarang. Sang induk akan mengawasi anak-anak mereka hingga dapat benar-benar bisa terbang serta mencari makan sendiri.

Induk burung bondol oto hitam akan mengajari anakan mereka untuk mencari biji-bijian yang dapat dimakan serta hal lain yang diperlukan oleh burung tersebut.

Setelah mengetahui karakteristik burung bondol oto hitam di atas, dapat disimpulkan bahwa burung ini merupakan jenis burung dengan species endemic.

Hal ini dikarenakan burung bondol oto hitam hanya dapat ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia saja. Jenis burung ini biasa hidup di rawa, persawahan atau dataran rendah.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *