Loading...
Perawatan

Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Setelah Mandi

Master-Ngekek.com – Merawat burung lovebird dengan benar juga memiliki resiko atau permasalah. Baik burung lovebird mengalami over birahi, tidak mau makan, jarang berbunyi, dan permasalahan lain nya. Permasalahan mengenai perawatan burung lovebird yang sering kita alami adalah burung berprilaku lovebird cabut bulu setelah mandi. Apabila ini dibiarkan, maka akan membuat penampilan burung terlihat tidak bagus/cantik. Biasanya, bagian yang dicabutinya adalah dada dan kepala.

Ada beberapa hal penyebab burung lovebird cabut bulu:

Over Birahi (OB)

Dalam beberapa kasus lovebird yang OB, biasanya lovebird akan mencabuti bulunya sendiri. OB sendiri disebabkan adanya rangsangan dari burung lain yang berlawan jenis dan kandungan pakana yang mengandung protein berlebih. Apabila burung anda mengalami OB, segera carikan pasangan yang disukai lovebird anda.

Iritasi Kulit dan Terserang Kutu

 Salah satu penyebab burung lovebird mencabut bulu adalah iritasi kulit yang menyebabkan rasa gatal yang berlebih sehingga lovebird akan mencari kenyamanan dengan cara menggigit, menarik dan mencabut bulunya. Selain itu serangan kutu juga dapat menyebakan rasa gatal pada kulit. Sehingga lovebird akan berprilaku menggigit, menarik dan mencabuti bulunya. Prilaku buruk ini dapat diatasi dengan cara memberikan shampo anti kutu setiap lovebird dimandikan. Cara memandikan nya pun dingan cara disemprot dari atas seperti mandi hujan.

Mengalami Kebosanan

 Seperti hal nya manusia, lovebird juga merupakan makhluk sosial yang memerlukan teman atau pasangan. Kerap kali lovebird mengalami kebosanan, lovebird sering berprilaku menyakiti diri dengan cara mencabut bulu. Cara mengatasinya dengan memberikan mainan seperti kayu yang lunak.

Demikian penjelasan singkat mengatasi lovebird cabut bulu usai mandi. Semoga bermanfaat.

Loading...

About the author

Dian Anggraini

Majalah Kicau menjadi tempat membaca dan mencari referensi para penggemar burung. Mari kita jalani hoby sambil menjaga kelestarian burung berkicau di Indonesia. Salam Kicau!

Leave a Comment