Menelusuri Lebih Dekat Fakta Unik Burung Kakatua yang Menarik

Home | Burung Kakatua | Menelusuri Lebih Dekat Fakta Unik Burung Kakatua yang Menarik


Burung kakatua memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Burung dengan bulu putih dengan jambul yang indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta burung.


Selain burung yang cantik, ternyata ada fakta unik burung kakatua yang belum banyak diketahui. Salah satunya tentang kecerdasan dan keunikan yang dimiliki.

Menelusuri Lebih Dekat Fakta Unik Burung Kakatua yang Menarikindozone.id

Burung kakatua adalah jenis burung yang banyak diketahui sejak lama. Burung yang cerewet ini banyak dipelihara karena kecerdasan yang dimiliki. Selain itu, burung ini juga bisa dijadikan sahabat yang menyenangkan.


Ada juga sebagian orang memanfaatkan burung kakatua untuk menemani dalam pertunjukan sirkus. Hal ini membuktikan bahwa burung ini mampu bekerja sama dengan manusia dengan kecerdasan yang dimiliki.


Bagi anda yang belum mengetahui apa saja fakta unik yang dimilikinya. Menelusuri lebih dalam fakta unik dan menarik dari burung kakatua ternyata menyenangkan. Hal ini dapat membantu anda saat memelihara burung tersebut.


Masih banyak orang yang memelihara burung kakatua. Namun, sayangnya belum tahu secara luas tentang burung tersebut.


Biasanya bagi anda yang memelihara burung hanya mengetahui keunikan serta fisik dari burung tersebut. Namun, alangkah baiknya jika anda ketahui fakta unik dan menarik dari burung kakatua.


Burung kakatua akan menjadi gemuk jika pola makannya tidak teratur. Bagi anda pemilik burung ini, sebaiknya berikan makan secara teratur tanpa kelebihan. Batasi konsumsi makanan yang diberikan pada burung ocehan ini.


Kekuatan paruh kakatua berasal dari paruh bagian bawah. Saat burung ini memanjat paruhnyalah yang digunakan. Kakinya yang bersifat zygodactyl (memiliki 2 jari) kedepan dan dua kebelakang yang membantunya untuk memanjat.


Burung kakatua memiliki fakta unik tentang umurnya. Umur burung biasanya tidak ada yang melebihi burung kakatua. Burung ini bisa hidup sampai umur 60 tahun.


Hal ini terbukti dari adanya burung kakatua tertua di dunia. Major Mitchell’s cockatoo adalah kakatua dengan umur 83 tahun.


Burung kakatua memang memiliki suara yang keras dan nyaring. Suara inilah yang digunakan untuk alat komunikasi antar individu.


Cara komunikasi dengan kawanannya saat predator datang hingga untuk ungkapkan suasana hatinya. Hal ini juga bisa ditemui karena burung kakatua sering bergerombol. Satu kawanan kakatua hampir mencapai 32.000 ekor. 


Burung kakatua termasuk jenis burung monogami. Artinya burung ini hanya membutuhkan satu pasangan untuk seumur hidup. Musim kawin burung kakatua antara bulan Maret dan Desember.


Saat musim kawin tiba, pejantan akan melakukan tarian unik di hadapan betinanya. Jambulnya berdiri, membuka sayap, loncat-loncat dan mengayunkan kepalanya. Aktivitas ini bertujuan untuk menarik betinanya.


Menurut ilmuwan Oxford, burung kakatua adalah burung yang cerdas. Kecerdasannya sudah dibuktikan saat burung ini mampu memecahkan puzzle mekanis yang kompleks.


Jika biasanya spesies burung dapat dibedakan melalui ukuran hingga warna mata, tapi tidak pada burung ini. Kakatua memiliki fakta unik yang lainnya yaitu tergolong dimforik.


Anda pasti akan kesulitan dalam membedakan burung jantan dengan betina. Dalam menentukan jenis kelamin burung ini bisa dilakukan melalui tes DNA.


Itulah beberapa fakta unik burung kakatua yang belum banyak diketahui. Dengan mengetahuinya membuat para pecinta burung lebih memilih burung yang satu ini untuk dipelihara.

About dr.gaplek

Check Also

Ciri Srigunting Jantan dan Betina yang Bisa Anda Ketahui

Srigunting adalah salah satu jenis burung yang terkenal eksotis dan bisa ditemukan di Indonesia. Burung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *