Loading...
Flamboyan

Mengenal Burung Flamboyan

Burung Flamboyan, Bentuk dan Suaranya
Nama Burung flamboyan adalah penyebutan lokal daerah Jawa Barat untuk burung yang memiliki nama Javan Fulvetta

(Alcippe pyrrhoptera). Dalam bahasa Indonesia- nya disebut dengan Burung Wergan Jawa. Burung ini berukuran mungil, sekitar (14 cm), dan seluruh tubuhnya berwarna coklat kemerahan. Burung ini merupakan spesies burung kecil dari keluarga Pellorneidae yang habitat aslinya hanya terdapat di Indonesia, terutama di Pulau Jawa bagian barat dan tengah.

Burung Flamboyan

Burung Flamboyan

Belakangan ini sering kita jumpai jenis burung ini di pasaran dalam jumlah yang banyak atau ombyokan. Sangat disayangkan jika spesies burung endemik ini tidak dibatasi dalam penangkapannya karena dikhawatirkan akan cepat punah.

Sebenarnya, untuk suara burung ini tidaklah bagus, biasanya hanya dijadikan sebagai burung masteran untuk murai batu maupun jenis burung kicauan yang lainnya. Namun ada juga kicau mania yang mengatakan burung ini mampu mempelajari suara burung lain dan meniru dengan baik.

Berikut ini ada 2 file audio suara mp3 burung flamboyan yang bisa kalian download melalui link yang tersedia dibawah ini.
Suara Burung Flamboyan

Suara Burung Flamboyan v2

Sebagai gambaran saya tampilkan juga video burung Flamboyan dari Youtube:

 

Perbedaan burung flamboyan jantan dan betina

Cara membedakan burung flamboyan jantan dan betina seperti burung burung yang lain adalah dari warna paruh bawah. Burung flamboyan jantan memiliki warna paruh bawah yang lebih gelap.

Burung Flamboyan

Burung Flamboyan

Semoga bermanfaat dan salam kicau mania dari majalah kicau.

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment