Mengenal Ciri Khas Burung Sikatan Belang dan Habitanya

Meski ciri khas burung sikatan belang dan habitatnya belum banyak diketahui, namun ocehannya tidak kalah menarik. Burung ini sulit ditemui di alam bebas.

Burung sikatan belang atau yang biasa disebut dengan burung sambar gunung termasuk burung yang unik. Menurut dari bahasa Inggris, burung ini memiliki nama Little Pied Flycatcher.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal jenis burung yang satu ini. Hal ini dikarenakan jenis burung ini bukan termasuk jenis burung yang banyak dipelihara dirumah.

ciri khas burung sikatan belang dan habitatnyaid.wikipedia.org

Mengenai jenis burung yang satu ini, anda harus tahu lebih jauh. Salah satu jenis burung sikatan ini memiliki ciri khas khusus yang ada. Sikatan belang masuk ke dalam jenis spesies keluarga Muscicapidae dari genus Ficedula.

Burung sikatan belang memiliki kicauan yang merdu dan nyaring dibanding burung sikatan lainnya. Kebanyakan burung memiliki ciri khas tersendiri dengan kicauannya maupun bentuk tubuh.

Hal ini dijadikan alasan agar setiap burung memiliki ciri khas yang dapat membedakan dari jenisnya.  Sikatan belang memiliki ukuran tubuh mungil. Burung sikatan belang memiliki lebar 12 cm dan tinggi 10 cm.

Ciri khas burung sikatan belang dan habitatnya dapat dibedakan dari jenis kelaminnya. Ada beberapa yang dapat anda jadikan panduan agar dapat membedakan burung sikatan belang jantan dan betina.

Berikut ini ada hal-hal yang dapat anda perhatikan untuk membedakan burung sikatan jantan dan betina.

Ciri khusus burung sikatan jantan dapat anda ketahui dari warna bulunya. Selain itu, bentuk tubuhnya yang mungil juga berbeda dengan betinanya.

Burung jantan memiliki warna hitam yang menutupi bagian atas tubuhnya. Bagian tersebut diantaranya mahkota kepala, sayap, punggung, ekor, dan sisi wajahnya. Sedangkan pada bagian atas dan bawah tubuhnya memiliki warna putih.

Meliputi sisi samping mahkota, sisi pangkal ekor, dada, perut, sisi sayap, tenggorokan dan tunggirnya. Pada bagian ekor memiliki ukuran yang lumayan panjang yang memiliki beberapa helai bulu.

Matanya berwarna hitam dan memiliki ukuran sedang dan tampak bulat. Selain itu, pada bagian kakinya berwarna hitam dan ukurannya agak panjang.

Beda halnya dengan ciri khas burung sikatan belang betina. Ciri-cirinya juga hampir sama dengan burung sikatan jantan hanya terletak pada warna bulunya.

Burung sikatan belang betina memiliki ciri berwarna kecoklatan yang menutup bagian atas tubuhnya. Meliputi bagian mahkota kepalanya, sisi sayap, ekor, punggung dan bagian wajah.

Pada area tenggorokan, dada, perut dan tunggirnya memiliki warna abu-abu agak kehitaman. Ekornya yang berwarna coklat terlihat lebih panjang yang memiliki beberapa helai bulu. Paruhnya berukuran kecil berwarna hitam.

Pada bagian mata memiliki warna hitam kecoklatan dan memiliki ukuran sedang. Sedangkan pada bagian kakinya memiliki ukuran yang sedang berwarna hitam.

Kicauan burung ini tidak kalah dengan kicauan burung lainnya. Suaranya agak melengking yang tidak terlalu tinggi.

Kicauan siulan bernada agak panjang, namun memiliki irama naik turun secara beraturan. Biasanya kicauan burung ini terdengar secara terus menerus dengan durasi hampir satu menit.

Kebiasaan burung sikatan belang sering mengunjungi hutan. Biasanya hutan pegunungan, hutan lumut dan hutan cemara menjadi tempat burung ini.

Hal ini termasuk ciri khas burung sikatan belang dan habitatnya. Burung ini memiliki ekor yang mirip kipas. Ekornya akan berkembang seperti kipas saat berkicau. Hal ini yang menjadi ciri khas dan keunikan burung sikatan belang.

Selain itu, ekornya yang mengembang juga dapat digunakan untuk menarik perhatian betinanya saat musim kawin.

Burung sikatan belang memiliki area persebaran tidak hanya di wilayah Indonesia. Burung ini juga banyak tersebar di berbagai negara.

Beberapa negara tersebut meliputi Nepal, India, Tiongkok, Thailand, Myanmar, Laos, Bangladhes, Vietnam, malaysia, dan Filiphina.

Sedangkan keberadaannya di Indonesia terletak di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Jawa, Bali, Sumbawa, Lombok, Kepulauan Sula, Alor, dan Flores.

Di wilayah Indonesia memiliki tempat penyebaran yang luas. Namun penyebarannya hanya berada di daerah dataran tinggi berkisar 1000-1200 m di atas permukaan laut.

Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika kebanyakan orang belum mengetahui tentang burung sikatan belang. Saat ini burung sikatan belang nyaris merata di wilayah kepulauan Jawa.

Salah satunya di Taman Nasional Gunung Gede, Taman Nasional Gunung Merapi, dan Taman Nasional Baluran. Burung sikatan belang sewaktu berkembang biak membuat sarang burung yang unik.

Sarangnya berbentuk cawan dengan jumlah telur yang dierami kurang lebih tiga butir saja. Telurnya memiliki warna kecoklatan dan agak gelap kekuning-kuningan.

Saat burung sikatan belang mencari makan biasanya berkelompok. Jika tidak, burung ini bergabung dengan jenis burung yang lain.

Burung sikatan belang biasanya menyantap jenis makanan beragam jenis. Mulai dari kumbang, lalat, ulat, laron, semut, kroto, jangkrik dan laba-laba. Jenis serangga yang banyak ditemukan di hutan.

Selain itu, burung ini juga makan lumut dan daun. Jadi jika hidup di alam liar, burung ini mampu bertahan hidup lebih lama.

mengenal ciri khas burung sikatan belang dan habitatnyagado2ceritaku.blogspot.com

Burung sikatan belang termasuk dalam burung kicau yang dijadikan masteran burung. Biasanya digunakan untuk burung jenis murai batu atau kucica kampung, kacer atau kucica kampung serta Anis atau cicak daun.

Selain itu, burung ini juga termasuk dalam burung yang dilombakan dalam event lomba tingkat daerah namun nasional. Burung sikatan belang masih masuk dalam kategori perdagangan yang cukup aman.

Meski burung murai batu termasuk burung yang memiliki kicau paling bagus, namun burung ini tidak bisa lepas dari permasalahan kesehatan atau performanya. Berbeda dengan burung sikatan belang yang memiliki suara merdu sehingga sering dijadikan masteran.

Masalah struktur badan burung ini juga memiliki performa yang bagus dan kekebalan tubuh yang lumayan kuat. Selain itu burung sikatan belang tidak mengalami serak pada suaranya.

Saat ini burung sikatan belang memiliki peminat yang banyak. Apalagi bagi penggemar masteran burung yang suka dengan kicauan burung ini.

Suaranya yang cerewet dan bervariasi menjadi daya tarik burung yang satu ini. Bagi anda yang ingin memiliki burung sikatan belang, ada beberapa variasi harganya.

Harga burung ini relatif terjangkau. Harga biasanya tergantung dari kicauannya dan umur burung tersebut. Meski burung yang satu ini termasuk burung pemalu namun penggemarnya lumayan banyak.

Saat burung sikatan belang berada di alam liar anda akan sulit melihatnya. Karena burung ini akan langsung terbang tinggi jika melihat manusia di sekitarnya.

Ciri khas burung sikatan belang dan habitatnya dapat anda ketahui dengan luas. Meski burung ini sulit ditemui, namun anda tidak perlu khawatir tidak bisa melihatnya. Burung ini sudah banyak berada di kawasan kepulauan Jawa dan sekitarnya.

About dr.gaplek

Check Also

Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya Bagus

Home | Burung Gelatik | Cara Menangkarkan Burung Gelatik Jawa yang Hasil Anakannya BagusCara menangkarkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *