Home / Perawatan / Mengenal Jenis Burung Parkit

Mengenal Jenis Burung Parkit

Burung Parkit merupakan Disorientasi satu jenis burung paruh bengkok yang berasal dari benua Australia, Parkit mempunyai kecantikan dan keunikan tersendiri yang terletak di warna bulu cukup beragam serta membentuk goresan warna yang begitu indah. Selain keindahannya terpancar dari bulu-bulu yang menjadi penghias tubuhnya tersebut, ternyata bentuk serta ukurannya pun terbilang cukup unik yaitu paruhnya yang bengkok dengan ukuran yang relatif pendek.

di beberapa bagian di tubuhnya, goresan bulu-bulu membentuk pola yang hampir sama dengan burung perkutut, terutama di bagian belakang kepala, tengkuk dan punggungnya. Terlepas dari kunikan dan Estetika warna bulunya tersebut burung parkit juga menjadi Disorientasi satu burung parrot yang juga banyak dipelihara oleh para pecinta burung. Sebab parkit memang mempunyai daya tarik sendiri untuk dijadikan peliharaan.


burung parkit


Perbedaan Parkit dan Lovebird


Burung Parkit sebetulnya hampir mirip dengan burung lovebird yang kini popularitasnya Bisa dikatakan sedang di puncak kejayaan, meski dengan harga pasaran yang tak semahal dulu. Namun bila dipantau lebih teliti maka Parkit juga mempunyai banyak perbedaan dengan lovebird. Dari segi postur, ukuran burung parkit relatif lebih kecil yakni panjangnya sekitar 20 cm dan bobot 32 gram aja. Bulu ekornya juga lumayan panjang dengan ujung meruncing.


Ditinju dari segi suara kicaunya, ternyata suara burung parkit terbilang monoton atau tak terlalu variatif dengan kualitas suara yang juga tak terlalu nyaring. Meski begitu suara burung parkit kerap dijadikan bahan masteran burung pengicau lainnya lantaran suara crecetannya yang khas tersebut. Dan parkit umumnya tak Bisa ngekek panjang seprti halnya burung lovebird yang sudah sangat terkenal akan kemampuan ngekek panjangnya di atas gantangan.


wajib digaris bawahi pula bahwa memang setiap jenis burung itu dianugerahi keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Termasuk juga di burung parkit satu ini. Itulah indahnya penciptaan setiap jenis burung mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri.


Di kalangan para pecinta burung parkit sudah sangat populer pula bahwa parkit juga termasuk burung sosial yang pintar artinya ia mudah akrab dengan pemilik. Sehingga setelah itu banyak penggemar yang merawat dan melatihnya supaya jinak dan mampu menjalankan beberapa permainan yang cukup menghibur seperti parkit menaiki tangga, fly to me dan sebagainya.


Kalau boleh KenariMania membagikan saran untuk sobat yang hendak melatih burung parkit kesayangannya untuk menjalankan beberapa tips sebaiknya jangan potong kedua sayapnya sebab itu cukup menyiksanya, dimana kodrat dari setiap burung yaitu Bisa terbang. bila kita tak ingin burung parkit peliharaanya tak lepas atau kabur saat diajak main di ruangan terbuka alangkah baiknya merawat parkit dari kecil supaya Bisa jinak.


Makanan Burung Parkit


apabila dilihat dari bentuk paruhnya yaitu bengkok maka Bisa dipastikan bahwa parkit termasuk Disorientasi satu burung pemakan biji-bijian. Adapun makanan yang menjadi kesukaannya yaitu biji milet merah, milet putih, canary seed, biji sawi. Selain biji-bijian, Parkit juga doyan makan sayuran dan buah. Seperti sayur: Kangkung, jagung muda. Sedangkan buah yang disukai semisal buah melon, apel, buah pear dan leci. Sebaiknya burung ini tak diberi makanan berupa coklat dan alpukat di karenakan berbahaya untuk kesehatannya.

Loading...

About Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pasang Iklan anda. Hubungi SMS 087888327888